Brilio.net - Ketika berbicara mengenai perasaan, ada banyak kisah menarik di dalamnya. Mulai dari munculnya perasaan itu sampai sikap dalam memahaminya. Perasaan bahagia, sedih, kecewa, sampai marah bisa terjadi pada siapa saja. Maka dari itu, kamu perlu belajar untuk terus memahami segala kondisi dalam perasaanmu. Dengan begitu, kamu juga sekaligus berlatih dalam menghargai perasaan orang lain.

Ya, tidak hanya kamu yang ingin mendapatkan pengertian mengenai perasaan. Orang lain juga memiliki harapan untuk didengarkan, dipahami, dan juga dihargai. Namun hal ini bukan sesuatu yang mudah untuk orang yang tidak terbiasa. Maka dari itu, kamu juga perlu untuk belajar memahami dan menghargai isi hati orang lain.

Terdengar sepele, sikap memahami perasaan bisa menunjukkan sisi kedewasaanmu terhadap orang lain. Kamu juga akan terbiasa untuk menyelesaikan masalah dengan tenang, melalui cara mendengarkan dan memahami.

Tunjukkan sikapmu dalam memahami perasaan orang lain. Satu tindakan ini akan membuatmu juga dihargai dalam banyak hal. Yuk simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Kamis (19/11) dari berbagai sumber berikut ini.

Kata-kata bijak tentang sikap memahami.

Kata-kata mutiara memahami perasaan © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

1. "Ada hal yang tak harus dikatakan, tapi harus dimengerti."

2. "Yang memahami belum tentu mengerti, dan yang mengerti belum tentu memahami. Memahami dan mengerti adalah salah satu perasaan yang akan mendewasakan."

3. "Ada banyak orang yang mengenal kita, tapi sangat sedikit yang mengerti kita."

4. "Orang tidak akan pernah benar-benar memahami sesuatu sampai hal itu benar-benar terjadi pada mereka."

5. "Ada banyak cara untuk menunjukkan rasa sayang, termasuk dengan memahami perasaannya."

6. "Caramu dalam memahami orang lain adalah buah yang akan kau petik."

7. "Kebutuhan paling dasar dalam hubungan manusia adalah kebutuhan untuk memahami dan dipahami."

8. "Seringkali kita hanya melihat apa yang ingin kita lihat, dan hanya mendengar apa yang ingin kita dengar."

9. "Gunakan telinga untuk mendengar lebih dalam, gunakan hati untuk lebih memahami."

10. "Kebanyakan orang tidak mengerti betapa berharganya sebuah kebersamaan, sampai saatnya perpisahaan yang memaksa mereka untuk memahaminya."

11. "Jangan selalu ingin dimengerti, namun tak pernah mau mengerti. Berusahalah melihat dari sudut pandang dan pemahaman orang lain."

12. "Seseorang bisa dikatakan sangat berharga ketika dia mengerti masa lalumu, percaya pada masa depanmu, dan menerima kamu apa adanya."

13. "Saat kau bertemu dengan orang yang mampu memahami mimpimu, genggamlah ia dan jangan lepaskan."

14. "Orang tidak selalu membutuhkan nasehat. Terkadang yang mereka butuhkan hanyalah pegangan tangan, telinga yang mau mendengarkan, dan hati untuk memahaminya."

15. "Ada saatnya kita berbicara, ada saatnya kita mendengar. Kita bicara agar orang lain dapat mengerti, kita mendengar agar kita bisa memahami."

Kata-kata mutiara pentingnya menghargai perasaan.

Kata-kata mutiara memahami perasaan © freepik.com

foto: freepik.com

16. "Jika harapan seseorang diturunkan hingga titik nol, orang akan benar-benar menghargai semua yang dia miliki saat ini."

17. "Jangan pernah sakit hati bila engkau sering diremehkan oleh orang lain. Tapi sakit hatilah bila engkau tak lagi mampu menghargai orang lain."

18. "Cara terbaik untuk menghargai kejadian terbaik adalah menikmatinya."

19. "Menghargai adalah di saat kita bisa menghormati pendapat orang lain meskipun tidak setuju dengan pendapat mereka."

20. "Menghargai seseorang yang kamu sayang, akan membuatnya semakin erat memelukmu."

21. "Tidak ada keromantisan dalam hubungan kecuali sikap saling menghargai dan memahami satu sama lain."

22. "Hanya wanita yang bisa menghargai dan penuh dedikasi, yang layak mendampingi seorang pria sejati."

23. "Sikap tulus dan ikhlas adalah cara untuk menghargai diri sendiri maupun orang lain."

24. "Cinta itu abadi, tapi bisa berpindah ke hati yang lebih menghargai."

25. "Pasangan yang bahagia bukanlah dua sejoli yang sempurna, tapi dua sejoli yang saling menghargai ketidaksempurnaan."

26. "Bukan tentang seberapa lama hubungan itu terjadi, namun tentang bagaimana kau saling memahami."

27. "Semakin lama sebuah hubungan, seharusnya maka semakin besar rasa untuk saling memahami dan menghargai."

28. "Ingatlah bahwa terkadang tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, dapat menjadi hal terbaik untukmu."

29. "Dalam hidup, jika kamu mampu belajar tuk lebih menerima daripada terlalu berharap, kamu akan memiliki lebih sedikit kekecewaan."

30. "Saat kamu menghargai perasaan seseorang, kamu menumbuhkan kebahagiaan yang tidak terlupakan bagi orang lain."

Quotes tentang memahami perasaan.

Kata-kata mutiara memahami perasaan © freepik.com

foto: freepik.com

31. "Menghargai diri bukanlah tindakan egois, itu merupakan bentuk penghargaan atas satu-satunya hadiah yang saya miliki, hadiah atas adanya diri di dunia untuk dipersembahkan kepada orang lain." –Parker Palme

32. "Jika kamu tidak menghargai keinginanmu sendiri, tidak ada orang lain yang akan melakukannya. Kamu hanya akan menarik orang-orang yang tidak menghargaimu seperti kamu tidak menghargai diri sendiri." –Vironika Tugaleva

33. "Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya." - Soe Hok Gie

34. "Pada hati kau akan tetap setia. Belajar mencari kata se-iya. Belajar mengerti bahwa ingin kita tak selalu sama, dan selalu belajar bagaimana kita mencari keputusan berdua." - Boy Candra

35. "Tidak selalu yang kita pikirkan itu benar. Tidak selalu yang kita sangkakan itu kebenaran. Kalau kita tidak mengerti alasan sebenarnya bukan berarti semua jadi buruk dan salah menurut versi kita sendiri." - Tere Liye

36. "Cinta membuat kita mengerti, ada bahagia sebelum patah hati." - Wira Nagara

37. "Kadang kita perlu jauh, untuk tau arti dekat. Kadang kita perlu tau letihnya mengejar, untuk memahami makna jalan bersama." - Rohmatikal Maskur

38. "Setiap orang bisa mengkritik, mengecam, dan mengeluh. Tapi hanya orang berkarakter yang bisa mengontrol diri untuk memahami dan memaafkan." - Dale Carnegie

39. "Berhenti menyalahkan masa lalu, cobalah untuk menerimanya dan memahami bahwa itu hanya buatmu lebih kuat dan dewasa." - Nazril Irham

40. "Jika Anda memahami “Langit” dan Anda memahami “Bumi”, Anda akan membuat kemenangan Anda semakin lengkap." - Sun Tzu

RECOMMENDED BY EDITOR