Brilio.net - Saat kamu merasa putus asa menghadapi masalah, kata-kata mutiara bisa jadi suntikan motivasi dan dorongan semangat dalam hidup. Kata-kata mutiara ini bisa kamu baca kapan dan di mana saja.

Pasalnya, kata-kata mutiara kehidupan itu mencakup aspek luas, baik tentang diri sendiri maupun kepada orang lain.

Kata-kata mutiara juga bisa diambil dari bahasa daerah Nusantara, Sunda misalnya. Bahasa ini dipakai hampir di seluruh provinsi Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, dan Banten. Bahasa Sunda juga dikenal punya dialek dan intonasi khas.

Menariknya lagi, kata-kata mutiara bahasa Sunda sangat cocok dipasang jadi status media sosial (medsos). Kamu bisa update status WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya pakai kata mutiara bahasa Sunda. Jadi orang lain yang baca status juga bisa mengambil hikmahnya.

Berikut kumpulan kata-kata mutiara bahasa Sunda yang bisa kamu jadikan inspirasi kehidupan, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (12/11).

Kata-kata mutiara bahasa Sunda Kahuripan dan artinya.

Kata mutiara bahasa Sunda © pixabay.com

foto: pexels.com

Sunda menjadi daerah yang kerap dijadikan wilayah rantau. Sebab itu tak sedikit orang yang sudah paham bahasa Sunda.

1. "Mulih ka jati, mulang ka asal." (semua yang berasal dari maha kuasa, maka akan kembali kepada-Nya)

2. "Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan." (Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan)

3. "Sabar bro, rejeki mah nuturkeun, ngan kadang kasusah sok nyalip dina kenca." (Sabar bro, rezeki itu selalu ngikutin. Cuma kadang kesusahan suka nyalip dari sebelah kiri)

4. "Salira rumaos ngarasa leuwih hade, sanes sabot sadaya masalahna tos rengse, nanging sabot salira eureun ngahawatirkeun masalah salira." (Anda merasa lebih baik, bukan ketika semua masalah telah selesai, tapi ketika kamu berhenti menghawatirkan masalahmu)

5. "Mun geus johnamah moal kamana ieuh." (Kalau sudah jodoh tidak bakal lari ke mana)

6. "Namun abdi tiasa, abdi hayang nulis ngaran anjeun dina langit-langit nu loba bentangna nu endah itu, supaya kabeh jalma bisa nyaho eta gede pisan rasa pikanyaah abdi ka anjeun." (Sebisa mungkin, aku ingin menulis namamu sebanyak-banyaknya di langit yang indah, sehingga semua orang bisa tahu betapa aku mencintaimu)

7. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)

8. "Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya, tapi banyak duit)

9. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah." (Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah)

10. "Diajar sabar teh hese da lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasangsaraan." (Belajar sabar itu susuh, jika mudah tidak akan ada orang yang sengsara)

11. "Jagaan rasa cinta nu ku anjeun boga ayena. Sabab, cinta ibaratkeun jantung. Anjeun moal pernah bisa nyaho iraha eren na." (Jagalah cinta yang kamu miliki. Sebab cinta itu seperti jantung, kamu tidak akan pernah tahu kapan berhenti berdetak)

12. "Aya kahayang bari henteu jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor." (Kalau ada kemauan tapi nggak dibarengi usaha itu sama aja ngelawak)

13. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna oge sorangan nanging anggeur katembong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri, namun tetap memberi cahayanya)

14. "Kagagalan tina hiji hubungan cinta nyaeta hal anu biasa. Wanci urang bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu luar biasa." (Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang sangat umum. Kita bisa bangkit dari kegagalan, yang berarti kita bisa menjadi orang yang luar biasa)

15. "Miindung ka waktu mibapa ka zaman." (Mengikuti perkembangan zaman)

16. "Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa." (Sekali kamu katakan tidak bisa. Maka di sana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa)

17. "Tong gedé hulu bisi teu bisa maké hélm." (jangan besar kepala nanti tidak bisa memakai helm)

18. "Misalkéuna aya jalmi anu nyéngséurikéun urang, ulah baé ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan térus masihan jalan pikéun urang." (Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah pasti memberikan jalan untuk kita semua)

19. "Lamun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawéan." (Bila kamu menginginkan suatu yang belum pernah kamu miliki, maka kamu mesti lakukan satu hal yang belum pernah kamu kerjakan)

20. "Aku rek satia ka kamu, siga patung di Jayaraga nu satia maturan maungna." (Aku bakal setia padamu, seperti patung di Jayaraga yang setia menemani harimaunya)

Kata-kata mutiara bahasa Sunda tentang kehidupan, singkat dan sarat makna.

Kata mutiara bahasa Sunda © pixabay.com

foto: pexels.com

Kata mutiara mengandung makna positif yang bisa diterapkan. Jadikan hidup lebih bermakna melalui kebaikan, saling berbagi kata mutiara Sunda berikut ini misalnya.

