Brilio.net - Sudah seharusnya manusia selalu menjaga dan mencintai alam dengan benar. Namun pada kenyataanya, banyak tangan-tangan usil bahkan orang-orang serakah yang merusak keindahan alam. Mereka mengambil kepentingan sesaat atau untuk kepentingan golongan tertentu. Jika sudah demikian, akibatnya pun bencana alam terjadi seperti banjir, longsor, kekeringan, dan banyak lainnya.

Bencana alam seringkali mengakibatkan dampak besar bagi manusia. Saat terjadi bencana yang dibutuhkan adalah langkah konkrit untuk saling tolong-menolong dalam melalui masa sulit. Bukan juga saling menyalahkan, namun patut kita renungi kenapa hal tersebut terjadi. Selalu mengambil pelajaran dari bencana alam, jadikan untuk kita lebih menjaga alam dan selalu mendekatkan diri pada Tuhan.

Bagi mereka yang mampu mengambil hikmah dalam setiap kejadian bencana yang ada dan selalu bersyukur, maka akan mampu melewati ujian-ujian kehidupan ke depannya. Nah, mungkin dengan kata-kata mutiara tentang bencana alam berikut ini cocok untuk dijadikan sebuah renungan bagi kita.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (21/01), 40 kata-kata mutiara tentang bencana alam.

Kata-kata mutiara tentang bencana alam, untuk pengingat diri.

kata mutiara tentang bencana alam freepik © 2021 brilio.net

Loading...

foto: freepik.com

1. "Tahukah kamu apa artinya bencana alam? Itu adalah tanda bahwa alam tengah marah dengan perlakuan buruk manusia".

2. "Bencana alam tak selalu jadi bencana, seringkali membawa berkah bagi manusia untuk dihayati dan direnungi."

3. "Salah satu sumber bencana adalah dikarenakan sikap manusia yang tak memperhatikan dan peduli terhadap alam."

4. "Bukankah alam juga ciptaan Tuhan? Lalu apakah kamu mau mendapatkan dua dosa jika merusak alam? Pertama dosa atas merusaknya, kedua dosa atas tak mensyukuri ciptaan Tuhan".

5. "Manusia perlu mengingat bahwa tidak ada kejadian di bumi ini melainkan atas pengetahuan Allah. Sehelai daun yang jatuh ke tanah saja berada dalam genggaman urusan Allah, apalagi bencana alam sedahsyat gempa."

6. "Karena bencana bukan sekadar fenomena alam. Maksiat mengundang murka Allah biasa, namun juga bentuk teguran keras dan cinta Allah pada hamba-hambaNya."

7. "Segala bencana alam yang terjadi bertubi-tubi ini semakin menandakan kekuasaan Allah yang begitu besar,yang tak mampu diubah sedikit pun bahkan oleh seorang Nabi."

8. "Jika alam hendak kau musnahkan, lalu dari mana kamu akan mendapatkan makanan dan tempat tinggal?"

9. "Selalu mengambil pelajaran dari bencana alam. Terlepas dari wilayah geografis Indonesia yang memang berpotensi akan sering mengalami gempa bumi."

10. "Berbagai bencana alam seperti banjir, gunung meletus, gempa terjadi hampir bersamaan di negeri ini. Dalam pandangan Islam, setiap bencana yang terjadi baik murni dari alam atau karena ulah manusia, semua adalah qodho dari Allah SWT."

11. "Bagi jiwa-jiwa yang beriman, sangat mudah untuk tunduk akal dan jiwanya. Meyakini bahwa musibah yang tak kunjung usai ini terjadi atas kehendak sang Kuasa."

12. "Tidak hanya bencana itu saja, seorang mukmin diperintahkan untuk mengambil pelajaran dari musibah agar ia memperbaiki diri dan kembali taat kepada Allah SWT."

13. " Manusia itu benar benar kecil sekali bagi Sang Maha Kuasa yaitu Allah SWT. Mari kita terus panjatkan doa agar negeri ini dijauhi dari musibah baik dari alam atau kejahatan manusia."

14. "Musibah yang menimpa itu pada dasarnya untuk memberikan peringatan kepada manusia agar manusia kembali pada kesadaran akan ke Maha Kuasa-an Allah SWT, Pencipta alam semesta."

