Brilio.net - Siapa yang ngnggak kenal Sosok Gus Dur? Sebagai tokoh negarawan yang dikenal dengan toleransinya, mantan Presiden ke-4 Republik Indonesia ini melekat di hati masyarakat sampai hari ini. Meskipun terkadang tindakan dan keputusannya menuai kontroversi, pemilik nama lengkap KH Abdurrahman Wahid dikenal nyeleneh serta perkataannya mudah diingat banyak orang. Salah satunya "Gitu aja kok repot".

Bahkan Gus Dur sendiri mendapat julukan sebagai bapak pluralitas Indonesia. Di mana Gus Dur disebut sebagai presiden segala umat. Ia juga memiliki banyak prestasi selama menjabat sebagai presiden. Gus Dur telah menghasilkan banyak tulisan berupa artikel ataupun opini yang dimuat sejumlah media Tanah Air maupun mancanegara. Dari situlah banyak kata-kata quote bijak Gus Dur mengenai kehidupan, ilmu, politik dan banyak hal lainnya yang begitu inspiratif.

Meskipun telah lama tiada, bukan berarti jasa-jasanya begitu saja dilupakan. Kata-kata quote bijak Gus Dur kerap dicari dan dijadikan motivasi. Bahkan meski terdengar bercanda, namun terdapat makna yang terkandung di dalamya.

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/1), berikut 40 kata-kata atau quote bijak Gus Dur yang penuh makna dan inspiratif.


Kata-kata quote bijak Gus Dur tentang kehidupan.

foto: Instagram/@pituturgusdur



1. "Sabar itu nggak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti nggak sabar."
2. "Peran agama sesungguhnya membuat orang sadar akan fakta bahwa dirinya bagian dari umat manusia dan alam semesta."
3. "Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya. Merendahkan manusia berarti merendahkan dan menistakan penciptanya."
4. "Tidak penting apa agama dan sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua manusia, maka orang tidak pernah tanya apa agamamu."
5. "Dalam hidup nyata dan dalam perjuangan yang tak mudah, kita bukan tokoh dongeng dan mitos yang gagah berani dan penuh sifat kepahlawanan."
6.  "Bukalah hatimu dan bertindaklah dengan jujur."
7. "Dengan lelucon, kita bisa sejenak melupakan kesulitan hidup. Dengan humor, pikiran kita jadi sehat."
8. "Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa ada perbedaan."
9. " Tidak penting apapun agamamu atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu."
10. "Bangsa ini menjadi penakut! Karena tidak berani dan tidak mau bertindak menghukum yang bersalah."

2 dari 4 halaman



Kata-kata quote bijak Gus Dur tentang ilmu.

foto: Instagram/@najibstorejogja



11. "Pada dasarnya, setiap agama memiliki watak transformatif, yaitu berusaha menanamkan nilai-nilai yang baru dan menggantikan nilai-nilai yang lama yang dianggap bertentangan dengan ajaran-ajaran agama."
12. "Proses terjadinya pemahaman 36 kembali isi ajaran-ajaran agama dapat disebabkan oleh terjadinya reaksi terhadap adanya perubahan yang terjadi di luar agama itu, tapi juga di dalam ajaran agama itu sendiri dimungkinkan adanya proses pemahaman baru."
13. "Tugas pokok intelektual adalah mempertahankan kebebasan berpikir, bukannya membunuh kebebasan berpikir."
14. "Begitu agama mengubah dirinya menjadi penentu, tidak lagi hanya memengaruhi tetapi menentukan, maka dia telah berubah menjadi duniawi. Kalau hal ini yang terjadi, pada gilirannya dia bisa mengundang sikap represif. Agama menjadi represif, untuk mempertahankan dirinya."
15. "Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan."
16. "Pemahaman kembali terhadap ajaran-ajaran agama sering kali mengambil tema ‘kembali kepada ajaran yang benar atau kembali kepada ajaran yang asli’. Itulah sebabnya dalam setiap gerakan reformasi dalam Islam misalnya, selalu diambil tema kembali kepada Alquran dan Hadis."
17. "Guru spiritual saya adalah realitas. Dan guru realitas saya adalah spiritualitas."
18. "Di negeri kita demokrasi belum lagi tenggak dengan kokoh masih lebih berupa hiasan luar bersifat kosmetik daripada sikap yang melandasi pengaturan hidup yang sesungguhnya."
19. "Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya.
20. "Kalau sekarang ini ada yang menjelekkan nama Islam, kita didik agar membawa nama Islam yang damai."

3 dari 4 halaman



Kata-kata quote bijak Gus Dur tentang untuk anak muda.

foto: Instagram/@najibstorejogja



21. "Kalau Anda tidak ingin dibatasi, janganlah Anda membatasi. Kita sendirilah yang harusnya tahu batas kita masing-masing."
22. "Bukankah dengan demikian menjadi jelas bagi kita bahwa menerima perbedaan pendapat dan asal muasal bukanlah tanda kelemahan melainkan awal dari kekuatan."
23. "Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga.”
24. "Tentang kecintaan, kasih sayang, penghargaan yang tulus kepada umat manusia, apa pun agama atau keyakinannya pada dasarnya sama-sama mengabdi pada manusia. Hanya ajarannya yang berbeda."
25. "Bukankah dengan demikian menjadi jelas bagi kita bahwa menerima perbedaan pendapat dan asal-muasal bukanlah  tanda kelemahan, melainkan menunjukkan kekuatan."
26. "Marilah kita  bangun bangsa dan hindari pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah. Inilah esensi tugas kesejahteraan kita, yang tidak boleh kita lupakan sama sekali."
27. "Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan."
28. "Tuhan Yang Maha Besar, Maha Agung Maha Berkuasa tidak perlu dibela. Yang memerlukan pembelaan adalah manusia yang ditindas dan dianiaya."
29. "Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan, terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga."
30. "Maafkan musuh-musuhmu, tapi jangan lupakan kesalahan-kesalahannya."

4 dari 4 halaman



Kata-kata quote bijak Gus Dur tentang politik.

foto: Instagram/@gusdurian_makassar



31. "Demokrasi harus berlandaskan kedaulatan hukum dan persamaan setiap warga negara tanpa membedakan latar belakang ras, suku agama, dan asal muasal, di muka-undang-undang."
32. "Saya mengatakan kepada murid-murid bahwa kita mampu mendesak tanpa melakukan kekerasan, dan kita bisa berjalan ke arah demokrasi tanpa kekerasan. Dengan cara itu, Tuhan akan merestui kita."
33. "Keberhasilan pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam mensejahterakan umat yang mereka pimpin."
34. "Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin."
35. "Negara ini paling kaya di dunia tapi sekarang negeri ini menjadi melarat karena para koruptor tidak ditindak dengan tegas.
36. "Tidak ada jabatan di dunia ini yang perlu dipertahankan mati-matian."
37. "Yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan."
38. "Bangsa ini menjadi penakut! Karena tidak berani menghukum yang bersalah."
39. "Tergantung pemerintah. Kalau pemerintah campur tangan terus dalam segala hal yang terjadi, adalah kami tidak ada jalan lain adalah membisikkan pada para pemilih golput aja bareng-bareng."
40. "Di negeri kita demokrasi belum lagi tenggak dengan kokoh masih lebih berupa hiasan luar bersifat kosmetik daripada sikap yang melandasi pengaturan hidup yang sesungguhnya."