Brilio.net - Kehidupan tak selalu memberikan kesenangan. Ada kalanya ia akan membuat kita merasakan kesedihan. Namun kita tidak boleh terlalu larut dalam kepedihan. Jadikan semua yang terjadi dalam hidup kita sebagai pelajaran.

Terkadang kita membutuhkan kata-kata mutiara dalam hidup yang bisa membuat hidup lebih mudah, bahkan terasa sangat indah. Selain itu, ungkapan penuh makna bisa membuat seseorang menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber beberapa kata mutiara Bahasa Arab paling keren, sederhana namun penuh makna, Sabtu (6/10).

Kata mutiara Bahasa Arab beserta artinya tentang menuntut ilmu.

1. " At ta'alumu fishogiri kannaqsyi alal hajari. "( Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu )
2. " Al ilmu bilaa 'amalin kasyajari bila tsamarin. " ( Ilmu tanpa amal atau praktek seperti pohon yang tidak berbuah)
3. " Man lam yadzuq dzulla at ta'alumu saa'atan. Tajarro'a dzulla al jahli thula hayaatihi. " ( Barangsiapa belum merasakan susahnya menuntut ilmu barang sejenak. Ia akan merasakan hinanya kebodohan seumur hidupnya)
4. " Al 'aalimu kabiirun wa inkaana hadatsan. Wa al jaahilu shogiirun wa in kaana syaikhan. " ( Orang yang berilmu itu besar walaupun umurnya masih muda. Sedangkan orang yang bodoh itu kecil walau umurnya telah tua)
4. " Wa akhbaronii bi anna al 'ilma nuurun. Wa nuuru Allahi laa yuhdaa li'aashii. "(Beliau memberitahuku bahwasanya ilmu itu adalah cahaya. Dan cahaya Allah itu tidaklah diberi kepada orang yang melakukan maksiat)
5. " Fa ishbir lidaaika in jafauta thobiibahaa. Wa iqna' bijahlika in jafauta mu'alliman. " (Maka sabarlah atas penyakitmu jika engkau menjauhi dokter. Dan puaslah dengan kebodohanmu jika engkau menjauhi guru)
6. " Al 'ilmu shoidun wa alkitaabatu qoyyiduhu. Qoyyid shuyuudaka bi alhibaali al waatsiqoti. "(Ilmu itu seperti hewan buruan sedangkan tulisan adalah tali ikatannya. Maka ikatlah hewan gembalamu dengan tali yang kuat)
7. " Khoiru jaliisin fii az zamaani kitaabun. " ( Sebaik- baik teman duduk pada setiap waktu adalah buku)
8. " Laula al 'ilmu lakaana an naasu kaa al bahaaimi. "( Sendainya tiada berilmu niscaya manusia itu seperti binatang)
9. " Aafatu al 'ilmi an nisyaani. "(Penyakit ilmu adalah lupa)
10. " As shobru kaa as shobiri murrun fii madzaaqotihi. Lakinna 'awaaqibahu ahlaa mina al 'asali. "( Kesabaran itu seperti buah Shabir (sejenis tanaman obat) yang rasanya pahit. Akan tetapi hasil yang didapatkan setelahnya lebih manis daripada madu)
11. " Wa maa al ladzatu illa ba'da at ta'bi. "( Tidak ada kenikmatan setelah kepayahan)
12. " Bi qodri al kuddi tuktasabu al ma'aalii." (Sebesar usaha yang dikeluarkan, sebesar itu pula kesuksesan yang di dapat)

Kata mutiara Bahasa Arab beserta artinya tentang pertemanan.

1. " Man laa 'aba al tsu'baani fii kafihi. Haihaata an yaslama min las'atihi." ( Barangsiapa memainkan ular di telapak tangannya tidak mungkin baginya untuk selamat dari gigitannya)
2. " idzaa kunta fii kulli al umuuri mu'aatiban. Shodiiquka lam talqo alladzii laa tu'aatibuhu." (Kalau kau selalu melihat aib pada diri sahabatmu. Maka kau tak akan menemui seorang sahabat pun yang tak memiliki aib)
3. " In qolla maalii falaa khillun yushoohibunii. In zaada maalii fakullu an naasi khullaanii. "(Jika hartaku sedikit tidak ada teman yang mau bersahabat denganku. Jika hartaku melimpah seakan- akan semua orang ingin berteman denganku tiba- tiba)
4. " Ashlih nafsaka yashluh laka an naasu. "( Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang lain akan baik padamu)
5. " 'Aduwwun 'aaqilun khoirun min shodiiqin jaahilin." (Musuh yang pandai, lebih baik daripada teman yang bodoh)
6. " Man katsuro ihsaanuhu katsuro ikhwaanuhu. " (Barangsiapa banyak berbuat kebaikan, maka ia akan memiliki banyak teman)
7. " Man qolla shidquhu qolla shodiiquhu. "(Barang siapa sedikit kejujurannya, sedikit pula temannya)
8. " Mawaddatu as shodiiqi tadharu waqtu as shodiiqi. " ( Ketulusan seorang teman itu akan tampak pada waktu kesempitan)
9. " Al ashdiqoo u al haqiiquuna yash'abu iijaaduhum, yash'abu tarkuhum wa yashtahiilu nisyaanuhum. "(Sahabat sejati itu sulit menemukannya, sulit meninggalkannya dan mustahil melupakannya)
10. " Laisa 'adiimun an tashna'a alfa shadiiqin fii 'aamin, lakinna al 'adiima an tashna'a shodiiqon li alfi 'aamin. "(Bukan hal luar biasa menciptakan seribu teman dalam setahun. Yang luar biasa itu menciptakan seorang teman untuk seribu tahun)
11. " Man tholaba akhon bilaa 'aibin baqiya bilaa akhin."( Barang siapa mencari teman tanpa cela, maka tidak akan pernah memiliki teman sampai akhir hayatnya)
12. " Man 'adzabun lisaanuhu katsuro ikhwaanuhu."( Barang siapa manis tutur katanya banyaklah temannya)

