Brilio.net - Kata sabar dan ikhlas biasanya kerap diucapkan untuk meringankan ujian hidup. Ya, meski dalam menerapkannya tak mudah, namun ketika kita mampu untuk bersabar dan ikhlas dengan keadaan yang telah ditakdirkan Tuhan, maka hati akan terasa lapang. Sebab namanya manusia pasti tidak terlepas dengan cobaan dan ujian kehidupan.

Pada hakikatnya manusia tidak diuji di luar batas kemampuannya. Bagi mereka yang mampu mengambil hikmah dalam setiap kejadian yang ada dan selalu bersyukur, maka akan mampu melewati ujian-ujian kehidupan ke depannnya. Jangan pernah mengeluh sesulit apa pun keadaanmu. Yakin bahwa setiap ujian adalah cara Tuhan untuk mendewasakan kita. Terlebih semua ujian hidup ini tak ada yang abadi.

Kuatkanlah dengan selalu berdoa dan terus berikhtiar. Kamu juga bisa membaca kata-kata Islami tentang ujian hidup, untuk digunakan sebagai nasihat terbaikmu. Berikut kumpulan kata-kata Islami tentang ujian hidup seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, pada Selasa (10/11).

Kata-kata Islami tentang ujian hidup, agar lebih semangat.

kata Islami ujian hidup © Instagram

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@kata_motivasi.islami

1. "Jangan menyerah! Allah sedang melatih kesabaranmu. Tetaplah bersyukur atas segala cobaan yang menimpamu. Jika kamu sedang diuji, itu berarti kamu sedang disempurnakan."

2. "Jangan biarkan cobaan yang menimpa menghancurkan hidupmu. Dengan sabar dan iman, kamu harus bisa melewatinya dan menjadi orang yang lebih baik." – Mufti Ismail Menk

3. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan ada kemudahan." - HR. Tirmidzi

4. "Ingatlah bahwa sebuah musibah yang membawamu semakin dekat kepada Allah itu lebih baik daripada nikmat yang membuatmu semakin menjauh dari Allah. " – Dr. Bilal Philips

5. "Sebuah masalah merupakan tamu yang tak diundang didalam kehidupan kita, dan kita harus perlakukan dia sebaik mungkin, maka kita juga akan diperlakukan dengan baik olehnya."

6. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar saat terjatuh." - Abdullah Gymnastiar

7. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan, dan mulut tidak mengeluh." - Ibnu Qayyim

8. "Ya Allah, jangan biarkan aku berpaling dari-Mu. Tak peduli seberapa banyak cobaan dan kesulitan yang Engkau berikan, biarkanlah kesulitan ini membuatku menjadi seorang muslim yang lebih kuat dan lebih ikhlas kepada-Mu.

9. "Hai anak Adam, jika kamu mampu bersabar dan ikhlas saat tertimpa masalah, maka Aku tidak akan meridai bagimu sebuah pahala kecuali surga." - HR. Ibnu Majah

10. "Cobalah pahami musibah sebagai teguran halus Allah kepada kita, agar kita jauh lebih dekat dan makin dekat lagi dengan Yang Maha Kuasa." – Uje

11. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

12. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Maka bersabar dan tenanglah dalam menghadapi masalah, karena sebentar lagi dia kan jernih."

13. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

14. "Sabar terhadap orang lain adalah cinta, sabar terhadap diri sendiri adalah harapan, dan sabar terhadap Allah SWT adalah keyakinan."

15. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan, dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah

16. "Sabar bukan berarti bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban. Akan tetapi, sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu. Kemudian, serahkan sisanya pada Allah SWT.

17. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup, jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

18. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

19. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan, karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan.

20. "Di dalam hidup yang perlu kamu lakukan adalah berusaha dan berdoa kepada Tuhan, dan hasilnya tergantung dengan apa yang telah kamu lakukan."

Kata-kata Islami tentang ujian hidup, untuk lebih sabar dan ikhlas.

kata Islami ujian hidup © Instagram

foto: Instagram/@kata_motivasi.islami

21. "Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian." – (Q.S Muhammad: 31)

22. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

23. "Tidak semua musibah adalah azab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya."

24. "Allah menguji setiap orang dengan ujian yang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tingkat kesabaran, toleransi, dan keimanan yang berbeda."

25. "Ujian atau cobaan akan membawamu semakin dekat kepada Allah atau justru menjauhkan kamu dari Allah, pilihan ada di tangan kamu. "– Boona Mohammed

26. "Cara untuk meringankan penderitaan ketika ditimpa kesusahan dan musibah. Sadari bahwa itu telah ditakdirkan, itu hanya sementara, bisa saja lebih buruk dari itu, agamamu masih selamat, serta sadari bahwa banyak pahala yang akan kamu raih dengan musibah tersebut." – Sheikh Ahmad Musa Jibril

27. "Dan sungguh akan Kami berikan ujian atau cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar." – (Q.S Al-Baqarah: 155)

28. "Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan." – (Q.S Al-Insyirah: 5)

29. "Jika Allah membawamu ke dalam suatu kondisi (cobaan), Dia juga akan memberimu jalan untuk melaluinya."

30. "Kebahagiaan dan kegembiraan membuatmu tetap manis. Ujian dan kesengsaraan membuatmu kuat. Kesedihan dan air mata membuatmu menjadi manusia. Kegagalan dan kekecewaan membuatmu rendah hati."

31. "Barangkali cobaan ini tidak akan berakhir sampai kita bisa mengambil pelajaran dari cobaan yang menimpa kita."

32. "Hanya Allah yang mampu mengubah kekacauan menjadi sebuah pesan, ujian menjadi kesaksian, cobaan menjadi kemenangan, dan korban menjadi juara."

33. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." – (Q.S Al-Baqarah: 286)

34. "Dan kami jadikan sebagian kalian cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kalian bersabar?" – (Q.S Al-Furqan: 20)

35. "Jika kamu menghadapi begitu banyak kesulitan dalam hidup, yakinlah akan hal ini, 'Allah sedang melatihmu untuk kemenangan yang besar'."

36. "Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan. Dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar." – (Q.S Al-Anfal: 28)

37. "Menghindari godaan untuk berbuat dosa dan bersabar menghadapainya, itu lebih berat daripada bersabar ketika menjalani cobaan dari Allah." – Ibnu Taimiyah

38. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu. Allah maha mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." – (Q.S Al-Baqarah: 216)

39. "Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan." – (Q.S Al-Anbiya: 35)

40."Jalan kebenaran selalu dimulai dengan cobaan dan kesengsaraan. Kemudian datanglah masa kesabaran dan tawakkal kepada Allah. Dan berakhir dengan pencerahan, bimbingan dan kemenangan." – Ibnu Qayyim

RECOMMENDED BY EDITOR