21. "Hirup mah tong loba kahayang lur mun menta keneh ka kolot." (Hidup jangan banyak keinginan, jika masih minta sama orang tua)

22. "Luang mah ti papada urang." (peluang itu datang dari sesama manusia)

23. "Ereun naroskeun, kumaha car meunangkeun nu anjen pikahoyong? Margi jawaban nu anjen panggihan nyaéta ngan saukur ti 'usaha'." (Hentikan bertanya, gimana cara dapatkan yang Anda inginkan? Karena jawaban yang anda temukan hanyalah 'usaha')

24. "Musuh anu kalintang bahaya di dunya iéu nyaéta rarasa’an siéun saréng hariwang. Sedéungkéun reréncangan anu kalintang satia nyaéta kayakinan saréng kawanian urang." (Musuh yang paling bahaya di dunia ialah perasaan takut dan khawatir. Sedangkan teman setia adalah keyakinan dan keberanian)

25. "Pilih hiji perkawis anu saluyu kana haté salira, sanajan kaayaan henteu mihak ka salira, yakin! kaayaan tangtos tiasa robah lamun salira tiasa ikhlas dina jero haté." (Pilih suatu hal yang sesuai dengan hatimu, walaupun keadaan tidak berpihak kepadamu, yakin! keadaan pasti akan berubah jika kamu bisa ikhlas dari dalam hati)

26. "Munding dicekel tambangna, jelema dicekel caritaan nana. " (Manusia itu dipegang ucapannya bukan dipegang tambangnya seperti kerbau)

27. "Pilih hiji perkawis anu saluyu kana haté salira, sanajan kaayaan henteu mihak ka salira, yakin! kaayaan tangtos tiasa robah lamun salira tiasa ikhlas dina jero hate." (Pilih suatu hal yang sesuai dengan hatimu, walau keadaan tidak berpihak kepadamu, yakin! Keadaan pasti akan berubah jika kamu bisa ikhlas dari dalam hati)

28. "Abdi lain jalmi anu sempurna pikeun anjeun, jeung lain oge anu paling alus pikeun anjeun. Tapi anu pasti, abdi nyaeta jalmi hiji-hijina anu terus inget ka anjeun." (Aku bukan orang yang sempurna untukmu, dan juga bukan yang terbaik untukmu. Tapi yang pasti, aku satu-satunya orang yang selalu mengingatmu)

29. "Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing." (Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam)

30. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari di konci setang mah." (Jangan dulu sombong, kalau belum bisa balap motor sambil motornya dikunci setang)

31. "Digawe satakeur kebek eungke oge milik mah nuturkeun." (Bekerjalah dengan maksimal, nanti rezeki bakal menyusul)

32. "Duit mah jiga kumis. Dikerok bijil deui, dikerok bijil deui." (uang itu seperti kumis, kalau dikerok tumbuh lagi, dikerok tumbuh lagi)

33. "Sajaba ti bilatungan téh manusa mah bakal balitungan." (Manusia akan dimakan belatung dan diperhitungkan amalnya semasa hidup)

34. "Rerencangan eta sapertos bulan, onggal weungi anu poek cahyana teteup nyaangan urang. Cacak maehana jarang dongkap, nanging manehana teras aya." (Sahabat itu bagai rembulan, tiap malam yang gelap, sinarnya tetap menerangi kita. Walau ia jarang datang, ia selalu ada)

35. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh." (Inget hidup tuh nggak semuanya instan. Kalau pingin instan, bikin sarimi aja)

36. "Kabagjaan teh sanes ku seerna harta, kabajaan teh ayana dina hate nu teu weleh ngucap sukur." (Kebahagian itu bukan soal banyaknya harta, kebahagiaan ada di dalam hati yang senantiasa mengucap syukur)

37. "Salobana ogé paméré moal beunghar ku panyukup batur." (sebanyak-banyaknya pemberian, tidak akan membuat kaya raya)

38. "Sakirana malem mingguan saukur jalan-jalan mah mending ngojeg, puguh meunang duit ngojeg mah." (Sekiranya malam mingguan hanya jalan-jalan saja, mending ngojeg. Sebab ngojeg dapat mendatangkan uang)

39. "Rasa cinta nyaeta anugrah nu paling endah, tapi mun misalkeun urang reseup ka hiji jalmi, teras ulah ngarasa hayang ngabogaan nana, tapi usahakan jieun manehna supaya bisa betah mun aya disisi urang." (Cinta adalah hadiah yang paling indah, tetapi untuk mengatakan bahwa kita tertarik pada seseorang, daripada merasa perlu memilikinya, cobalah untuk membuatnya merasa betah bersama kita)

40. "Hujan gé aya raatna." (hujan pun ada berhentinya)