Brilio.net - Manusia adalah makhluk sosial yang setiap harinya hidup berdampingan bersama orang lain. Sebagai manusia yang baik, tidak ada salahnya membuat orang lain tertawa. Ada banyak cara untuk bisa menghibur orang lain, dengan membagikan atau update status misalnya. Tulisan atau gambar lucu melalui media sosial, kemudian dapat dilihat oleh orang, lalu mereka pun tertawa.

Kamu bisa menuliskan kata-kata lucu menggunakan bahasa Jawa. Kenapa harus bahasa Jawa? Karena bahasa Jawa memiliki ciri khas unik. Bagi kamu yang paham akan bahasa Jawa, pasti bisa merasakan nada lain saat membacanya. Ada unsur bercanda dan humor tersembunyi di bahasa Jawa. Bahasa yang satu ini pun kemudian sering dijadikan bahan humor berbagai kalangan.

Kata-kata lucu ini juga bisa menggambarkan perasaanmu yang sebenarnya. Namun karena bahasa Jawa sudah terkenal kelucuannya, terkadang kata-kata sedih bahasa Jawa malah jadi terlihat lucu juga. Alhasil bukannya menjadikan orang ikut sedih, justru bikin ketawa baper deh. Jangan ragu untuk menuliskan kata-kata lucu bahasa Jawa, hal itu lantaran sudah banyak orang paham bahasa Jawa meskipun bukan asli orang Jawa.

Bagi kamu yang belum mengerti arti dari tulisan ini, bisa menyimak dari terjemahannya. Brilio.net merangkum dari berbagai sumber kumpulan kata-kata lucu bahasa Jawa, bakal bikin bikin harimu ceria pada Jumat (25/10).

Kata-kata lucu bahasa Jawa tentang kehidupan. 

Loading...

40 Kata-kata lucu bahasa Jawa, menggelitik dan bikin ngakak pixabay

foto: Instagram/@kha31ris

Sebuah lawakan mampu menambah keceriaan dan warna baru dalam hidup. Ada banyak cerita yang setiap hari dilalui, kisah itu bisa disiratkan jadi kata-kata lucu.

1. "Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit." (Dosa yang paling menyedihkan itu adalah mengeluh tidak punya uang)

2. "Jenenge urip mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenengan dangdutan." (Namanya hidup itu pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan)

3. "Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal. (Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya gagal)

4. "Sopo sing gelem mijeti aku. Nek wedok tak pek bojo. Nek lanang, bojone tak pek." (Siapa yang mau mijitin aku. Kalau perempuan akan aku jadikan istri. Kalau laki-laki, istrinya akan kujadikan istriku)

5. "Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin yo rasane perih." (Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu rasanya ya perih)

6. "Gendut kui montok, mung kebablasen." (Gendut itu montok, hanya berlebihan saja)

7. "Sorry.. Orangnya lagi fitnes awak'e fit atine ngenes." (Maaf.. Orangnya baru fitnes. Badannya fit tapi hatinya sakit)

8. "4 hal sing ora iso dipokso, cinta, ukuran baju dan celana, ukuran bh, ukuran semvak. Nek dipokso efeke nyesek." (4 hal yang tidak bisa dipaksakan, cinta, ukuran baju dan celana, ukuran baju dalam, ukuran celana dalam. Kalau dipaksakan efeknya sesak)

9. "Combro bae ana isine, masa atimu kosong." (combro saja ada isinya, masa hatimu kosong)

10."Masalah wedokan iku gampang, penting iso nyaur utang sek." (Masalah perempuan itu mudah, yang penting bisa membayar hutang dulu)

Kata-kata lucu bahasa Jawa tentang cinta. 

40 Kata-kata lucu bahasa Jawa, menggelitik dan bikin ngakak pixabay

foto: Instagram/@kbspeed_racingconcept

Ada unsur tawa dan romantis di dalam kata-kata bahasa Jawa ini. Nggak cuman bikin ketawa tapi juga bikin kamu baper nggak ketulungan.

11. "Bojo ki asline awet sing biasa-biasa, mergo ayu ki paling banter 20 tahun wes ilang ayune. Lha bojo sing biasa, sampek tuek yo tetep biasa." (Istri itu aslinya lebih awet yang biasa-biasa saja, karena wajah cantik itu paling lama hanya bertahan 20 tahun. Kalau istri yang biasa, sampai tua juga akan tetap sama)

12. "Truk wae nduwe gandengan, mosok kowe ora nduwe gandengan?" (Truk saja punya pasangan, masak kamu nggak punya?)

