Brilio.net - Islam sangat menghormati keberadaan wanita. Demi menjaga keindahannya, Islam memberikan pedoman yang jelas tentang segala hal. Baik etika dalam pergaulan, berpakaian, hingga menemukan cinta.

Maka dari itu, setiap wanita pun bisa mulai berusaha memperbaiki diri agar pantas menjadi seorang muslimah.

Ada banyak kata-kata mutiara islami tentang wanita yang terangkai indah. Ada yang diambil dari Alquran, hadits, hingga kata-kata dari tokoh terkenal. Kata-kata ini juga sangat menginspirasi dan bisa menjadi renungan.

Tunggu apa lagi? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (25/3), berikut 40 kata-kata mutiara islami tentang wanita.

Kata-kata mutiara Islami tentang wanita.

mutiara islami istimewa

Loading...

foto: Instagram/@shifamarwadhana

1. "Allah menjadikanmu seorang muslimah karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu."

2. "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang sholehah." (HR Muslim)

3. "Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya." (Dr. Maulana Ansari)

4. "Jika seorang istri mengerjakan sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya: Masuklah ke surga." (HR. Ahmad)

5. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya." (Fatimah, putri Nabi Muhammad SAW)

6. "Setiap Ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya."

7. "Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu." (Nabi Muhammad SAW)

8. "Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya." (Umar bin Khattab)

9. "Wanita itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." (Ali bin Abi Thalib)

10. "Wanita muslimah adalah berliannya Islam. Tak ada seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing."

11. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

12. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

13. "Wanita muslimah yang baik akhlaknya dan bijak pembawaannya laksana mutiara di langit ketujuh, tak sembarang orang bisa melihat dan menyentuhnya."

14. "Wanita seharusnya tidak seperti bulan yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apa pun, tapi wanita seharusnya menjadi seperti matahari yang membuat mata tertunduk sebelum melihatnya."

Kata-kata mutiara islami tentang wanita berisi nasihat.

mutiara islami istimewa

foto: Instagram/@muslimah_kartun

15. "Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apapun yang lebih rendah dari itu."

16. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)

17. "Hijab tak sekedar pelindung bagi wanita melainkan menggambarkan seberapa besar kekuatan dan keindahannya."

18. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

19. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

20. "Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu."

21. "Jauh lebih baik kehilangan sesuatu untuk Tuhan daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu." (Mufti Menk)

22. "Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya." (Shaykh Hamza Yusuf)

23. "Lidahmu jangan kamu biarkan menyebut kekurangan orang lain, sebab kamu pun punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah."

24. "Memangnya kenapa kalau hidup ini tak sempurna, toh, ini bukanlah jannah." (Nourman Ali Khan)

25. "Mengapa wanita muslimah harus memakai hijab? Karena kecantikan mereka adalah untuk pria (suami) mereka, buka untuk semua orang."

26. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan."

27. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu dimana batas kemampuanmu."

28. "Wahai Saudariku, suatu hari nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab."

29. "Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapan."

Kata-kata mutiara islami tentang wanita dan cinta.

mutiara islami istimewa

foto: Instagram/@gambar_kata_muslimah

30. "Hati manusia sama seperti cangkir. Semakin kamu memenuhinya dengan cinta kepada Allah, semakin sedikit ruang yang tersisa untuk dipenuhi rasa cinta terhadap dunia."

31. "Mencintai dengan sungguh-sungguh memberikan kebahagiaan di hati kita. Mencintai karena Allah kita mendapat nilai ibadah dan kebahagiaan yang lebih."

32. "Menunggumu dalam kesabaran lebih indah bagiku daripada mengungkapkannya. Menantimu dalam doa lebih bermakna daripada menjelaskannya."

33. "Mereka yang terlalu dalam terluka disebabkan terlalu jauh meninggalkan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya."

34. "Pria mengimpikan wanita sempurna. Wanita menginginkan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." (Ahmad Al Shugairi)

35. "Pria yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Kalau dia melakukannya, berarti dia pria yang salah." (Abdul Bary Yahya)

36. "Saat kau mencintai seseorang karena Allah, cinta itu tak akan pernah padam."

37. "Saat kau merasa tak memiliki siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah telah mengirim mereka pergi, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya."

38. "Seorang pria yang akan membimbingmu kepada Allah, dan bukan ke jalan penuh dosa. Itulah pria yang layak dinanti kehadirannya."

39. "Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik." (QS.An Nur 26)

40. "Bijaklah dalam masa penantianmu, kelak kamu akan takjub bagaimana Allah mempertemukanmu dengan jodohmu."

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR