Brilio.net - Ambyar adalah salah satu kata yang saat ini kerap disebut masyarakat Indonesia. Kata ini semakin viral sejak anak-anak muda kerap menyanyikan lagu musisi legendaris Didi Kempot. Kata ambyar seringkali digunakan untuk menunjukkan perasaan galau, sedih, dan ungkapan sakit hati. Tak hanya di area Jawa, istilah ambyar bahkan  terkenal di daerah lain.

Kerap digunakan untuk persoalan cinta, ambyar dan bahasa Jawa lainnya sering disebut kata-kata bucin. Yaps, bucin alias budak cinta saat ini jadi julukan yang sering diberikan untuk orang yang sedang mabuk cinta. Orang bucin juga di cap akan melakukan segalanya untuk pasangannya.

Nggak salah sih memang jadi seorang bucin, asal nggak berlebihan. Karena ketika kamu menunjukkan rasa sayang ke pasangan, justru akan bikin si doi makin senang dong. Pastinya dia juga bisa merasa lebih dihargai sebagai pasangan, kan?

Loading...
2 dari 3 halaman


Nah buat kamu yang penasaran seperti apa kata-kata bucin dalam bahasa Jawa? Brilio.net punya ulasan kata-kata bucin dalam bahasa Jawa dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (5/3). Mulai dari yang bikin baper sampai ambyar sudah disiapkan buat kamu.

Kata-kata bucin bikin baper.

foto: Instagram/@gak_mikirr

1. "Mergo seng nggak enek ngekek’i cokelat bakal kalah karo seng ngewehi seperangkat alat sholat karo nyanyi lagu akad."
(Karena yang sering memberi cokelat akan kalah dengan yang memberi seperangkat alat solat dan nyanyi lagu akad).

2.  "Ora penting mikir malam mingguan, seng penting malam lamaran."
(Nggak penting mikir malam minggu, yang penting malam lamaran).

3. "Pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu.”
(Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama).

4.  "Seng paling tak wedeni orep neng dunio udu kelangan koe, tapi wedi nek koe kelangan kebahagiaan ne sampean."
(Yang paling kau takutkan dalam dunia ini bukanlah kehilanganmu, tapi aku takut kamu kehilangan kebahagiaanmu).

5. "Saat dewe podo–podo adoh, siji sing kudu koe ngerti, bakal tak jogo tresno iki sampe matek."
(Saat jarak memisahkan kita, satu hal yang harus kamu tahu, aku akan menjaga cinta ini sampai mati).

6. "Sak umpamane koe iso ngrasakke kepriye rasane dadi awakku pasti koe ora bakal ngerti opo rasane, sakit lan kecewa.”
(Misalkan kamu bisa merasakan bagaimana rasanya jadi diriku pasti kamu nggak bakal ngerti apa rasanya, sakit dan kecewa).

7.  "Aku ra njaluk luweh, aku nggur njalok ojo lungo nek ati."
(Aku nggak minta banyak, aku hanya minta jangan pergi dari hati).

8. "Padahal de’e mek konco, tapi angger de’e cedak karo wong liyo. Rasane cemburu."
(Padahal dia hanya teman, tapi setiap kali dekat dengan orang lain. Rasanya cemburu).

9.  "Iso ae aku ngelalikne koe tapi kenangane kui seng susah dilaleke."
(Bisa saja aku melupakan kamu tapi kenangannya itu yang susah dilupakan).

10. "Nek enek uwong sing nglarani kowe, ojo pernah mikir dinggo mbales. Ngguwak-ngguwak tenogo, sinau ikhlas ya."
(Kalau ada orang yang sudah melukaimu, jangan pernah berpikir untuk membalasnya. Menghabiskan tenaga saja, belajarlah untuk ikhlas).

Kata-kata bucin kocak.

foto: unsplash.com

11. "Jenenge urip kui mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenenge dangdutan."
(Namanya hidup itu pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan).

12. "Kudu semangat masio gak ono sing nyemangati."
(Harus semangat walaupun tidak ada yang menyemangati).

13. "Urepmu gak duwe tujuan? Koyok wong kebelet tapi nggak nemu jedeng ae."
(Hidup tanpa tujuan seperti orang yang kebelet tapi tidak menemukan WC).

