Brilio.net - Ramadhan akan tiba sebentar lagi. Yay, apa nih yang kamu kangenin dari bulan Ramadhan? Buka puasa bareng, sahur on the road, jajan takjil, sampai tarawih berjamaah, rasanya pengen kita rasakan secepatnya.

Bulan Ramadhan juga jadi momen spesial untuk kamu para perantau baru. Menjadi mahasiswa tahun pertama di tanah perantauan akan terasa ketika suasana berbuka dan sahur yang terasa lebih sepi.

Tapi jangan sedih dong, kamu bisa kok menyampaikan rasa kangen dengan melakukan video call dengan keluarga di rumah. Selain itu, ajak juga teman-teman kosmu untuk merayakan bersama. Dengan begitu, rasa sepi yang kamu rasakan bisa semakin berkurang.

Bulan Ramadhan pada tahun ini tampaknya akan jadi suasana yang cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Di tengah pandemi virus corona, pemerintah sudah mengeluarkan sejumlah kebijakan baru untuk beberapa aturan selama bulan puasa.

Maka dari itu, penting untuk kamu memahami kebijakan tersebut agar bisa menjalani puasa lebih nyaman dan aman. Meski begitu, masih besar harapan masyarakat agar bisa merasakan bulan Ramadhan seperti biasa.

Nah, agar menekan angka pasien corona sebaiknya kamu tetap bersabar dengan berada di rumah ya. Lakukan aktivitas sehari-harimu di rumah untuk mengurangi frekuensi bertemu orang lain. Dengan begitu, diharapkan penyebaran virus corona bisa semakin mengecil.

Walaupun tetap berada di rumah, bukan berarti kamu nggak bisa menyambut bulan Ramadhan dengan orang terdekatmu lho. Kamu masih bisa menyapa mereka dengan mengirimkan kata-kata ucapan keren yang bisa membalas rasa kangen.

Seperti apa saja ucapan yang bisa kamu berikan kepada orang terdekat? Simak yuk ulasan brilio.net pada Kamis (16/4) dari berbagai sumber.

Ucapan Ramadhan nan bijak

Kata-kata keren Ramadhan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin."

2. "Jika ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

3. "Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hdup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda. Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 H."

4. "Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Seperti embun pagi yang membasahi dedaunan di kala pagi. Ia datang sebagai penyejuk yang akan membasuh dan membersihkan jiwa dari segala dosa. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 2020."

5. "Secara fitrah manusia itu bersih dan suci. Kedengkian dan kebencian membuat manusia menjadi kotor. Maka di bulan suci ini, mari kembali kita membersihkan jiwa, agar kita dapat kembali kepada fitrah."

6. "Tiada kebahagiaan tanpa syukur. Tiada rasa syukur tanpa sabar. Tiada sabar tanpa maaf. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

7. "Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadhan yang suci. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

8. "Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

9. "Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

10. "Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh barokah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

11. "Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahiriah dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan."

12. "Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang Ramadhan."

13. "Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadhan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

14. "Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan 1441 H kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT."

15. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

Ucapan Ramadhan untuk teman.

Kata-kata keren Ramadhan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

16. "Sahabatku, dengan datangnya Ramadhan tahun ini, marilah kita syukuri dengan penuh rasa syukur dan suk cita. Semoga kebaikan selalu Allah limpahkan untuk kita semua, dan semoga kamu yang gendut bisa makin gendut. Selamat menunaikan Ibadah puasa."

17. "Selamat puasa yak. Semoga kuat puasanya tidak ada bolongnya. Semoga dilancarkan rejekinya. Semoga diampuni semua dosanya. Semoga dimudahkan jodohnya.. Amin ya Rabbalallamin."

18. "Kalau lihat putus cinta bikin galau, status yang lucu bikin ketawa. Meskipun puasa di musim kemarau, tetap semangat dan tak putus asa!"

19. "Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadahan dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Ta'ala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya.. Aamiin."

20. "Ya Allah, perkayalah saudaraku ini dengan keilmuan. Hiasi hatinya dengan kesabaran. Muliakan wajahnya dengan ketakwaan. Perindahlah fisiknya dengan kesehatan. Serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipatgandaan, karena hanya Engkau zat penguasa seluruh alam. Amin ya rabbal'alamin. Marhaban Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin."

21. "Kalau yang segar dan manis itu sirup pandan, ditambah gula dan sebagainya. Selamat datang bulan Ramadhan. Selamat puasa teman-teman semua!"

22. "Ke kota Jogja hari Selasa, pulang pagi naik kereta. Sehari lagi kita puasa, mohon maaf lahir dan batin ya."

23. "Ada raksasa beli pulsa, burung kakak tua hinggap di jendela. Nggak kerasa udah mau puasa, jangan lupa perbanyak pahala."

24. "Ada pepaya dimakan jerapah. Maafin aku ya kalau punya salah."

25. "Jika hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

Ucapan Ramadhan bahasa Inggris.

