Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki kenangan. Ya, kenangan masa lalu berisi ingatan dan kerinduan terhadap hal-hal yang sudah dilalui. Berbicara tentang kenangan, terkadang akan membangkitkan berbagai perasaan entah senang, kesal, ataupun sedih.

Untuk kenangan yang menyedihkan, mungkin mayoritas orang ingin segera melupakan dan tidak ingin mengingatnya kembali. Sementara, untuk kenangan yang membuat bahagia, rasanya ingin terus selalu diingat bahkan ingin kembali mengulang momen itu. Namun sebenarnya apa yang telah kamu capai dan lakukan kemarin, pada akhirnya sudah menjadi kenangan hari ini.

Apapun yang kamu rasakan saat mengingatnya, kata-kata bijak tentang kenangan di bawah ini mungkin mampu mewakili perasaanmu. Kata-kata bijak ini juga bisa kamu jadikan sebagai renungan diri.

Melalui kata-kata bijak tentang kenangan kita bisa bernostalgia. Kata-kata bijak tentang kenangan ini pun singkat namun berkesan. Seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/10). 

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata bijak tentang kenangan, penuh makna.

kata-kata kenangan freepik.com

foto: freepik.com

1. "Jika saatnya tiba, sedih akan menjadi tawa, perih akan menjadi cerita, kenangan akan menjadi guru, rindu akan menjadi temu, kau dan aku akan menjadi kita." - Fiersa Besari

2. "Ya, alangkah indah masa kecil yang lalu. Dan kini aku menembangkan keindahan dalam kenang-kenangan." - Pramoedya Ananta Toer

3. "Singkatnya pertemuan belum tentu dan tak selalu menghasilkan singkatnya kenangan." - Mario Teguh

4. "Saat hujan turun, semua menjelma jadi kenang. Bahkan rintiknya bukan lagi air. Tetapi rindu yang berguguran." -Ilham Gunawan

5. "Senja tak pernah salah, hanya kenangan yang membuatnya basah." - Wira Nagara

6. "Hujan dan kenangan bukan perpaduan yang sehat untuk seseorang yang sedang berjuang melupakan." - Ika Natassa

7. "Jangan membebani kenangan kita dengan kesusahan yang telah berlalu." - William Shakespeare

8. "Dengan terus melangkah, cepat atau lambat, semua beban kenangan akan tertinggal di belakang." - Tere Liye

9. "Jika kau tak kunjung datang, barangkali kau memang ditakdirkan sebatas kisah yang hanya layak tersimpan sebagai kenangan." - Boy Candra, Sebuah Usaha Melupakan

10. "Beberapa orang tinggal dalam hidupmu agar kau menghargai kenangan. Beberapa orang tinggal dalam kenangan agar kau menghargai hidupmu." - Fiersa Besari

11. "Keheningan mengapungkan kenangan, mengembalikan cinta yang hilang, menerbangkan amarah, mengulang manis keberhasilan dan indah kegagalan. Hening menjadi cermin yang membuat kita berkaca-suka atau tidak pada hasilnya." - Dewi Lestari

12. "Dahulu aku pernah menyembunyikanmu dalam bait-bait puisi, membelaimu dalam rimanya yang pasi. Dahulu." - Helvy Tiana Rosa

13. "Setiap malam aku disadarkan bahwa ujian terbesar cinta itu bukan kehilangan tapi kerinduan akan kenangan yang takkan pernah terulang."

14. "Masa lalu memang menyimpan banyak kenangan, namun itu bukan alasan untuk tidak terus melangkah ke depan."

15. "Tidak ada yang benar-benar bisa melenyapkan kenangan lalu. Kita hanya bisa menimbunnya dengan kenangan baru yang lebih besar nilainya." - Ilham Gunawan

16. "Jangan terlalu memikirkan masa lalumu, karena yang ada hanyalah kenangan."

17. "Biarkan yang lalu menjadi kenangan dan pengalaman, karena masa depan masih menanti perjuangan dan kemantapan diri kita."

18. "Derita masa lalumu itu terlalu jauh untuk menyentuhmu hari ini, tapi pengulangan kenangan dan rasa sakitnyalah yang bisa melemahkanmu." - Mario Teguh

19. "Yang indah hanya sementara, yang abadi adalah kenangan yang ikhlas hanya dari hati dan yang tulus hanya dari sanubari."

20. "Ketika hati masih menginginkan seseorang di masa lalu kembali dengan kenangan indah dulu, lihatlah bahwa hidup maju untuk masa depan."

21. "Cinta adalah keabadian dan kenangan adalah hal terindah yang pernah dimiliki."

22. "Kenangan tak sebatas ingatan semata. Di balik susah senangnya, kenangan juga sering memberikan pelajaran berharga."

23. "Dari kenangan kita bisa belajar jadi sosok yang lebih bijaksana."

