Brilio.net - Rasanya hidup akan sangat sulit jika antar manusia tidak membangun rasa cinta dan kasih sayang. Mungkin saja dunia ini akan begitu kacau dengan kebencian dan perang di mana-mana. Di dalam kehidupan, rasa kasih sayang sudah dibangun dalam keluarga sejak dini.

Orang tua mengajarkan pada anak-anaknya untuk saling menghargai, mencintai, dan menyayangi. Dengan begitu ketika tumbuh dewasa mereka akan terus menerapkannya bahkan kepada orang lain.

Berbicara mengenai kasih sayang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kecintaan dan kasih sayang terhadap sesama. Baik itu untuk keluarga, sahabat, kekasih dan lainnya.

Pantun kasih sayang berisikan tentang ungkapan berkenaan dengan perasaan cinta dan kasih sayang seperti rindu, kecewa, serta bahagia. Alhasil terkadang berhasil membuat orang baper. Buat kamu yang ingin mengungkapkan kasih sayang lewat pantun, berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (11/5).

1. Ratu adalah istrinya sang raja

Wajah ratu memang cantik jelita

Memang kamu orangnya manja

Itulah yang buatku semakin cinta

2. Baca koran dan juga buku

Lagi baca lampunya mati

Banyak orang yang singgah di hatiku

Tapi hanya kamu yang nyangkut di hati

3. Tubuh ikan yang penuh sisik

Ikan hiu memanglah galak

Aku tak menilaimu dari fisik

Karena cinta tak bisa mengelak

5. Pagi-pagi nontonnya berita

Berita kebakaran dari Maluku

Walaupun dulu ragu nyatakan cinta

Tapi sekarang ku yakin kamu jodohku

6. Setiap hari selalu terbayang

Indahnya senyuman di wajahmu

Jangan pernah pergi dariku sayang

Karena ku tak bisa hidup tanpamu

7. Dari Singapura menuju Hongkong

Bawa oleh-oleh seperti buah salak

Memang hati tak bisa berbohong

Dan cintaku untukmu tak bisa ku tolak

8. Pohon beringin tumbuh di Bumi

Tumbuh satu pohon kemangi

Cinta ini makin bersemi

Semakin harum dan mewangi

9. Indah nian kelopak mayang

Duduk sendiri di tepi sawah

Cinta tanpa kasih sayang

Bagai pohon tak berbuah

10. Ambil satu buah kemumu

Papan gelam menancap paku

Rela begini karena dirimu

Agar kau bahagia bersamaku

11. Benang menjulur tolong tarikkan

Untuk bermain layang-layang

Kepadamu aku berikan

Berjuta-juta kasih sayang

12. Walau banyak burung gelatik

Hanya satu terbang melayang

Walau banyak wanita cantik

Hanya kamu yang kusayang

13. Jika haus carilah minum

Ujung baju bagus dikulum

Wajah cantik bibirnya ranum

Memesona saat tersenyum

14. Air arak diharamkan

Karenanya banyak nyawa melayang

Meskipun jarak memisahkan

Semua itu bukan penghalang

15. Langit biru terlihat sendu

Warna hijau biru dan semu

Jarak jauh tumbuhkan rindu

Ingin selalu dekat denganmu

16. Ambil bambu buat sembilu

Terbang debu dari cerutu

Namamu kusebut selalu

Dalam doa setiap waktu

17. Bunga kenangan di selasar

Hadiah dari Raja Tuban

Kasih sayang semakin besar

Melihat engkau banyak berkorban

18. Beribu-ribu para pelukis

Hanya satu memakan roti

Beribu-ribu cewek yang manis

Hanya engkau di dalam hati

19. Surya terbit datanglah pagi

Terbit dari Tanjung Meranti

Hanya untukmu cinta ini

Tetap untukmu hingga nanti

20. Pita merah panjang sekilan

Jatuh satu ke dalam rantang

Cintaku bagaikan rembulan

Dipagari bintang-bintang

Rasa cinta dan kasih sayang akan datang dari hati yang paling dalam. Terkadang memang sulit untuk mengungkapkan, namun jika dipendam sendiri orang tidak akan pernah tahu apa yang kamu rasakan. Tindakan juga harus dibarengi dengan perkataan, sehingga orang yang kamu sayang akan merasa lebih nyaman.

Pantun kasih sayang freepik.com

foto: freepik.com

Banyak orang berpendapat, setiap hari membuat orang lain bahagia merupakan bentuk dari kasih sayang. Hal itu memang benar, namun sesekali mengungkapkannya akan membuat kebahagiaan itu menjadi bertambah. Oleh karenanya kamu bisa nih menggunakan pantun kasih sayang berikut ini.

