Brilio.net - Perjuangan dan pengorbanan merupakan hal yang melekat dalam kehidupan seseorang. Tidak ada keinginan yang bisa diperoleh dengan mudah, semua membutuhkan perjuangan, bahkan tak jarang orang harus berkorban untuk mewujudkan keinginannya itu. Berjuang untuk sesuatu memang tidak mudah, tak jarang terkadang orang menyerah di tengah jalan karena tak sanggup menjalaninya.

Tahukah kamu, berjuang tak boleh kenal lelah jika kamu menganggap yang kamu perjuangkan itu memang layak untuk kamu dapatkan. Rasa lelah akan terbayar dengan impian yang membuat kamu jauh lebih berarti.

Jika kamu memiliki tujuan, impian, visi, hingga misi dalam hidup di dunia ini, maka patutlah untuk diperjuangkan. Untuk apa? Tentu mencapai target-target yang kita ingin dan harapkan. Seberapa penting perjuangan itu hingga bagaimana cara melakukan perjuangan itu tergantung pada pilihan-pilihan hidup yang kamu ambil. Tentunya kamu tahu apa yang harus dilakukan.

Ingat perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan agama Islam, beliau tak pernah menyerah meski mendapatkan banyak rintangan. Dia percaya, apa yang dilakukannya kelak akan memberikan manfaat untuk umatnya. Belajar dari perjuangan Baginda Rasulullah, kamu juga harus bisa melakukan yang terbaik untuk dirimu sendiri.

Berikut ini ada kata-kata mutiara Islami tentang perjuangan yang bisa memupuk semangatmu seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (11/9).

Loading...

1. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramal lah di hari ini." – Hasan al Bashri.

2. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

3. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." – Ali bin Abi Thalib.

4. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." – `Amr ibn Abdullah.

5. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." – Ali bin Abi Thalib.

6. "Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan." – Hasan Al-Bashri.

7. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib.

8. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. Tetaplah perbaiki diri dan terus berjuang."

9. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

10. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

11. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

12. "Hidup itu sulit. Maka atasilah dengan shalat dan terus berjuang."

13. "Memangnya kenapa jika kehidupan di dunia ini tidak sempurna? Kehidupan ini bukanlah surga." – Nouman Ali Khan.

14. "Mungkin hidupku tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah aku rencanakan, tapi aku yakin pasti berjalan seperti yang Allah rencanakan."

15. "Hidup adalah sebuah ujian, jika Allah menjawab doa-doamu, berarti Allah ingin meningkatkan keimananmu. Jika Allah menunda menjawab doamu, berarti Allah ingin meningkatkan kesabaranmu. Jika Allah tidak menjawab doamu, maka yakinlah bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

16. "Setiap situasi buruk yang menimpa pasti ada sisi positifnya. Bahkan jam dinding yang rusak sekalipun akan menunjukkan waktu yang tepat selama dua kali sehari. Maka tetaplah berpikir positif dalam hidup. Allah maha tahu apa yang terbaik buatmu."

17. "Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti."

18. "Ketika hidupmu sedang terpuruk, pada saat itulah kamu berada dalam posisi sempurna untuk berdoa, dan jangan pernah berhenti untuk terus berusaha."

19. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

20. "Hidup ini sangatlah singkat. Kita tidak bisa menjamin masih hidup sampai waktu shalat berikutnya. Maka, mulai sekarang berdoalah, dan berdoalah setiap kali shalat seolah-olah itu adalah shalat terakhirmu."

Setiap perjuangan akan selalu diperhitungkan, jika kamu sungguh-sungguh maka tidak ada yang mustahil. Berjuang dan berdoa adalah kunci bagi seseorang mencapai tujuannya. Terus menatap masa depan yang cerah dengan tetap menjadi pribadi yang rendah hati.

Kata-kata mutiara islami tentang perjuangan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Allah tidak akan membiarkan perjuangan umat-Nya berakhir begitu saja, jika kamu telah meminta pada-Nya dan tidak pernah berhenti berjuang, maka tunggu saja masa indah itu akan datang menghampiri kamu.

21. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

22. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

23. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

24. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi maka senangilah apa yang terjadi." – Ali bin Abi Thalib.

25. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad.

26. "Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan, maka kita akan menjadi penghuni neraka." - Abu Hamid Al Ghazali.

27. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." – Al-Baqarah: 286.

28. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." – Ali bin Abi Thalib.

29. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain."

30. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - QS Al Insyirah 5.

31. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." QS At Taubah 40.

32. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." - Ali bin Abi Thalib.

33. "Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan." - Buya Hamka.

34. "Keluarga sakinah bukan keluarga yang tanpa masalah, tapi mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah." - Abdullah Gymnastiar

35. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." - Abu Hamid Al Ghazali.

36. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

37. "Cara untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai lakukan."

38. "Yang penting tidak takut mengambil risiko. Ingat, kegagalan terbesar adalah tidak mencoba. Setelah Kamu menemukan sesuatu yang Kamu sukai, jadilah yang terbaik dalam melakukannya."

39. "Ridha lah kepada Allah, untuk membuka jalan ke ridhaan Allah."

40. "Dengan 3 metode kita bisa belajar kebijaksanaan. Pertama dengan refleksi, yang paling mulia; Kedua, dengan meniru, yang paling mudah; dan ketiga berdasarkan pengalaman yang paling pahit."

RECOMMENDED BY EDITOR