Brilio.net - Pandemi corona kian meluas di berbagai negara di dunia. Di Indonesia, sejak diumumkan kasus pertama bulan Maret lalu, wabah corona semakin meluas hingga daerah-daerah. Hingga Rabu (1/4) jumlah pasien positif corona Covid-19 1.677 orang.

Merebaknya wabah corona mengakibatkan sejumlah komoditi seperti masker, hand sanitizer, multivitamin, hingga disinfektan langka di pasaran. Banyak masyarakat yang memborong barang-barang tersebut demi mencegah penularan virus corona. Langkanya barang-barang ini menyebabkan orang harus memutar otak untuk melindungi diri dari corona.

Bagi mereka yang harus bepergian meninggalkan rumah, alat proteksi diri seperti masker memang menjadi hal yang dibutuhkan. Langkanya masker mendorong beberapa orang untuk lebih kreatif. Tak sedikit yang membuat kreasi masker ala mereka sendiri sebagai langkah perlindungan diri dari corona Covid-19.

Beberapa aksi kreatif warga di tengah darurat Covid-19 ini viral dan menjadi perbincangan di dunia maya. Brilio.net melansir dari berbagai sumber, Rabu (1/4), berikut lima aksi kreatif warga lindungi diri dari corona yang totalitas banget.

1. Masker dari botol air minum.

Loading...

Belakangan viral di media sosial aksi seorang ibu-ibu yang menggunakan botol air minum sebagai pengganti masker. Aksi kreatif ibu-ibu tersebut diunggah akun Twitter @gitaputrid. Dalam video tersebut terlihat seorang ibu-ibu mengenakan bekas botol air mineral yang diubah menjadi topeng penutup wajah untuk mencegah corona.

Tak disebutkan secara jelas tempat pengambilan video tersebut. Namun aksi ibu-ibu ini mengundang pujian warganet. Banyak dari mereka yang kagum dengan kreativitas sang ibu.

2. Tutorial masker dari tisu basah.

aksi kreatif lindungi diri dari corona © 2020 berbagai sumber

foto: liputan6.com

Beberapa waktu lalu, media sosial juga dihebohkan dengan video tutorial membuat tisu basah menjadi masker. Video ini viral beberapa waktu setelah Presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama virus corona di Indonesia. Pada saat itu, stok masker mulai langka sementara warga banyak yang panik lantaran tidak kebagian masker.

Dalam video tutorial tersebut, tampak seorang ibu-ibu tengah mendemokan cara membuat masker dari tisu basah. Tutorial tersebut terbilang sederhana lantaran tisu basah dilubangi dibagian samping kemudian dipasang di telinga.

Tutorial inipun mendapat respons yang beragam. Tak sedikit yang mengakui kreativitas ibu-ibu tersebut di tengah kepanikan orang mencari masker.

3. Mengenakan pembalut sebagai masker.

aksi kreatif lindungi diri dari corona © 2020 berbagai sumber

foto: Twitter/@thesun

Virus corona telah menyebabkan puluhan juta warga China, menghadapi karantina massal sejak awal tahun ini. Di saat-saat kritis tersebut, tak sedikit warga China yang membutuhkan masker. Namun demikian, seorang pria dari China justru memakai pembalut sebagai masker untuk melindungi diri dari virus corona.

Foto pria itu pun tersebar luas di media sosial. Warganet yang melihatnya bingung dengan apa yang dilakukan pria tersebut. Bahkan pembalut yang dipakainya diyakini milik istrinya. Tak sedikit dari warganet yang menyimpulkan bahwa pria tersebut tidak kebagian masker.

4. Galon air mineral sebagai perlindungan tambahan.

aksi kreatif lindungi diri dari corona © 2020 berbagai sumber

foto: Twitter/@thesun

Pada kondisi kritis akibat virus corona di China, beberapa warganya mencoba untuk membuat perlindungan khusus agar terhindar dari virus ini. Masker menjadi barang yang lazim dikenakan saat bepergian. Namun demikian, terlihat beberapa orang menambah proteksi diri mereka dengan menggunakan galon air mineral.

Beberapa waktu lalu di media sosial tampak beberapa orang mengenakan galon air mineral yang sudah dimodifikasi untuk dijadikan pelindung ekstra.

5. Membungkus diri dengan plastik.

aksi kreatif lindungi diri dari corona © 2020 berbagai sumber

foto: Twitter/@thesun

Tak hanya memakai galon air mineral, beberapa orang membungkus tubuh mereka dengan kantong plastik besar. Upaya perlindungan diri dari virus corona ini dilakukan beberapa orang di China.

Di sebuah bandara di Shanghai, China, tampak sebuah keluarga kompak membungkus diri mereka dengan plastik. Foto yang memperlihatkan keluarga inipun sempat viral di media sosial Twitter. Di saat darurat, kreativitas orang pun semakin bervariasi.

RECOMMENDED BY EDITOR