21. Belajar lukis dengan pensil

Mengapa kertas tidak rata

Semoga engkau berhasil

Meraih segala cita-cita

22. Patah dahan disambungkan

Hendak hati disatukan

Kepada Tuhan kita mohonkan

Agar cepat dipertemukan

23. Surya terbit datanglah pagi

Terbit dari Tanjung Meranti

Hanya untukmu cinta ini

Tetap untukmu hingga nanti

24. Bunga wangi bernama selasih

Tumbuh liar di pinggir kali

Saat dirimu curahkan kasih

Hidup hampa gairah kembali

25. Gunung Jati anak Rara Santang

Dikasihi juga disayang

Walau banyak godaan datang

Teguh diriku tak pernah goyang

26. Di Bandar banyak orang

Hilir mudik kanan dan kiri

Takkan pudar kasih sayang

Tambah erat hari ke hari

27. Pedih bukan sembarang pedih

Pedih tenggorokan makan kolak

Sedih bukan sembarang sedih

Sedih karena cinta ditolak

28. Suara harimau terdengar sember

Harimau tua tak berkuku

Walau air mata satu ember

Takkan dia menerima cintaku

29. Anak kecil giginya tanggal

Belum tumbuh cambang kumis

Kuucapkan selamat tinggal

Duhai gadis yang paling manis

30. Dunia ini hingar bingar

Jangan sampai engkau tergoda

Telinga ini ingin mendengar

Saat kau ucapkan kata cinta

31. Beli jahe beli ketumbar

Potong jahe memakai parang

Ingin bilang jantung berdebar

Bila I love You untukmu sayang

32. Petang hari mengambil kayu

Untuk dibuat menjadi bangku

Bukan takut bilang I love U

Tapi takut kau menolakku

33. Apa tanda rumah istana

Semuanya terlihat baru

Apa tanda tumbuh cinta

Terasa di dada rasa cemburu

34. Apa tanda buah mangga

Bentuk bulat panjang tangkainya

Apa tanda orang setia

Dalam hidup seiya sekata

35. Dari Palembang ke Payakumbuh

Di Pariaman pula akhirnya bertemu

Bagaimana cinta bisa tumbuh

Doakan dia dari hatimu

36. Panjang ekor ikan pari

Walau panjang tak berduri

Jalan-jalan sore hari

Melepas penat damaikan diri

37. Harum wanginya bunga selasih

Tersiram hujan daunnya basah

Belahan jiwa curahan kasih

Tempat tenangkan resah gelisah

38. Pulang pagi karena ronda

Sangat mengantuk kedua mata

Sekarang dia sudah janda

Tapi wajahnya masih cantik jelita

39. Membuat bolu pakai loyang

Loyang ditaruh dihangatkan

Puaskan diri menanam sayang

Bahagia pula yang kita dapatkan

40. Jangan suka meniru Barat

Ikuti petunjuk dari syariat

Jangan suka mengumbar aurat

Kekasih hati pun pasti hormat

Pantun cinta lucu dan simpel.

Pantun gombal romantis © 2022 brilio.net

-foto: freepik.com

Seperti kata pepatah, cinta memang buta, segala cara dilakukan untuk bisa membahagiakan orang tersayang. Ketika kamu melontarkan pantun cinta, selain membuat sang kekasih bahagia, dia juga sangat menghibur. Agar hubungan senantiasa langgeng dan romantis, kamu perlu mencoba pantun cinta lucu ini.

