Brilio.net - Saat malam tiba terkadang sebagian orang biasanya ada yang menghabiskan waktu untuk merenungkan diri. Ya, menyendiri untuk memikirkan apa yang telah kamu lakukan selama ini apakah berdampak baik atau buruk. Sebab namanya roda kehidupan terkadang bisa naik dan turun.

Dengan merenungkan diri, juga bisa memberikan manfaat bagi kestabilan mental. Serta membebaskan pikiran yang tengah kalut, cemas, maupun sedih menjadi kekuatan untuk memperbaiki diri, bisa bangkit dan tidak mengulangi kesalahan yang sama kedua kalinya.

Begitu pula saat senang dan bahagia, sebagai seorang muslim juga perlu merenungkan diri atas kebahagiaan yang telah di dapat. Terlebih harta yang melimpah, keluarga yang sempurna, fisik yang sehat, dan karier yang melejit juga merupakan titipan Tuhan yang perlu disyukuri. Jangan sampai kamu lupa diri, sebab di dunia ini semuanya tidak ada yang abadi.

Nah, untuk kamu tengah merenungkan diri, mungkin kata-kata bijak Islami tentang renungan diri, ini bisa motivasi kamu. Berikut ulasan brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Senin (4/10).

Kata-kata bijak Islami tentang renungan, menyentuh hati.

Kata-kata bijak Islami tentang renungan diri © berbagai sumber

foto: Instagram/@madrasahkehidupan

1. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

2. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati."(Ali bin Husein)

3. "Orang yang hati bersih, melihat orang dengan kebaikan dahulu, orang yang hati kotor, melihat orang dengan keburukan dahulu."

4. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)

5. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

6. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah 216)

7. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

8. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." (Ali bin Abi Thalib)

9. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." (Habib Ali Zainal Abidin)

10. "Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." (Imam Syafii)

11. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." (Aa Gym)

12. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura : 43)

13. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

14. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad : 11)

15. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah : 286)

16. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." (Ali bin Abi Thalib)

17. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

18. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." (HR. Ahmad)

19. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." (HR. Ahmad)

20. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

21. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."

22. "Dokter bisa merawatmu, tapi hanya Allah yang bisa menyembuhkanmu."

23. "Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjagamu bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."

24. "Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."

25. "Jika kamu melihat bahwa Allah menghiburmu dengan zikirnya, maka ketahuilah bahwa dia memang mencintaimu."

26. "Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya." (Q.S Al-Azhab: 41)

27. "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin, berubah menjadi mungkin.

28. "Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya." (Q.S Ali Imran: 159)

29. "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (Q.S Huud: 114)

30. "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan." (Q.S An-Nahl: 128)

31. "Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya." (Ibnu Abbas)

32. "Urusan kalian yang terpenting menurutku adalah salat. Barangsiapa menjaganya, berarti dia telah menjaga agamanya. Barang siapa mengabaikannya, maka dia lebih acuh lagi terhadap urusan lain."
(Umar bin Khattab)

33. "Ujian terbesar dari iman adalah ketika kamu tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi kamu masih bisa mengatakan 'Alhamdulillah'."

34. "Sebaik-baik waktumu adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu." (Ibnu Athaillah)

35. "Shalat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban." (Ibnu Athaillah)

36. "Khusyu' adalah menghadapkan hati di hadapan Rabb azza wa jalla dengan sikap tunduk dan rendah diri." (Ibnu Qayyim)

37. "Perhitungkan dirimu sendiri sebelum kamu diperhitungkan. Timbang perbuatanmu sebelum ditimbang." - Umar ibn Al-Khattab.

38. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

39. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

40. "Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua."

41. "Keberhasilan dan kegagalan kita ada di tangan Allah, bukan manusia. Jika dia bersamamu, tidak ada yang bisa menyakitimu."

42. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

43. "Betapa indahnya bahwa Allah dengan penuh semangat akan mengampunimu untuk hal-hal yang bahkan tidak dapat kamu ampuni.

44. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah, walau sudah lelah."

45. "Jangan pernah berpikir bahwa permintaan apa pun yang kamu miliki terlalu banyak untuk Allah. Dia berkata: "Jadilah" dan maka akan benar-benar terjadi."

46. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya." (Al Baqarah: 286)

47. "Boleh jadi Allah mengabulkan harapan kita dengan tidak memberi apa yang kita inginkan, karena Dia Maha Tahu bahaya yang akan menimpa di balik keinginan kita." (Aa Gym)

48. "Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui." (QS. Al Baqarah: 216)

49. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)

50. "Hai Nabi, katakanlah kepada tawanan-tawanan yang ada di tanganmu: Jika Allah mengetahui ada kebaikan dalam hatimu, niscaya Ia akan memberikan kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil daripadamu dan Ia akan mengampuni kamu." (QS. Al Anfal: 70)

Kata-kata bijak Islami tentang renungan, penuh motivasi.

Kata-kata bijak Islami tentang renungan diri © berbagai sumber

foto: Instagram/@nawang.senja

51. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." (Umar bin Khattab)

52. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

53. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." (Nourman Ali Khan)

54. "Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." (HR. Tirmidzi)

55. "Segala sesuatu dalam hidupmu adalah cerminan dari pilihan yang telah kamu buat. Jika kamu menginginkan hasil yang berbeda, buatlah pilihan yang berbeda."

56. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." (HR. Muslim)

57. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

58. "Hati yang ikhlas menuntun dunia dan akhirat bergerak membantumu."

59. "Ikhlas adalah kunci mendapatkan banyak harta di dunia dan di surga."

60. "Mulai hari ini, tetapkan niat dan fokus tanpa henti untuk menjalani hidupmu sebagai orang terbesar yang kamu bisa, dalam semua situasi."

61. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

62. "Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya."

63. "Rezeki Allah datang pada siapa saja yang mencarinya dengan niat mencari rezeki halal."

64. "Pemberian yang tidak diberikan dengan ikhlas hanya akan menyumbat saluran rezeki."

65. "Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani daripada yang kamu yakini, lebih kuat dari yang terlihat dan lebih pintar dari yang kamu kira."

66. "Harta yang tidak berkah ibarat minum air laut, jika diminum takkan pernah mengobati rasa hausmu."

67. "Seseorang takkan pernah kehabisan rezeki asalkan ia mau mencarinya dengan niat baik dan sungguh-sungguh."

68. "Kecuali kamu belajar menghadapi bayanganmu sendiri, kamu akan terus melihatnya dalam diri orang lain, karena dunia di luar dirimu hanyalah cerminan dari dunia di dalam dirimu."

69. "Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu."

70. "Jangan menghabiskan malam tanpa tidur untuk merenungi semua masalahmu. Percayalah Tuhan sedang menyelesaikannya. Lalu tidur dan bahagialah pada esok hari."

71. "Terlalu banyak dari kita yang tidak mewujudkan impian kita karena kita menjalani ketakutan kita."

72. "Perasaan 'tersinggung' adalah indikator peringatan yang menunjukkan kepadamu ke mana harus mencari ke dalam dirimu untuk masalah yang belum terselesaikan."

73. "Tidak ada cara menjadi ikhlas kecuali dengan selalu mendekatkan diri pada Allah."

74. "Saat malam mulai gelap, biarkan kekhawatiranmu memudar. Tidurlah yang nyenyak, ketahui kamu telah melakukan semua yang dapat kamu lakukan untuk hari ini.

75. "Sepanjang hidup, orang akan membuatmu marah, tidak menghormatimu, dan memperlakukanmu dengan buruk. Biarkan Tuhan berurusan dengan hal-hal yang mereka lakukan, karena kebencian di hatimu akan menghabisimu juga."

