Brilio.net - Perasaan kecewa wajar dialami oleh semua orang. Dalam hidup pasti kamu pernah dikecewakan orang lain. Ada banyak faktor yang membuat rasa kecewa itu muncul seperti cinta, dikhianati sahabat, rekan bisnis, keluarga, dan lain sebagainya. Meskipun mereka mungkin tak sengaja menyakitimu, tapi rasa perih dan terluka seakan sudah menusuk hatimu.

Kendati demikian sebesar apapun rasa kecewamu, tidak baik jika semua itu malah membuatmu dendam. Kamu mungkin boleh marah, namun jangan pernah merasa dendam pada orang lain. Pasalnya perasaan dendam malah akan lebih menyakiti diri sendiri, akan membekas untuk selamanya, memutuskan tali persaudaraan, dan bisa jadi musuh selamanya. Alih-alih dendam, baiknya sikapilah rasa kecewa itu lebih bijak.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Sama halnya dengan masalahmu dengan orang lain. Pikirkan dengan kepala dingin, pahami masalahnya secara mendalam, kamu pasti bisa menemukan solusinya. Setelah semua masalah selesai dengan baik, lantas bagaiamana jika hatimu masih sakit dan kecewa?

Semua uneg-uneg rasa kecewa itu bisa kamu wakilkan dengan kata-kata kecewa bijak. Menyampaikan kata-kata kecewa tidak ada salahnya, karena semua itu bisa jadi penggambaran hati. Agar orang yang telah mengecewakanmu paham atau mengerti rasa yang tengah kamu rasakan. Berikut kumpulan kata-kata kecewa bijak, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (19/11).

Kata-kata kecewa bijak pelepas amarah terdalam.

Loading...

40 Kata-kata kecewa bijak tentang hidup instagram

foto: Instagram/@tmbrllpink

Langkah terbaik untuk meluapkan perasaan adalah dengan tulisan. Kata-kata kecewa namun tetap bijak, akan menunjukkan pribadimu yang lebih baik.

1. "Terkadang, ketika kamu kecewa, itu membuatmu lebih kuat."

2. "Keberhasilan terbaik seseorang datang setelah kekecewaan terbesar mereka."

3. "Jika aku bertemu dengan kekecewaan, semakin cepat aku mengetahuinya, semakin banyak kehidupan yang harus aku hilangkan."

4. "Jangan biarkan kekecewaan menghancurkan harapan. Sesungguhnya, Tuhan menyukai hambanya yang berdoa dalam harapan, meski pernah dikecewakan."

5. "Tidak ada yang berkata kau tidak boleh menangis, terluka, dan kecewa. Kekecewaan, luka, dan air mata-lah yang membuatmu lebih kuat." (AmandaAdriani)

6. "Dalam hidup, jika kamu mampu belajar tuk lebih menerima daripada terlalu berharap, kamu akan memiliki lebih sedikit kekecewaan."

7. "Dalam hidup pasti ada kecewanya. Kecewa boleh saja, tapi jangan lama-lama. Selain buang-buang waktu, dia tidak akan ngerubah apa-apa."

8. "Kegagalan adalah satu-satunya kesempatan untuk memulai lagi dengan lebih cerdik." (Henry Ford)

9. "Kesuksesan adalah guru yang ‘jelek.’ Hal itu justru membuat orang-orang cerdas berpikir bahwa mereka gak mungkin gagal. (Bill Gates)

10. "Bahkan para penemu handal nan ternama harus mengalami belasan, puluhan hingga ribuan kali percobaan gagal sebelum menemukan titik sukses."

Kata-kata kecewa karena dikhianti pujaan hati.

40 Kata-kata kecewa bijak tentang hidup instagram

foto: Instagram/@ruangrindu_23

Cinta memang bisa membuatmu tertawa bahagia, namun cinta juga bisa membuatmu merana karena kecewa.

11. "Sungguh luar biasa mengetahui ada seseorang yang bisa menghancurkan hatimu dan kau tetap mencintainya dengan serpihan-serpihan itu."

12. "Ku harap kamu terus mengingat jika titik tertinggi dari kekecewaan adalah tidak peduli lagi sama sekali."

13. "Menyedihkan ketika kamu menyadari bahwa kamu tidak sama pentingnya dengan seseorang seperti yang kamu kira sebelumnya."

14. "Aku mungkin terlihat baik-baik saja, tapi aku sama sekali tak merasa begitu."