14. Abot dipikul bareng, enteng digowo bareng, nek abot loro karone dipaketno ae."
(Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, kalo sama sama berat dipaketin aja).

15. "Ojo ragu mecahno masalah, kecuali nek onok tulisan, 'Mecahno tuku'."
(Jangan ragu untuk sekedar memecahkan msalah, kecuali kalu ada tulisan 'Memecahkan berarti membeli').

16.  "Obat pahit ae marakke mari, mosok koe sing manis marakke loro."
(Obat yang pahit saja bisa bikin sembuh, masak kamu yang manis bikin sakit).

17.  "Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian."
(Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian).

18. "Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo."
(Cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur jika tidak hati-hati dibawa).

19.  "Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar."
(Aku tanpamu bagai nasi kucing hilang karetnya, hancur).

20. "Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur."
(Cintaku padamu seperti kamera, fokus di kamu saja, yang lain blur).

3 dari 3 halaman


Kata-kata bucin bijak.

foto: unsplash.com

21. "Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe."
(Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu).

22. "Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyiptaaken manungsa."
(Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia).

23. “Nek koe tenanan tresno, Ojo koe nggawe eluh banyu motone, Ojo nyakiti atine, Ojo nggawe atine loro.”
(Jika kamu benar-benar cinta padanya, Jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka).

24. “Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui.”
(Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali kali jatuh cinta pada orang yang sama).

25. "Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno."
(Banyak orang merakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta).

26. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati."
(Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati).

27. “Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike.'
(Cinta bukan perkara seberapa sering kamu mengucapkannya, tapi seberapa banyak kamu membuktikannya).

28. “Aku ora pernah ngerti opo kui tresno, kajaba sak bare ketemu karo sliramu.”
(Aku tidak pernah tau cinta itu apa, kecuali setelah bertemu denganmu).

29. “Pengenku, Aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu.”
(Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama).

30. "Aku ra njaluk luweh, aku nggur njalok ojo lungo nek ati."
(Aku nggak minta banyak, aku hanya minta jangan pergi dari hati).

Kata-kata bucin ambyar.

foto: Instagram/@kadung.cidro_

31. "Tuku bawang kleru mrico, tiwas wis sayang mung dianggep konco."
(Beli bawang salah merica, terlanjur sayang ternyata hanya dianggap sebagai teman).

32. "Saking suwe ngejomlo oleh sms teko operator langsung tak balesi ‘Entuk nomerku teko sopo?'"
(Karena terlalu lama jomlo dapat sms dari operator langsung aku balas 'dapat nomerku dari siapa'?).

33. "Es degan enak rasane, kembang melati aja dipangan. Nek arep dolanan aja ning kene, iki ati udu lapangan."
(Es degan enak rasanya, bunga melati jangan dimakan. Kalau kamu mau mainan jangan di sini, ini hati bukan lapangan).

34. "Suket teles kudanan sore, atiku ngenes mikirna kowe."
(Rumput basah kehujanan di sore hari, hatiku sakit karena memikirkan kamu terus).

35. "Kowe ngeluh etuk wong seng salah terus, coba kowe luwih peka sitik pas dicedakke karo uwong seng bener yo."
(Kamu terus mengeluh dapat orang yang salah terus, coba kamu lebih peka sedikit ketika bersama orang yang benar).

36. "Teko mung pas butuh wae, emange aku toilet umum?"
(Datang hanya ketika butuh saja, memangnya aku ini toilet umum?)

37. "Tresno kuwi pancen aneh. Contone aku tresno kowe, tapi kowe ora tresno aku."
(Cinta itu memang aneh. Contonnya aku cinta kamu, tapi kamu tidak cinta aku).

38.  "Aku sing loro ati, ngopo wong liyo sing mbok obati?."
(Aku yang sakit hati, kenapa orang lain yang kamu obati?).

39. "Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalanan ono wong liyo."
(Cinta datang karena kebiasaan, lunturnya cinta karena adanya orang lain).

40. "Raperlu sih nunjukke roso sayang seng luwih, nek suk akhire kowe nunjukke wong seng anyar seng mbok celuk sayang."
(Tidak perlu menunjukkan rasa sayang yang lebih, kalau besok pada akhirya kamu menunjukkan ada orang baru yang kamu panggil sayang).

RECOMMENDED BY EDITOR