Brilio.net - Ada kalanya dalam hidup kamu menemukan tantangan yang sulit untuk dilewati. Beberapa cara sudah dicoba, namun hasilnya nggak sesuai yang diharapkan. Belum lagi, tekanan yang datang dari berbagai arah, baik dari orang lain ataupun dari dalam diri sendiri.

Mau nggak mau terkadang kamu harus tetap menjalani meskipun nggak sepenuh hati. Namun kalau hal ini dibiarkan terus terjadi, tentu akan menimbulkan dampak yang nggak baik untuk kesehatan pikiran dan juga hatimu.

Kondisi stres dalam hidup akan sangat mudah terjadi. Maka dari itu diperlukan pengendalian diri agar kamu lebih mudah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Tenangkan diri untuk memahami situasi, jaga perkataan dan perilaku agar terhindar dari sikap yang merugikan.

Jangan ragu juga untuk meminta bantuan pada sahabat atau orang terdekat untuk meredam rasa stres. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan rasa tenang. Tambahkan juga ketenanganmu dengan kata-kata motivasi dalam meredam stres. Seperti apa saja ya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (17/12), berikut 40 kata-kata motivasi yang bisa untuk meredam stres.

Loading...

Kata-kata bijak untuk menghadapi cobaan.

Kata-kata motivasi meredam stres © freepik.com

foto: freepik.com

1. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu."

2. "Jika kamu merasa hidup ini susah, pikirkanlah derita anak dengan satu lengan mengemis di jalanan. Bersyukurlah sahabat."

3. "Sebenarnya bukan hidup itu susah dan penuh cobaan, tapi bagaimana cara pandang kita terhadap hidup. Pilihlah untuk menjadi bahagia dan mengasihi."

4. "Kebahagiaan kita tidak bergantung kepada situasi yang kita alami, melainkan kepada cara kita mengatasi situasi tersebut."

5. "Kedewasaan tidak diukur dari usia, tetapi dari bagaimana kita menyikapi suatu situasi dengan penuh rasa tanggung jawab."

6. "Tidak ada target yang selalu tercapai, tidak ada keinginan yang selalu terwujud: jadilah manusia yang selalu siap dalam situasi apa pun."

7. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan, semangat untuk hari ini. Jalani dengan ikhlas dan penuh kesabaran."

8. "Bersabar saat menemui cobaan dan bersyukur untuk semua kekurangan dan kelebihan yang dimiliki adalah cara terbaik untuk mendewasakan diri."

9. "Jangan pernah membuat suatu keputusan ketika sedang marah, karena air yang mendidih tidak bisa digunakan untuk bercermin."

10. "Kadang lebih baik diam, daripada menjelaskan apa yang kita rasakan, karena menyakitkan ketika mereka bisa mendengar tapi tak bisa mengerti."

11. "Marah adalah sebuah perasaan yang membuat mulut kalian bereaksi lebih cepat daripada pikiran."

12. "Jangan mudah terpancing emosi oleh orang lain. Ketika ada seseorang yang ingin memancing emosimu, sebaiknya berilah senyuman kepadanya."

13. "Tak peduli dia akan membalas senyummu atau tidak, yang terpenting ialah hal ini menunjukkan kalau kamu tidak terpancing emosi akibat ulahnya."

14. "Tenangkan diri karena amarah akan membuat kamu tidak bisa berpikir dengan tenang."

15. "Menghadapi masalah dengan rasa amarah akan sia-sia. Ketika marah, akan sulit untuk mengontrol diri sendiri."

Kata-kata motivasi untuk menenangkan diri.

Kata-kata motivasi meredam stres © freepik.com

foto: freepik.com

16. "Jangan terus menerus bersedih atas apa yang menimpa, hidup adalah perputaran, hadapi dengan senyuman."

17. "Berusahalah sekuat dan semampu yang kita bisa, katakan pada hati kita bahwa harapan kita tak akan pernah mati."

18. "Lepaskan rasa penatmu, nikmati rasa sedihmu, dan berjanjilah untuk bangkit setelah itu."

19. "Jika tidak ada pundak untuk bersandar, setidaknya masih ada lantai untuk bersujud."

20. Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yg salah, dan teruslah melangkah."

21. "Hidup bukan tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi tentang menghargai apa yang kamu miliki, dan sabar menanti yang akan menghampiri."

22. "Tidak masalah seberapa sering engkau jatuh, yang terpenting adalah seberapa cepat engkau bangkit."

23. "Tidak ada kata yang salah dari menang dan kalah. Yang salah adalah ketika kita mengharapkan kemenangan tanpa mau berjuang."

24. "Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada."

25. "Perjuangan itu bukan proses penderitaan menuju tujuan, tapi proses memantaskan diri untuk meraih tujuan."

26. "Saat kamu melakukan sesuatu dan gagal, kamu mendapatkan hikmah. Jika tidak melakukan apa-apa artinya kamu kalah oleh rasa takut."

27. "Masalah tidak akan menjadi rumit jika kamu bisa menyikapinya dengan sabar dan dengan kelapangan hati."

28. "Tetaplah berwibawa. Tak angkuh dan tak jumawa. Meski terkadang diri harus kecewa, sebab ia tengah dididik untuk jadi istimewa."

29. "Ketika dalam sebuah perjuangan terdapat tantangan yang besar, berarti keberhasilan yang menanti juga lebh besar."

30. "Masalah tidak akan menjadi rumit jika kamu bisa menyikapinya dengan sabar dan dengan kelapangan hati."

Quotes bijak dalam meredam stres dari para tokoh.

Kata-kata motivasi meredam stres © freepik.com

foto: freepik.com

31. "Apapun yang dimulai dari kemarahan akan berakhir memalukan." -Benjamin Franklin.

32. "Siapa pun bisa marah - itu mudah. Tetapi untuk marah dengan orang yang tepat, ke tingkat yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk tujuan yang benar, dan dengan cara yang benar - itu tidak mudah." -Aristotle.

33. "Kelembutan dan kebaikan bukanlah tanda kelemahan dan keputusasaan, tetapi manifestasi dari kekuatan dan resolusi." -Kahlil Gibran.

34. "Percayalah bahwa hidup itu layak dijalani dan keyakinanmu akan membantu menciptakan kenyataan." -William James

35. "Orang baik juga bisa marah, akan tetapi mereka menekan amarah itu seperti menelan sesuatu dengan cepat." – Nouman Ali Khan.

36. "Semua keberhasilan terbaik anda, datang setelah kekecewaan besar yang anda hadapi dengan sabar." - Mario Teguh.

37. "Jadilah seperti lilin, yang tidak pernah menyesal saat nyala api membakarmu. Jadilah seperti air yang mengalir sabar. Jangan pernah takut memulai hal baru." - Tere Liye.

38. "Siapa yang sabar dia akan meraih apa yang diinginkannya." - Habiburrahman El Shirazy.

39. "Orang yang tak pernah membuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah berbuat apa-apa." - Norman Edwin

40. "Hidup ini terdiri dari 10 % apa yang terjadi padamu dan 90 % bagaimana caramu menyikapinya." - Charles R. Swindoll

RECOMMENDED BY EDITOR