Kata-kata keren Ramadhan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

26. "The winds of the trees praise your glory for the coming of a thousand months. Happy Ramdhan, happy fast worship, apologize and unseen."
(Angin bertasbih pepohonan memuji keagunganmu menyambut datangnya seribu bulan. Selamat datang Ramadhan, selamat beribadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.)

27. "Face all insults with a smile because ramadhan is a month of forgiveness, survived Ramadhan."
(Hadapi segala hinaan dengan senyuman karena ramadhan adalah bulan pengampunan, selamat Ramadhan.)

28. "The longing for the holy month of Ramadhan is immediately remedied. Soon the month of Ramadhan comes. Forgive my sins and may we always be in the abundance of your grace."
(Kerinduan pada Bulan Suci Ramadhan kan segera terobati. Tak lama lagi bulan Ramadhan kan tiba. Ampunilah segala dosa hamba dan semoga kami selalu berada dalam limpahan rahmat-Mu.)

29. "May Allah bless you and protect you from the sins. May peace, joy, and hope be filled in your house. Have a blessed Ramadhan."
(Semoga Allah memberkati kamu dan melindungi kamu dari dosa-dosa. Semoga kedamaian, sukacita, dan harapan dipenuhi di rumah kamu. Miliki Ramadhan yang diberkati.)

30. "In this Holy Month of Ramadhan, may you be blessed with Good health, prosperity and may Allah's blessings always shine upon you and your family."
(Di Bulan Suci Ramadhan ini, semoga kamu diberkati dengan kesehatan yang baik, kemakmuran dan semoga rahmat Allah selalu bersinar bagi kamu dan keluargamu.)

31. "As soft as dew in the morning, look up ten fingers, say hello sincerely, let us together fix themselves, in the month of the holy month of Ramadhan."
(Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, mari kita bersama memperbaiki diri, di bulan Ramadhan bulan yang suci.)

32. "Ramadhan is a month of Allah. Whose beginning is mercy. Whole middle is forgiveness. Whose end is freedom from fire. Ramadhan Mubarak."
(Ramadhan adalah bulan Allah. Yang awalnya adalah belas kasihan. Seluruh bagian tengah adalah pengampunan. Yang ujungnya adalah kebebasan dari api. Ramadhan Mubarak.")

33. "Ramadhan is here again, Allah has given humanity another chance to be bliss in purification and strive.
(Ramadhan datang kembali, Allah memberikan kesempatan lain pada manusia untuk menjadi kebahagiaan dan berusaha.)

34. "Happy fasting to all my muslims friends,hopefully this time, we get something valuable from Allah. The most gracious and most merciful. Happy Ramadhan."
"Selamat puasa kepada semua teman-teman Muslimku, mudah-mudahan kali ini, kita mendapatkan sesuatu yang berharga dari Allah. Yang maha baik dan maha penyayang. Selamat Ramadhan.)

35. "I wish this Ramadhan, you are gifted with blessings of Allah and many treasured moments of joy! Ramadhan Mubarak!"
(Saya berharap Ramadhan ini, kamu diberkati dengan rahmat Allah dan banyak momen bahagia yang berharga! Ramadhan Mubarak!)

36. "May the spirit of Ramadhan stay in our heart and illuminate our soul from within. Happy Ramadhan!
(Semoga semangat Ramadhan tinggal dalam hati kita dan merasuk ke jiwa kita dari dalam. Selamat Ramadhan!)

37. "The key to success is reflected in the Qur'an. May we find blessing and guidance as we recite it altogether in the Ramadhan days.Happy Ramadhan!"
(Kunci kesuksesan tercermin dalam Alquran. Semoga kita menemukan berkah dan bimbingan saat kita membacanya di hari-hari Ramadhan. Selamat Ramadhan!)

38. "Allah is the one GOD, the Creator, the Initiate, the Designer To Him belong the most beautiful names. He is the Almighty, Most Wise. Wishing you a blessed Ramadhan!"
(Allah adalah esa, pencipta, memulai, desain untuk-Nya nama-nama yang paling indah. Dialah yang Maha kuasa, paling bijaksana. Semoga kamu mendapatkan berkat Ramadhan!)

39. "Ramadhan is the month of blessing. And I'm sure you will get your share too. Because Allah is happy with you.Happy Ramadhan!"
(Ramadhan adalah bulan berkah. Dan saya yakin kamu akan mendapatkan bagian kamu juga. Karena Allah senang dengan kamu. Selamat Ramadhan!")

40. "Marhaban ya ramadhan glorify and love this brother, happy his family, bless his blessed, strengthen his faith. Give the pleasure of worship away from all slander. Happy Ramadhan."
(Marhaban ya Ramadhan muliakan dan sayangilah saudara ini, bahagiakan keluarganya, berkahi rezekinya, kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya jauhkanlah dari segala fitnah. Selamat Ramadhan.)