15. "Selama penderitaan datang dari manusia, dia bukan bencana alam, dia pun pasti bisa dilawan oleh manusia." - Pramoedya Ananta Toer

16. "Bencana alam terjadi diluar kendali kita. yang ada dalam kendali kita adalah sikap kita dalam menghadapi musibah tersebut."

17. "Hadapi musibah dengan tawakal dan selalu muhasabah. Bukankah musibah yang beruntun agar manusia segera tunduk pada Rabbnya. Tunduk pada aturan-Nya secara kaffah."

18. "Bencana alam adalah pengingat bagi kita bahwa kita harus lebih memperhatikan keseimbangan alam dan lebih memperhatikan kemanusiaan."

19. "Sumber daya alam akan menjadi kutukan dan sumber bencana kalau kita tidak bisa menjaga dan mengelolanya."

20. "Bencana yang datang akhir-akhir ini semoga bisa menjadi nasihat bagi kita agar selalu bisa selaras dengan alam."

Kata-kata mutiara tentang bencana alam, penuh makna.

kata mutiara tentang bencana alam freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

21. "Ingatlah bahwa sebuah musibah yang membawamu makin dekat kepada Allah itu lebih baik dari pada nikmat yang membuatmu makin menjauh dari Allah." – Dr. Bilal Philips

22. "Bencana mengajari kita kerendahan hati." - Anselmus

23. "Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian. Ketika Allah mencintai seseorang, maka Dia akan mengujinya." – Hadis

24. "Hanya Allah yang mampu mengubah kekacauan menjadi sebuah pesan, ujian menjadi kesaksian, cobaan menjadi kemenangan, dan korban menjadi juara."

25. "Jangan pernah menyerah, jangan bersedih dan berputus asa. Musibah dan bencana hanyalah bagian kecil dari perjalanan hidup kita yang panjang ini. Jadikan bencana ini sebagai pembelajaran penting yang bisa menjadikan kita manusia yang positif."

26. "Ujian atau cobaan akan membawamu semakin dekat kepada Allah atau justru menjauhkan kamu dari Allah. Pilihan ada di tangan kamu." – Boona Mohammed

27. "Musibah hanya datang kepada orang-orang yang memang mampu memikulnya."

28. "Semua orang bisa menangis dan bersedih ketika menghadapi musibah dalam hidupnya, tapi hanya orang-orang yang sukses saja yang bisa mengubah itu menjadi pelajaran dalam hidupnya."

29. "Kekuatan kita akan diuji terhadap bagaimana kita menghadapi bencana kali ini. Sepertinya Tuhan memang memberikan ujian kepada hamba-Nya supaya kita semua bisa belajar dan naik level ke arah yang lebih baik."

30. "Jangan biarkan musibah yang menimpa menghancurkan hidupmu. Dengan sabar dan iman, kamu harus bisa melewatinya dan menjadi orang yang lebih baik." – Mufti Ismail Menk

31. "Musibah terbesar yang dialami manusia bukanlah tsunami atau longsor, tapi hilangnya rasa berjuang dan munculnya rasa ingin menyerah."

32. "Jangan menyerah, kita punya kekuatan besar dalam diri masing masing untuk menghadapi bencana ini. Semoga bencana ini hilang dan berlalu, sehingga kita bisa beraktifitas normal kembali."

33. "Hadapilah nikmat dengan syukur dan terimalah musibah dengan rasa sabar."

34. "Bencana alam bukanlah menjadi salah siapa-siapa, tetapi ini adalah bentuk ujian yang diberikan Tuhan kepada kita supaya kita bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya."

35. "Jadikan cobaan sebuah pelajaran, jangan pernah mengeluh karena kesusahan, karena di situ kita diajarkan untuk menjadi orang yang sabar."

36. "Bersabarlah wahai saudaraku yang saat ini terkena bencana alam. Kalian akan diangkat derajatnya dan semoga apa yang menimpa ini segera berakhir dan diganti dengan kebahagiaan."

37. "Orang optimistis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap musibah, sedangkan orang pesimis melihat musibah dalam setiap kesempatan."

38. "Jangan benci air ketika banjir, dia cuma numpang Lewat. Karena tempatnya lewat dipakai sampah bekas manusia."

39. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

40. "Hidup bukan tentang bersabar menunggu banjir surut, tetapi tentang belajar menjaga lingkungan agar bersahabat dengan hujan."

RECOMMENDED BY EDITOR