Kata mutiara Bahasa Arab beserta artinya tentang menghargai waktu.

1. " Ijhad walaa taksal wa laa takun ghoofilan fa nadaamatu al 'uqbaa liman yatakaasal. "(Bersungguh- sungguhlah dan jangan bermalas- malasan dan jangan pula lengah, karena penyesalan itu bagi orang yang bermalas- malasan)
2. " Al waqtu atsmanu mina ad dzahabi. "( Waktu itu lebih mahal dari emas)
3. " Lan tarji'a al ayyamu allatii madhot. "(Tidak akan pernah kembali waktu yang telah lalu)
4. " Al waqtu kaa assaifi fa in lam taqto'hu qotho'aka."( Waktu itu seperti pedang. Jika kau tidak memotongnya maka Ia akan memotongmu)
5. " Inna as syabaaba wa al faroogo wa aljiddata mafsadatun lilmar i ayya mafsadatin. "( Sesungguhnya masa muda, waktu luang, dan banyak harta adalah perusak seseorang dengan sebenar- benarnya kerusakan)
6. " If'al maa yus'iduka, fa al ayyaamu lan ta'uudu."( Lakukanlah hal yang membuatmu bahagia karena hari- hari lalu tak akan pernah kembali)
7. " Al hayyatu ka al tsalji. Istamti' bihaa qobla an tadzuuba." (Hidup itu seperti halnya es nikmatilah dengan baik sebelum ia mencair)
8. " Wa ightanim 'umroka ibbaana as shibaa. Fa huwa in zaada ma'a as syaibi naqosh. "( Pergunakanlah waktumu sejak usia dini. Karena ketika usia beranjak senja dengan bertambahnya uban, umur pun berkurang)
9. " Wa al asadu laulaa firooqu al goobi maa iftarosat. Wa as sahmu laulaa firooqu al qousi lam yushib. " (Singa itu jika tidak keluar dari semak- semak tak akan mendapatkan mangsa. Demikian pula anak panah itu jika tidak melesat dari busurnya, tidak akan mengenai sasaran)

Kata mutiara Bahasa Arab beserta artinya tentang kedua orang tua.

1. " Yasalunii maa ajmala 'ithrin ladaika, qultu: rooihatu abii fii malaabisii ba'da maa adhommahu." (Mereka bertanya padaku tentang parfum apa yang paling wangi yang aku miliki aku menjawa: bau dekapan ayahku pada pakaianku)
2. " Na'rifu qiimata al milhi 'indamaa nafqoduhu, wa qiimatu al abi 'indamaa yamuutu. "( Kita akan tahu betapa nerharganya garam ketika ia sulit didapatkan, begitu kita akan tahu betapa berharganya seorang ayah ketika ia telah tiada)
3. " Al ummu, hiya al insaanatu al wahiidatu allatii qod tansaa an tad'uu linafsihaa fii sholaatihaa liannahaa takuunu masyguulatan bi ad du'aa i li abnaaihaa. "( Ibu adalah seorang manusia satu- satunya yang telah lupa mendoakan untuk dirinya sendiri dalam shalatnya, karena ia begitu sibuk mendo'akan anak- anaknya)
4. " Maa dumta tusyaahidu basmata ummika, fa alhayaatu laa tazaalu jamiilatan. "( Selagi engkau dapat melihat senyuman ibumu, hidupmu senantiasa indah)
5. " Al hibbatu laa yamuutuuna abadan wa in dufinuu. " (Orang tercinta selamanya tidak mati, meskipun ia telah dikubur)
6. " Ummii kagiimata tahmilu humuumanaa jamiil'an wa laa tumthorunaa ilaa farhan. "(Ibu selaksa awan, ia menanggung seluruh kesusahan kita, dan ia tidak menghujani kita kecuali dengan kebahagiaan)
7. " Ummi an nab'u alladzii laa bi nadhbin, al 'athoo u biduuni muqoobilin, al qolbu wa as shodru al hanuunu, biduunihaa yaghiibu kullu tho'min hulwun lil hayaati. "(Ibu adalah sumber mata air yang tak pernah kering, memberi tanpa meminta balasan, hati yang penuh dengan kasih sayang, tanpanya hilanglah manisnya kehidupan)

mgg/Hameda Rachma