41. Satu satu ditambah dua

Dua dua dikurang tiga

Aku dan kamu hidup bersama

Sekarang esok dan selamanya

42. Minum sekoteng hangat rasanya

Minum segelas ada yang minta

Laki-laki ganteng siapa yang punya

Bolehkah aku jatuh cinta

43. Paling banyak burung gelatik

Di atas terbang melayang

Memang banyak wanita cantik

Cuma engkau yang aku sayang

44. Air mawar di dalam cangkir

Disimpan kendi di bawah parang

Sedari awal hinggalah akhir

Sayangku tercurah untukmu seorang

45. Layang-layang terbang melayang

Jatuh ke laut taunya hilang

Siapa bilang abang tak sayang

Siang malam terbayang-bayang

46. Malam hari bunga layu

Apalagi putik si melati

Abang jangan terus merayu

Takut meleleh hatiku ini

47. Habis minum kopi

Lanjut makan sayur bayam

Gak ketemu kamu sehari

Serasa dua puluh empat jam

48. Bawa peti ke tengah kota

Jatuh di kali berair amis

Setiap kulihat senyum adinda

Kopi pahit terasa manis

49. Kucing lucu mandi di atas papan

Papannya dari kayu pohon kelapa

Badan kurus bukan karena kurang makan

Tapi, gara-gara mikirin kamu yang jauh di sana

50. Berjemur sambil baca majalah

Diiringi lagu nostalgia

Tak mengapa umurmu sangat tua

Yang penting aku selalu cinta

51. Kalau pergi ke sungai

Tak perlu pakai baju baru

Kalau lagi sakit gini

Obatnya cuma ketemu kamu

52. Daging ayam dibuat gulai

Buat dimakan kita nanti

Dirimu seorang yang ternilai

Takkan pernah bisa diganti

53. Ke Cimanggis membeli buku

Buku tulis untuk sekolah nanti

Begitu banyak gadis yang mengejarku

Hanya dinda yang nyantol di hati

54. Aku manusia bukan siluman

Aku tak sempurna tapi punya kelebihan

Jadikanlah aku pria idaman

Meski hanya seorang kusir delman

55. Duduk santai membaca buku

Baca buku cerita cinta

Saat aku bertemu kamu

Eh... aku langsung jatuh cinta

56. Ke Citayam membeli kenur

Pulangnya lewat Pekanbaru

Dari malam susah tidur

Selalu teringat wajah cantikmu

57. Makan nasi pakai tahu

Minumnya pakai jus jambu

Janganlah kau jauh dariku

Aku akan selalu sayang padamu

58. Ayam goreng setengah mateng

Belinya di depan tugu

Abang sayang, abangku ganteng

Neng di sini setia menunggu

59. Sebelum pergi jogging

Jangan lupa tuk solat subuh

Pikiran sedikit pangling

Sebab penyakit rinduku sedang kambuh

60. Bawa piring isinya nasi

Nasi kuning untuk semua

Biarlah Bulan jadi saksi

Untuk awal cinta kita berdua

61. Beli buku, buat tamu.

Sejuk hatiku, melihat senyummu.

62. Pagi pagi makan pepaya

Minumnya es kelapa muda

Walau kau sudah ada yang punya

Tapi diriku tetap cinta

63. Nona cantik jualan jamu

Jamu diminum terasa mengkudu

Meskipun jarang ketemu

Cintaku hanya untukmu

64. Dari desa pergi ke kota

Perginya tuk cari kerja

Apa benar-benar cinta

Atau hanya PHP saja

65. Main gundu main layang-layang

Cuma kamu yang aku sayang

67. Mbok jamu baca berita

Cuma kamu yang aku cinta

68. Bawa aku dipukul batu

Dicampur jamu diatas tungku

Cinta suciku cukuplah satu

Untuk kamu sepanjang waktu

69. Ikan asin di laut Bali

Ikan hiu di pulau Sumatera

Jangan mainkan hati ini

Sebelum engkau benar-benar cinta

70. Membuat sate harus dibakar

Ditusuk dengan sebilah bambu

Telah kucium wanginya mawar

Harumnya kalah dengan cintamu

71. Ke tukang jahit benerin celana

Good night kamu yang disana

72. Makan ikan patin di hari Senin

Dipertahanin tapi nyakitin, dilepas tapi ngangenin.

73. Liburan ke Panama

Bareng sama lukaku

Bilangin gih ke mama

Cari mantu kayak aku

74. Jaran goyang Nella Kharisma

Kalo udah sayang, coba ketemu mama

75. Ada menang ada kalah

Ada miskin ada kaya

Jarak nggak jadi masalah

Kalo kita saling percaya

76. Ke pasar beli jamu

Lagi jalan kepentok kayu

Biarpun jarang ketemu

Cinta abang gak pernah layu

77. Ke Myanmar naik odong-odong

Lamar aku dong

78. Buah selasih buah kedondong

Cakep amat sih, boleh kenalan dong

79. Es bonbon buah kecapi

I was born to make you happy

80. Pohon bakau abis dibelah

Kupinang kau dengan bismilah

81. Malam hari menatap langit

Ditemani segelas kopi pahit

Pas deketin gayanya selangit

Pas pacaran nggak punya duit

82. Aku suka Young Lex

Kamu suka Kang Iwa

Walaupun aku jelek

Tapi bikin kamu ketawa

83. Ke Ragunan liat harimau

Kandangnya digerogotin rayap

Kenal kamu aku jadi taunya

Ada malaikat yang tak bersayap

84. Ikan hiu bawa guling

I love you darling

85. Bikin rumah berlapis baja

Biar makin kokoh bangunannya

Dengan "ngelove" postinganku saja

Kau buatku lupa segalanya

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)