76. "Setiap anak Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang (mau) bertobat." (HR Timidzi)

77. "Salah seorang dari kalian melihat kotoran (kecil) yang menempel pada mata saudaranya, (namun) ia lupa dengan kayu yang ada di matanya sendiri." (HR. Bukhari)

78. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

79. "Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal Imam." (Al Ghazali)

80. "Seseorang tidak bisa dipegang amanahnya sehingga lurus lisannya dan dia tidak lurus lisannya sehingga lurus hatinya." (Hasan al Bashri)

81. "Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan." (Ibnu Mas'ud

82. "Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zaarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (QS. Az-Zalzalah: 7)

83. "Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa. Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan." (Bediuzzaman Said Nursi)

84. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui." (Al Ankabut: 64)

85. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, yang telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kau mungkin takkan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki. Maka, beramallah di hari ini." (Hasan al Bashri)

86. "Hati manusia sama seperti cangkir. Semakin kamu memenuhinya dengan cinta kepada Allah, semakin sedikit ruang yang tersisa untuk dipenuhi rasa cinta terhadap dunia."

87. "Memangnya kenapa kalau hidup ini tak sempurna. Toh, ini bukanlah jannah." (Nourman Ali Khan)

88. "Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Umar bin Khatab)

89. "Renungkanlah diri Anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan Anda. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya." (Quraish Shihab)

90. "Saat kau merasa tak memiliki siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah telah mengirim mereka pergi, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya."

Kata-kata bijak Islami tentang renungan untuk muslimah.

Kata-kata bijak Islami tentang renungan diri © berbagai sumber

foto: Instagram/@swy.qts

91. "Hai, Muslimah. Jangan bangga karena setiap pria menginginkanmu. Barang-barang murah memiliki banyak pembeli. Jadilah batu langka yang hanya bisa dijangkau orang saleh yang menawarkan hubungan yang halal denganmu."

92. "Hijab adalah pembebasan dari ketergantungan kosmetik dan topeng. Hijab adalah pembebasan untuk jujur pada hatimu. Hijab adalah pembebas jiwamu dari rantai-rantai duniawi." (Mahdavi)

93. "Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya." (Dr. Maulana Ansari)

94. "Jangan mengorbankan kecantikanmu hanya untuk pujian dan beberapa like di Instagram, karena di hari penghakiman, tak seorang pun yang akan melihatmu dua kali."

95. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya." (Fatimah binti Muhammad)

96. "Pria yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Kalau dia melakukannya, berarti dia pria yang salah." (Abdul Bary Yahya)

97. "Sebagai wanita muslim, kita telah terbebas dari batasan untuk diam. Kita tidak butuh standar kecantikan atau fashion dari masyarakat untuk menentukan nilai kita. Kita tidak perlu menjadi seperti laki-laki yang mesti dihormati, dan kita tidak butuh pangeran untuk menyelamatkan kita." (Yasmin Mogahed)

98. "Seorang pria mendambakan sosok istri yang sempurna. Seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yang sempurna. Namun, keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan."

99. "Wahai saudariku, suatu hari nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab."

100. "Wanita muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

101. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

102. "Wanita seharusnya tidak seperti bulan yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apapun, tapi wanita seharusnya menjadi seperti matahari yang membuat mata tertunduk sebelum melihatnya."

103. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)." (QS. An Nur: 26)

104. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya." (Fatimah binti Muhammad)

105. “Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu.” (Nabi Muhammad SAW)

106. “Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.”

107. "Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu." (Mufti Menk)

108. “Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu dimana batas kemampuanmu.”

109. "Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya." (Shaykh Hamza Yusuf)

110. "Wanita Muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

111. "Saat kau merasa tak memiliki siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah telah mengirim mereka pergi, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya."

112. “Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar’i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji.”"Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapan."

113. “Wahai Saudariku, suatu hari nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab."

114. "Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga tanggung jawab."

115. "Hijab bukanlah sekdar penutup bagi wanita, tapi juga menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya.”