24. "Kenangan itu cuma hantu di sudut pikiran. Selama kita cuma diam dan nggak berbuat apa-apa, selamanya dia akan tetap jadi hantu. Nggak akan pernah jadi kenyataan." - Dewi Lestari

25. "Sulit melupakan seseorang yang memberikanmu begitu banyak kenangan."

26. "Ketika hati masih menginginkan seseorang di masa lalu kembali dengan kenangan indah dulu, lihatlah bahwa hidup maju untuk masa depan."

27. "Kemarin kenangan dan pelajaran, hari ini tantangan yang harus terselesaikan, dan esok adalah tantangan baru untuk memulai kehidupan yang lebih baik."

28. "Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum."

29. "Yang terpenting adalah jangan pernah trauma berkepanjangan atas kenangan pahit yang pernah terjadi. Sebab itu akan mengganggumu untuk melangkah ke masa depan."

30. "Kenangan bahagia dan sedih terkadang bisa jadi satu hal yang patut kita syukuri."

31. "Keheningan mengingatkanku dengan semua kenangan manis bersamamu. Rasanya ingin ku ulang kembali."

32. "Dahulu aku pernah menyembunyikanmu dalam bait-bait puisi, membelaimu dalam rimanya yang pasi. Dahulu."

33. "Setiap malam aku disadarkan bahwa ujian terbesar cinta itu bukan kehilangan, tapi kerinduan akan kenangan yang takkan pernah terulang."

34. "Yang saya suka tentang foto adalah foto menangkap momen yang hilang selamanya, mustahil untuk direproduksi."

35. "Tidak ada yang benar-benar bisa melenyapkan kenangan lalu. Kita hanya bisa menimbunnya dengan kenangan baru yang lebih besar nilainya."

36. "Bagian terburuk dari menyimpan ingatan bukanlah rasa sakitnya. Itu kesepian. Kenangan perlu dibagikan. "

37. "Saya tahu bahwa mengingat kembali air mata akan membuat saya tertawa, tetapi saya tidak pernah tahu bahwa melihat ke belakang pada tawa itu akan membuat saya menangis."

38. "Hidup ini lebih pendek, jalani saja. Cinta itu langka, raihlah. Kemarahan itu buruk, buang saja. Ketakutan itu mengerikan, hadapilah. Kenangan itu manis, hargai itu."

39. "Kita tidak pernah menyadari nilai sesuatu dalam hidup kita sampai itu menjadi kenangan."

40. "Kenangan manis dalam hidupku yang dihabiskan bersamamu adalah yang terbaik. Mereka membuatku tersenyum tidak peduli apa yang terjadi dalam hidupku sekarang."

41. "Ketika seseorang yang kamu cintai menjadi kenangan, kenangan itu menjadi harta karun."

42. "Di beberapa bagian kehidupan atau lainnya, kita semua menjadi kenangan bagi orang lain. Jadi, pastikan kamu menjadi yang terbaik."

43. "Sebuah gambar bisa bermakna ribuan kata, tapi kenangan itu tak ternilai harganya."

44. "Kematian meninggalkan sakit hati yang tidak dapat disembuhkan oleh siapa pun, cinta meninggalkan kenangan yang tidak dapat dicuri siapa pun."

45. "Buat kenangan di hati orang-orang karena kenanganmu akan menjadi satu-satunya yang tersisa darimu saat kamu pergi."

46. "Hujan dan kenangan bukan perpaduan yang sehat untuk seseorang yang sedang berjuang melupakan."

47. "Jangan membebani kenangan kita dengan kesusahan yang telah berlalu."

48. "Dengan terus melangkah, cepat atau lambat, semua beban kenangan akan tertinggal di belakang."

49. "Jika kau tak kunjung datang, barangkali kau memang ditakdirkan sebatas kisah yang hanya layak tersimpan sebagai kenangan."

50. "Beberapa orang tinggal dalam hidupmu agar kau menghargai kenangan. Beberapa orang tinggal dalam kenangan agar kau menghargai hidupmu."

Kata-kata bijak tentang kenangan sebagai renungan.

kata-kata kenangan freepik.com

foto: freepik.com

51. "Kemarin kenangan dan pelajaran, hari ini tantangan yang harus terselesaikan dan esok adalah tantangan baru untuk memulai kehidupan yang lebih baik."

52. "Masa lalu boleh kita kenang dengan satu syarat, kenangan tersebut bisa memberdayakan kita, bukan menjatuhkan kita!"

53. "Yang berlalu jangan hanya dijadikan kenangan, tapi juga jadi pelajaran."

54. "Aku rindu pada masa kecil di mana semua begitu sederhana. Saat terjatuh, hanya kaki dan lutut yang terluka, bukan hati."

55. "Hidup tak selamanya indah, tapi yang indah itu tetap hidup dalam kenangan."

56. "Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum."

57. "Hal yang mungkin bisa membuatmu belajar, yaitu kenangan, kesedihan hati, dan kegagalan."

58. "Kenangan tetap selamanya, mereka tidak pernah mati. Teman sejati selamanya, tidak pernah mengucapkan selamat tinggal."