15. "Kekecewaan adalah kesedihan yang indah, akhir yang pas untuk kisah cinta dan harapan yang tragis."

16. "Pelangi hanya terjadi saat hujan turun. Ketabahan hanya terbentuk saat luka menusuk jiwa."

17. "Walaupun kau sering melukai hatiku, sering membuatku kecewa, dan walaupun kau tidak menerima cintaku, izinkanlah aku untuk selalu mencintaimu hanya bisa tersenyum meskipun kecewa."

18. "Sakit memang sakit rasanya, kecewa memang kecewa yang kudapatkan, tetapi akulah yang memilih untuk mencintaimu."

19. "Kehilangan seseorang yang kita cinta memang sangat menyakitkan, tapi itu bukan akhir segalanya, kita bisa bahagia meski tanpa dia."

20. "Benar pepatah bijak mengatakan, lebih baik banyak musuh dan nyata, daripada punya satu teman yang selama ini kita percaya ternyata musuh dalam selimut."

Kata-kata kecewa bijak Islami.

40 Kata-kata kecewa bijak tentang hidup instagram

foto: Instagram/@ana_andika38

Dalam Islam, tidak diajarkan memendam rasa amarah. Kendati begitu, sebagai manusia memang sulit untuk menahan rasa kecewa.

21. "Kekecewaan hanyalah cara Tuhan untuk mengatakan 'Aku punya sesuatu yang lebih baik'. Sabar, jalani hidup, miliki iman."

22. "Jangan terlalu berharap pada seseorang, karena ketika dia tak mampu memenuhi harapanmu, kekecewaan akan hiasi harimu."

23. "Orang yang hidup penuh dengan rasa syukur jarang merasa kecewa apalagi putus asa."

24. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

25. "Kunci hidup bahagia adalah Jalani, Nikmati dan Syukuri."

26. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

27. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." (Ali bin Abi Thalib)

28. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (QS At-Taubah 40)

29. "Menghilangkan sifat dengki pada diri kita akan membantu kita menuju kesuksesan baik dunia maupun akhirat."

30. "Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

Kata-kata kecewa bijak bahasa Jawa.

40 Kata-kata kecewa bijak tentang hidup instagram

foto: Instagram/@wesbahagiaa_

Bahasa Jawa sudah hadir sejak zaman dulu kala. Banyak kata-kata orangtua Jawa yang bisa membuat hati yang kecewa lebih tenang.

31. "Lek seneng podo lali kabeh! Tapi lak susah podo takon posisi.” (Kalau baru senang semuanya lupa, namun ketika susah pada sok peduli)

32. "Macak goblok ah, ben gak loro ati." (Berlagak bodoh saja suapaya tidak sakit hati)

33. "Saiki kowe karo aku mek sebatas kenangan." (Sekarang aku dan kamu hanya sebatas kenangan saja)

34. "Piye wes bahagia? Nek durung kene tak bahagiakno." (Gimana sudah bahagia? Kalau belum sini aku bahagiakan)

35. "Ojo wedi dirasani, selagi awakmu tumindak becik, ora ngrepoto wong liyo." (Jangan takut diomongkan orang lain, jika kamu benar dan tidak merepotkan orang lain)

36. "Di batin-batin terus yo nyesek, tapi nek diungkapke marai masalah." (Ditahan-tahan terus ya membuat sesak, tapi kalau diungkapkan akan jadi masalah)

37. "Yen pingin ngerti elekku tekono koncoku. Biasane koncoku pinter nek kon ngelek-ngelek." (Kalau mau tahu kejelekanku tanyalah temanku. Biasanya temanku pintar kalau diminta menjelek-jelekkan)

38. "Tuku jenang entuk roti. Jenenge sayang kan gaono sing reti." (Beli jenang dapatnya roti. Yang namanya sanyang itu tidak ada yang tahu)

39. "Mangan lemper karo tempe. Tiwas baper jebule diPHP." (Makan lemper sama tempe. Sudah terlanjur terbawa perasaan ternyata hanya diberi harapan palsu)

40. "Wong nek diapiki mesti bakal mbales ngapiki. Nek wis diapiki malah nglarani mungkin udu wong." (Orang kalau dibaikin pasti bakal membalas dengan kebaikan. Kalau sudah diberi kebaikan tapi malah menyakiti itu bukan orang).

RECOMMENDED BY EDITOR