Brilio.net - Sahabat merupakan seseorang yang selalu ada dalam keadaan apapun, susah maupun senang. Meski terkadang terpisah jarak, sahabat akan berusaha untuk membantu saat kita berada dalam kesulitan. Persahabatan sendiri dibangun atas dasar saling percaya atau karena pertemanan yang lama, bahkan sejak dari kecil, sehingga layaknya sebagai saudara kandung sendiri.

Terkadang kita sulit mengungkapkan arti sahabat bagi diri kita. Bahkan tak jarang pula dari mereka yang sangat sulit menemukan pengganti sahabatnya itu. Muncul perasaan tak ada orang lain yang bisa mengerti dirinya selain sahabat sendiri.

Layaknya sebuah hubungan, persahabatan pun terkadang terasa begitu menyedihkan, karena beberapa hal yang membuat mereka harus terpisah jarak, berantem karena salah paham dan lain sebagainya. Jika kamu mengalami hal itu, coba ungkapkan dengan kata-karta berikut ini yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (12/10.)

1. "Percayalah, bukan pengkhianatan yang akan mengakhirkan kita, namun pertemanan abadi yang akan menemani kita hingga akhir hayat"

2. "Persahabatan yang kuat tak butuh percakapan sehari-hari atau kebersamaan setiap waktu. Selama persahabatan itu ada di hati, sahabat sejati tak akan pernah terpisah."

Loading...

3. "Kita akan menjadi teman sampai kita menua dan pikun. Lalu kita akan menjadi teman baru lagi."

4. "Persahabatan bukanlah sesuatu yang bisa kau pelajari di sekolah. Tapi kalau kau belum belajar memahami maknanya, maka kau belum belajar apapun."

5. "Tak ada yang terasa semengerikan dulu saat kau sudah punya teman sejati."

6. "Ketika kamu menemukan seseorang yang bisa dipercaya, genggam erat mereka. Karena dalam hidup, sahabat sejati tak mudah ditemukan."

7. "Menyenangkan memiliki seorang sahabat yang mampu membuatmu tersenyum, meski dia sedang tak berada di sampingmu."

8. "Kenalilah sahabat yang disamping kamu. Sahabat ialah yang mengulurkan pelukan ketika kamu terjatuh."

9. "Terlalu berharap akan menyakitimu, namun itu bukan alasan untuk menyesali diri. Ingat, sahabat selalu ada untukmu."

10. "Indahnya persahabatan adalah saat kita memberi tak mengharapkan balasan. Ada tawa saat dalam kesedihan."

11. "Sahabat adalah seseorang yang selalu menyampaikan kebenaran walau terkadang itu menyakitkan. Tapi itu dia lakukan untuk kebaikan."

12. "Sahabat adalah seseorang yang selalu ada di sampingmu, ketika kamu sakit untuk melihat ke belakang, atau takut melihat ke depan."

13. "Tak peduli siapa yang buatmu patah hati atau berapa lama yang dibutuhkan untuk sembuh, kamu tak akan bisa melewatinya tanpa sahabat!"

14. "Jangan pernah memandang rendah arti persahabatan, karena dalam hidup ini kamu tak akan mampu melangkah seorang diri tanpa sahabat."

15. "Ungkapan kasih sayang terdengar begitu indah. Berbagilah dengan orang tua, saudara, sahabat, dan sesama manusia. Cinta itu Indah."

16. "Sahabat bukan mereka yang menghampirimu ketika butuh, namun mereka yang tetap bersamamu ketika seluruh dunia menjauh."

17. "Persahabatan sering dihadapkan dengan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama."

18. "Persahabatan sejati itu layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya."

19. "Jangan mencari kawan yang membuat Anda merasa nyaman, tetapi carilah kawan yang memaksa Anda terus berkembang." - Thomas J. Watson.

20. "Sahabat adalah salah satu orang yang akan menerima kita apa adanya."

Kata-kata persahabatan dalam Islam.

Kata-kata sedih buat sahabat pixabay.com

foto: pixabay.com

21. "Kamu hanya memiliki 2 teman dalam hidup ini. Pertama adalah Allah, dan yang Kedua adalah orang yg selalu mengingatkanmu kepada Allah."

"Bertemanlah dengan orang-orang yang selalu bertaubat atas dosa-dosanya. Karena sungguh mereka adalah orang-orang yang berhati lembut. – Umar bin Khattab."

22. "Rasulullah pernah ditanya, “Seperti apakah orang yang bisa dijadikan teman baik?". "Teman yang baik adalah Dia yang membantumu untuk selalu mengingat Allah dan mengingatkanmu ketika kamu melupakan Allah.", jawab Rasulullah."

23. "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

24. "Temanmu akan menggambarkan siapa kamu dan derajat keimananmu. Maka pilihlah teman secara bijak. "Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertakwa." (Q.S Az-Zukhruf: 67)

25. "Seorang teman sejati adalah, dia yang memberi nasehat ketika melihat kesalahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada." – Ali bin Abi Thalib

26. "Hal terbaik yang dilakukan seorang teman untuk kamu adalah membawamu untuk semakin dekat kepada Allah."

27. "Teman sejatimu adalah orang yang selalu mengingatkanmu untuk peduli terhadap urusan akhiratmu." – Abdul Qadir Jillani.

28. "Orang yang bersedia mengkritikmu, berarti ia peduli tentang persahabatan denganmu. Sementara mereka yang menyembunyikan atau menutup-nutupi kesalahanmu, sesungguhnya mereka tidak peduli apapun tentang kamu." – Ibnu Hazm.

29. "Orang yang mau menunjukkan di mana letak kesalahanmu, itulah temanmu yang sesungguhnya. Sedangkan orang-orang yang menyebar omong kosong dengan selalu memujimu, mereka sebenarnya adalah para algojo yang akan membinasakanmu."

30. "Di antara tanda-tanda ukhuwah yang sebenarnya ialah mau menerima kritikan dari teman, menutupi aib teman dan memberi maaf atas kesalahannya." – Imam Syafi’i.

31. "Teman yang baik tidak hanya peduli tentang hubungan kamu dengan mereka, Tapi juga peduli tentang bagaimana hubungan kamu dengan Allah."

32. "Jangan menginginkan persahabatan dari orang yang tak menginginkannya darimu." – Ali bin Abi Thalib.

33. "Teman sejati adalah yang mengajak kita terus mendekati surga, bukan neraka."

34. "Sahabat yang baik adalah sahabat yang berani membetulkan kita ketika kita berbuat kesalahan, sehingga kita tidak hanyut dalam kesalahan dan dosa."

35. "Setiap teman yang engkau tidak mendapatkan faedah kebaikan darinya, maka jauhilah ia." – Malik bin Dinar.

36. "Yang dinamakan sahabat itu adalah mereka yang membawa kita ke surga Alllah, bukan ke neraka."

37. "Janganlah engkau bersahabat kecuali dengan seseorang yang dapat membantumu untuk mengingat Allah." – Ibnu Mas’ud.

38. "Sahabat itu bukan yang menjerumuskan ke dalam maksiat. Sahabat sejati adalah mereka yang mampu mengingatkan kita tentang kesalahan kita."

39. "Jangan sedih dan takut apabila tidak memiliki teman. Sedih dan takutlah apabila memiliki banyak teman namun tak membawa kita mendekat kepada Allah."

40. "Teman baik adalah dia yang tak pernah berhenti mengingatkanmu tentang kebaikan, meski nasehat yang ia lontarkan seringkali harus melukai hatimu, tapi dia melakukan itu sebab dia sayang padamu."

RECOMMENDED BY EDITOR