Brilio.net - Seiring berjalannya waktu, fungsi otak kian menurun akibat proses penuaan. Sekarang ini banyak orang yang mengeluh karena kesulitan untuk mengingat sesuatu. Bahkan tak sedikit yang lupa dengan nama seseorang, dan ingat kembali kemudian hari.

Lupa terkadang bikin kita kesal bukan? Pasalnya terkadang yang dilupakan adalah hal yang cukup penting. Jika kamu mengalami hal ini, maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar daya ingat dan konsentrasi tetap terjaga.

Salah satu yang perlu kamu lakukan adalah menjalani pola hidup sehat. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa membantu kamu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/9).

1. Hentikan kebiasaan multitasking.

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi istimewa

Loading...

foto: pixabay.com

Jika kamu biasanya melakukan dua hal atau lebih sekaligus, ini akan sangat memengaruhi daya ingat dan konsentrasimu. Oleh karenanya pastikan untuk fokus mengerjakan satu persatu pekerjaan tersebut. Ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otaknya.

Ketika seseorang menelepon sambil mengangkut barang belanjaan dan meletakkan kunci, kemungkinan kamu akan tidak fokus. Beberapa menit kemudian tidak berhasil mengingat salah satunya.

2. Menulis.

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi istimewa

foto: pixabay.com

Menulis terdengar sepele, namun beberapa penelitian berhasil membuktikan bahwa menulis sesuatu dengan tangan memerlukan lebih banyak bagian otak, jika dibandingkan dengan mengetik tulisan.

Meski teknologi semakin canggih, kamu perlu melatih otak dengan rutin menulis dengan tangan. Ketika kamu menulis dengan tangan mampu merangsang otak untuk memproses dan menganalisis informasi sebelum menuliskannya.

3. Aktif bersosialisasi.

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi istimewa

foto: pixabay.com

Cara yang sangat sederhana agar daya ingat kuat serta konsentrasi terjaga, pastikan untuk tidak putus hubungan silurahmi dengan orang-orang sekitar. Misalnya saja bercengkrama dengan teman, sahabat, dan orang-orang tercinta adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Berkumpul dengan mereka, memungkinkan kamu terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab penurunan daya ingat.

4. Tidur cukup di malam hari.

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi istimewa

foto: surreyheathccg.nhs.uk

Penelitian Harvard University membuktikan bahwa manusia akan memiliki otak ingatan bagus jika mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tak hanya itu saja, cukup tidur mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam hal-hal yang lebih menantang.

5. Mendengarkan musik.

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi istimewa

foto: pixabay.com

Mendengarkan musik mungkin terdengar sederhana dan sepele, namun siapa sangka aktivitas tersebut mampu memberikan manfaat luar biasa terhadap otak. Seseorang yang sering mendengarkan musik, tanpa disadari mampu meningkatkan daya ingat, perhatian, dan koordinasi seseorang.

Tak hanya mendengarkan musik saja, memainkan alat musik juga mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi lho.

RECOMMENDED BY EDITOR