Brilio.net - Thomas Alva Edison merupakan sosok yang sudah cukup familiar bagi masyarakat di dunia. Ia dikenal sebagai penemu lampu pijar selain generator listrik, perekam suara, maupun film. Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada 11 Februari 1847. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai seorang pengusaha dan ia juga merupakan orang pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuannya.

Semasa kecil, Thomas Edison sempat mengikuti sekolah formal selama tiga bulan. Pasalnya sang guru memperingatkan dirinya bahwa Edison kecil tidak bisa mengikuti proses belajar di sekolah. Akhirnya sang ibu memutuskan untuk mengajar sendiri Edison di rumah.

Lepas dari sekolah umum membuat Thomas kecil lebih banyak berkreasi. Ia suka membedah hewan karena rasa ingin tahunya yang sangat besar. Di usia 11 tahun saja Thomas sudah membangun laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah. Setahun kemudian ia berhasil membuat telegraf dengan model primitif.

Kisah hidupnya hingga akhirnya menjadi sosok yang terkenal tentunya sangat menginspirasi siapapun. Berikut ini ada beberapa kata-kata atau quote bijak kehidupan Thomas Alva Edison yang bisa menginspirasi kamu, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (29/1).


1. "Lima persen orang berpikir, sepuluh persen orang berpikir mereka berpikir, dan 85 persen lainnya lebih suka meninggal daripada berpikir."

2. "Hanya karena sesuatu tidak sesuai dengan rencanamu bukan berarti itu sia sia."

3. "Banyak kegagalan dalam hidup, mereka tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah."

4. "Kesempatan yang terlewatkan banyak orang adalah karena berpakaian terlalu tertutup seperti saat bekerja."

5. "Orang mungkin berpikir bahwa uang dari hasil penemuan merupakan penghargaan terhadap seseorang yang mencintai pekerjaannya. Tapi aku terus menemukan kenikmatan terbesarku, dan begitu juga hadiahku, pada sebuah karya yang mengawali sesuatu yang dunia sebut sebagai kesuksesan."

6. "Ada lebih banyak kesempatan daripada keahlian."

7. "Kesempatan emas seringkali dilewatkan banyak orang karena selintas terlihat seperti hal yang biasa-biasa dan sepele saja."

9. "Pemikiran terbaik sudah dilakukan di dalam keheningan. Yang terburuk telah dilakukan di dalam kekacauan."

10. "Tunjukkan padaku seorang yang benar benar puas dan aku akan menunjukkan padamu sebuah kegagalan."

Loading...
2 dari 4 halaman



11. "Non-kekerasan mengarah pada etika tertinggi, yang merupakan tujuan dari semua evolusi. Sampai kita berhenti melukai semua makhluk hidup lainnya, artinya kita masih liar."

12. "Kesuksesan datang pada orang yang bergerak cepat ketika ia sedang menunggu."

13. "Sesuatu itu tidak berarti sia-sia saja, hanya karena yang terjadi tidak sesuai dengan harapan dan keinginanmu."

14. "Kegagalan pasti ada dan itu hal biasa. Yang menjadi masalah adalah, mereka tidak menyadari bahwa ketika mereka hendak menyerah, mereka tidak sadar bahwa sudah sangat dekat dengan kesuksesan."

15. "Kesibukan tidak sepenuhnya karena bekerja, yang terpenting adalah hasil/pencapaian yang pastinya membutuhkan pemikiran, sistem, perencanaan, kecerdasan, dan tujuan yang tulus dan kerja keras."

16. "Apapun yang aku lakukan dan temukan, semuanya tidak berasal dari kecelakaan, melainkan buah dari kerja keras.

17. "Tidur lelap yang memakan waktu, asalah contoh warisan orangtua kita yang buruk."

18. "Satu-satunya jalan keluar yang bisa kita pakai adalah dengan berpikir, tidak ada jalan lain lagi."

19. "Sayangnya, tampaknya ada lebih banyak peluang di luar sana dari pada kemampuan. Kita harus ingat bahwa nasib baik sering terjadi ketika kesempatan bertemu dengan persiapan."

20. "Rata-rata otak manusia, tidak sampai melihat satu perseribu dari apa yang dilihat olehnya."

Melihat perkembangan dunia yang semakin maju, Thomas sadar akan pentingnya lampu pijar untuk kebutuhan manusia. Ia pun rela mengeluarkan uang sebesar USD 40.000 untuk membuat percobaan lampu pijar selama dua tahun.

Total ada sekitar 6.000 bahan yang dihabiskan, sebelum akhirnya menemukan lampu pijar listri pertama yang mampu menyala 40 jam pada 21 Oktober 1879. Bukan cuma itu, Thomas juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882, untuk pertama kalinya Thomas memasang lampu listrik di jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di New York. Dunia menjadi lebih terang berkat Thomas.

3 dari 4 halaman



21. "Ada sebuah cara untuk melakukan lebih baik temukanlah."

22. "Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara paling tepat untuk sukses adalah selalu mencoba satu kali lagi."

23. "Otak rata-rata manusia tak melihat satu perseribu dari apa yang dilihat olehnya."

24. "Ketika aku sungguh-sungguh memutuskan bahwa sebuah hasil layak untuk didapatkan, aku mencoba untuk menggapainya dan melakukan percobaan demi percobaan sampai berhasil."

25. "Saya tidak pernah melakukan sesuatu secara kebetulan, atau penemuan saya tidak sengaja terjadi; mereka datang dengan bekerja."

26. "Banyak kegagalan hidup adalah orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka untuk sukses ketika mereka menyerah."

27. "Ketidakpuasan adalah kebutuhan pertama dari kemajuan."

28. "Orang terkenal sering diingat karena kemampuannya mengambil dari manusia bukan karena kemampuannya memberi kepada umat manusia."

29. "Saya belum gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil."

30. "Hanya karena sesuatu tidak berjalan sesuai dengan yang anda recanakan, tidak berarti bahwa hal tersebut sia-sia."

4 dari 4 halaman



31. "Aku tahu dunia ini dikuasai oleh kecerdasan yang tak terbatas. Segala sesuatu yang mengelilingi kita-segala sesuatu yang ada - membuktikan bahwa ada hukum-hukum yang tak terbatas di balik itu. Tidak akan ada yang menyangkal fakta ini. Ini adalah matematika yang presisi."

32. "Bagaimanakah diri anda akan tampak dari apa yang anda lakukan."

33. "Dalam pikiranku, seorang tetua bukanlah seni, kualitas mereka terdapat dalam kelangkaan mereka."

34. "Rasa tidak puas adalah hal pertama yang harus dirasakan jika ingin melakukan perubahan dan mencapai kesuksesan."

35. "Ide-ide hebat berasal dari otot."

36. "Saya bangga dengan fakta bahwa saya tidak pernah menciptakan senjata untuk membunuh."

37. "Perasaan gelisah adalah ketidakpuasan dan ketidakpuasan merupakan kebutuhan utama untuk maju. Tunjukkan saya seseorang yang benar - benar merasa puas. Dan aku akan menunjukkannya sebuah kesalahan."

38. "Tubuh adalah sebuah komunitas yang terdiri dari sel-sel yang tak terhitung jumlahnya dan berpenduduk."

39. "Tak ada aturan di sini. Kita tengah mencobanya untuk mencapai sesuatu."

40. "Hal yang dapat diciptakan oleh pikiran seseorang, karakter dapat mengendalikan hal tersebut."




RECOMMENDED BY EDITOR