13. " Pacaran kui ra usah diumbar-umbar, sing penting undangan teko-teko kesebar." (Pacaran itu tidak perlu dipamerkan, yang penting tiba-tiba menyebar undangan)

14. "Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur." (Cintaku hanya fokus pada dirimu seperti kamera, hanya fokus pada dirimu saja yang lainnya blur)

15. "Najan awakmu lemu, ning isih amot ning atiku." (Walaupun badanmu besar, masih muat kok di hati ku)

16. "Pantesan awakku ora lemu-lemu. Sing tak pangan harapan palsu." (Pantas saja badanku tidak gendut-gendut. Yang aku makan harapan palsu)

17. "Ojo godain bojone wong. Biarlah bojone wong sing nggodain kita." (Jangan menggoda istri orang. Biarlah istrinya orang yang menggoda kita)

18. "Kowe nek sayang ngomong, ojo ngode terus. Aku dudu brangkas sing butuh kode." (Kamu kalau sayang itu bilang, jangan memberikan kode saja. Aku bukan brangkas yang butuh kode)

19. "Tresno iku mergo ati, ra bakal owah tekane mati." (Cinta itu datang karena hati, tidak akan berubah hingga mati)

20. "Sliramu manis dek, kaya gula." (Dirimu manis dek, seperti gula)

Kata-kata lucu bahasa sindiran halus kepada teman.

40 Kata-kata lucu bahasa Jawa, menggelitik dan bikin ngakak pixabay

foto: pixabay.com

Kata-kata lucu yang satu ini cocok buat kamu yang mau nyindir teman, tapi nggak mau bikin dia sakit hati. Istilahnya secara perlahan namun ngena banget gitu di hati.

21. "Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren." (Hujannya awet nggak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomel, tidak pernah berhenti)

22. "Wong Jowo kui jos! Bensin dadi bengsin, cokelat dadi soklat, mobil dadi montor, utang dadi lali." (Orang jawa itu memang mantap! Bensin jadi bengsin, cokelat jadi soklat, mobil jadi montor, hutang jadi lupa)

23. "Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing." (Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering)

24. "Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku." (Kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan meminta hutang padaku)

25. "Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?" (Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?)

26. "Nek ngomong ojo manis-manis, mundak cangkeme dirubung semut." (Kalau bicara jangan terlalu manis-manis, nanti mulutnya diserbu semut)

27. "Aku janji ra nakal maneh, kecuali nakali koe." (Aku berjanji tidak akan nakal lagi. Kecuali nakalin kamu)

28. "Kerjo tak tekuni. Duit tak celengi, dolan tak kurangi. InsyaAllah taun ngarep sholatmu tak mamumi." (Kerja tak tekuni. Uang aku kumpulkan, main aku kurangi. InsyaAllah tahun depan kamu jadi makmum sholatku)

29. "Cinta mesti ono loro ati, nek kowe wegah loro ati, kowe gak bakalan nemu cinta sejatimu ndes!!" (Cinta itu pasti pernah bikin sakit hati, kalau kamu nggak mau sakit hati, kamu nggak bakal menemukan cinta sejatimu)

30. "Tresnomu koyo rumah makan padang akeh cabange." (Cintamu seperti rumah makan padang banyak cabangnya)

Kata-kata lucu bahasa Jawa buat mantan.

40 Kata-kata lucu bahasa Jawa, menggelitik dan bikin ngakak pixabay

foto: Instagram/@kha31ris

Kata-kata buat mantan, kebanyakan berisi kalimat galau. Nggak ada salahnya kalau kata hatimu itu dibuat jadi kalimat menghibur.

31. "Wis ta titeni, wong wedok sing ayu kui mesti wis ono sing nduwe." (sudah aku cermati, perempuan cantik pasti sudah ada yang punya)

32. "Aku mung iso maca buku, durung iso maca atimu." (Aku hanya bisa membaca buku, belum bisa membaca hatimu)

33. "Cukup nyawang koe sing ta sayang, kangen iki langsung ilang." (Cukup melihat kamu yang aku sayang, rindu ini sudah langsung hilang)

34. "Obat sing pait wae iso nggawe mari, mosok koe sing manis iso nggawe loro?" (Obat yang pahit saja bisa membuat sembuh, masa kamu yang manis malah bikin sakit?)

35. "Rasah sok romantis, nek akhire mung tragis. Mending seng humoris tapi akhire manis." (Nggak perlu romantis, kalau akhirnya hanya tragis. Mending yang humoris tapi akhirnya manis)

36. "Nanging tresno iki udu es teh plastikan. Sing mbok cantelke lalu engkau tinggalkan." (Tapi cintaku ini bukanlah es teh di dalam plastik. Yang hanya kamu gantung lalu kamu tinggalkan begitu saja)

37. "Kui mantan opo pahlawan? Kok dikenang wae?" (Itu mantan atau pahlawan? Kok kamu kenang terus?)

38. "Aku kon ngerteni kowe terus. Lha rumangsamu aku cctv opo?" (Aku diminta untuk mengerti dirimu terus, memangnya aku ini cctv apa?)

39. "Dipikir loro, dirasake yo malah loro, loro tambah loro sama dengan papat." (Dipikir sakit, dirasakan juga tambah sakit. Sakit tambah sakit sama dengan empat)

40. "Awake bareng, tapi atine cemantel neng awake wong lia." (Badannya bersama, tapi hatinya berlabuh pada orang lain)

RECOMMENDED BY EDITOR