Brilio.net - Menjadi seorang ibu rumah tangga tentu tak mudah. Selain harus mengurus urusan rumah, sang istri juga harus bisa mengatur dan mengurusi keuangan keluarga. Menabung tentu merupakan kunci sehatnya finansial sebuah keluarga. Namun hal ini memang sulit karena setiap hari pasti ada kebutuhan yang harus ditebus dengan menggunakan uang.

Seorang istri bernama Silviana Kurniawati memiliki cara ampuh yang patut dicontoh. Wanita asal Madiun, Jawa Timur ini menyisihkan uang sebesar Rp 20.000 milik suaminya secara diam-diam selama lima bulan lamanya.

Lewat curhatan di status akun Facebook Silviana menceritakan, uang yang ia sisihkan dianggap sebagai uang rokok yang dikeluarkan kebanyakan pria setiap harinya. Maklum, suaminya tersebut memang bukan seorang perokok.

sisihkan uang suami diam-diam © Facebook/dollvy.amiraas
foto: Facebook/dollvy.amiraas


Satu bulan pertama aksinya ini tidak ketahuan oleh sang suami. Namun lama-kelamaan suaminya menyadari juga. Tapi ketika tahu hasil yang dikumpulkan oleh istrinya ini bernominal banyak, suaminya pun mempersilahkan Silviana untuk meneruskan menabung Rp 20.000 per harinya.

Dari foto yang diunggah ke Facebook, terlihat gulungan uang pecahan Rp 20.000 tersebut memenuhi satu botol besar. Namun sayang wanita tersebut tak menyantumkan berapa nominal tabungan yang ia dan suaminya kumpulkan selama kurang lebih lima bulan lamanya.


sisihkan uang suami diam-diam © Facebook/dollvy.amiraas
foto: Facebook/dollvy.amiraas


"maaf sebelumnya tidak maksud pamer.
semoga postingan saya kali ini dapat menginspirasi temen2 semua

Ini adalah jatah rokok suami ± 5bulan, sebenarnya suami saya memang tidak merokok. namun setiap kami menyisihkan uang selalu habis untuk kebutuhan...akirnya saya memutuskan membagi gaji suami...untuk belanja, untuk saya pribadi dan untuk suami pribadi. uangku pribadi dipakai ketika ada keperluar mendadak, buwuh, liburan, dan lain sbgainya sisanya baru bisa masuk tabungan...sedangkan uang suami buat bensin, pulsa, dan keperluanya. ettss tapi tetap saja aku yg megang uangnya ya.. tiap minggu saya hitung sisa uang suami...sisanya saya tuker 20k dan saya masukkan ke botol. mungkin ini terlalu ribet ya, tapi ya beginilah cara kami menyimpan uang 1bulan suami tidak mengetahui hal itu, tapi lama2 ketauan juga. Subhanallah begitu suami tau kalo sisa uangnya aku tabung, suami jadi lebih hemat dan rajin menabung wahai kaum adam cintai tubuhmu, cintai keluargamu, cintai lingkunganmu, tanpa rokok lebih sehat lebih hemat
mungkin menurut kalian ini memang tidak seberapa, tapi bagi kami ini luar biasa
semoga menginspirasi," tulis Silviana

sisihkan uang suami diam-diam © Facebook/dollvy.amiraas
foto: Facebook/dollvy.amiraas


Curhatan inspiratif seorang istri ini pun viral di Facebook. Postingannya telah dibagikan sebanyak 13 ribu kali sementara ribuan komentar memenuhi kolom curhatan tersebut.

"Alhamdulillah saya juga melakukan hal yg sama semenjak menikah 4 bulan yg lalu sampai sekarang dan seterusnya saya masih menyisihkan uang 20.000 tiap harinya," ujar akun Umy Salamah.

"betul bayangin 1 bungkus roko seharga 20 rbu kalikan 30 hari 600 rbu kan lmyan," tulis akun Triyanto OB.

"Inspiratif bingit...akoh setuju," tambah akun Ratna Sari.