Brilio.net - Di era modern ini, teknologi berkembang pesat di berbagai bidang. Muncul beragam mesin canggih yang sangat berguna untuk kepentingan industri. Robot-robot berbentuk manusia bermunculan dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence.

Pada umumnya, robot-robot canggih itu digunakan untuk membantu dalam bidang komersial dan industri. Namun di Jepang, beberapa ahli mengembangkan robot canggih dan cerdas untuk membantu di kuil. Robot tersebut membantu proses penyebaran ajaran Buddha.

Robot ini dibuat atas kerjasama kuil Zen dan profesor dari Osaka University, Hiroshi Ishiguro. Kuil Zen meminta tolong Hiroshi Ishiguro membuat robot dengan bentuk mirip manusia serta memiliki kemampuan mengomunikasikan ajaran Buddha yang mudah dimengerti. Robot ini menjadi perlambangan Kannon di dalam kuil. Rencana pembuatan robot tersebut direalisasikan dan setelah jadi Kannon android ini diberi nama Mindar.

Tujuan dibuatnya robot ini tak lain untuk menarik perhatian penganut agama Buddha. Pihak kuil menyatakan dengan adanya Mindar ini, diharapkan minat orang-orang untuk mendatangi kuil kembali ada. "Kami berharap bahwa Kannon android akan membantu ajaran Buddha menjangkau hati orang-orang saat ini," kata Tensho Goto, seorang imam di kuil di Higashiyama Ward Kyoto dilansir brilio.net dari buddhistdoor.net, Jumat (1/3).

Seperti apa potret robot ini, simak berikut ini dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/3).

1. Mindar melakukan tugas keagamaan pertama kali di kuil  Kodaiji, Kyoto, Jepang.

Mindar robot © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: japantrends.com



2. Di dalam kuil, Mindar adalah representasi dari Bodhisattva perempuan yang biasa disebut Dewi Belas Kasih.

Mindar robot © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: japantrends.com



3. Harga satu unit robot Mindar capai Rp 12 miliar. Tingginya 195 cm dan memiliki berat 60 kg.

Mindar robot © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: express.co.uk



4. Begini detail susunan tubuh robot Mindar.

 



5. Mindar bisa berbicara dengan jelas dan menyampaikan ajaran Buddha.