59. "Kita mungkin bisa bersahabat kelak, bila semua kenangan pahit itu telah menjadi nostalgia." - Alexandra Ripley

60. "Jangan menggendong kenangan pahit terus-menerus jika derita ingin digerus."

61. "Bersyukurlah karena Tuhan memberikan kenangan, karena itulah kita juga bisa belajar tuk dapat lebih dewasa karenanya."

62. "Kenangan tetap ada tapi jangan terfokus di sana. Hidup kita bukan untuk kenangan, tapi buat masa depan. Tetap semangat!"

63. "Kemarin adalah kenangan, esok adalah apa yang akan dicapai, hari ini adalah kenyataan yang harus dijalani dengan sebaik-baiknya."

64. "Kenangan pahit biasanya adalah obat, jadikan pelajaran. Kenangan manis bisa menjadi racun. Menghanyutkan. Maka, berhati-hatilah."

65. "Pagi menjadi kenangan bukan karena pagi, tapi karena bersama siapa kita di pagi itu."

66. "Cinta memang memberikan kenangan indah, tapi cinta juga memberikan luka yang akan selalu menjadi kenangan."

67. "Kebahagiaan adalah seni bagaimana melepaskan kenangan pahit yang telah menjadi masa lalu di pikiran kamu."

68. "Biarkan kenangan lamamu berlalu, jangan biarkan bertumpuk di pikiranmu, pikirkan masa depanmu dengan hal-hal yang baru."

69. "Saat hujan turun, semua menjelma jadi kenang. Bahkan rintiknya bukan lagi air. Tetapi, rindu yang berguguran."

70. "Senja tak pernah salah, hanya kenangan yang membuatnya basah."

71. "Tidak ada yang benar-benar bisa melenyapkan kenangan lalu. Kita hanya bisa menimbunnya dengan kenangan baru yang lebih besar nilainya." - Ilham Gunawan

72. "Biarkan yang lalu menjadi kenangan dan pengalaman, karena masa depan masih menanti perjuangan dan kemantapan diri kita."

73. "Masa lalu adalah kenangan terbaik yang membawamu dalam kemenangan."

74. "Masa lalu tak hanya memberikan kenangan, namun juga mengenalkanmu akan makna kehidupan."

75. "Berterimakasihlah pada masa lalu karenanya kamu bisa lebih memahami apa yang harus kau hindari."

76. "Masa lalu mengajarkan arti untuk memahami, mengikhlaskan, dan melaju menuju masa depan."

77. "Setiap dari kita adalah masa lalu bagi orang lain."

78. "Jangan ragu untuk menengok masa lalu, di situlah kau belajar akan arti kehidupan."

79. "Setiap hari adalah calon masa lalu di masa depan. Baik atau buruk akhir dari perjalanan itu bergantung pada sikapmu."

80. "Kenangan pahit mengenalkanmu pada cara untuk bekerja keras dan lebih bersyukur."

81. "Kemarin kenangan dan pelajaran, hari ini tantangan yang harus terselesaikan dan esok adalah tantangan baru untuk memulai kehidupan yang lebih baik."

82. "Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum."

83. "Istirahatlah ketika kau merasa lelah karena hidup tak hanya tentang hari kemarin, namun juga untuk hari ini dan esok."

84. "Berterimakasihlah pada masa lalu, ia mempertemukanmu pada seseorang yang pernah berarti dalam hidupmu."

85. "Hal yang mungkin bisa membuatmu belajar, yaitu kenangan, kesedihan hati, dan kegagalan."

86. "Kita hanya perlu jeda untuk tidak lagi merasakan luka."

87. "Untuk bisa bersama perlu keteguhan yang luar biasa dari sebelumnya. Jadi, jangan jadikan perpisahanmu adalah sebuah akhir dari segala bentuk pelayaran, tapi jadikan ia sebagai awal kisah baru yang lebih indah dari sebelumnya."

88. "Waktu akan terus berlalu, meski duniamu tak mengizinkan itu. Tapi, Tuhan punya rencananya sendiri. Jangan terlalu meratapi sebuah kata pisah karena sebabnya akan ada sapaan yang datang dan akan lebih indah."

89. "Coba belajarlah kepada senja karena dia mengajarkan bahwa sesuatu yang terlihat indah sebagian hanya sementara, karena tak ada yang abadi."

90. "Cinta yang tak mungkin kembali adalah kesakitan abadi, yang mungkin butuh waktu lama untuk penyembuhan. Sebagaimana rindu yang tak kunjung temu, meski bagaimanapun caranya hanya akan melukis duka."

91. "Perpisahaan selalu mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik bersama orang yang kita cintai adalah anugerah yang tidak boleh kita sia-siakan."

92. "Kita memang tak lagi sejalan, namun kenangan kita yang takkan mungkin bisa terlupa. Kenangan itulah yang membuatku masih merindukanmu sampai saat ini."

93. "Kisah kita dahulu memang benar-benar tak akan bisa terlupakan, kan selalu ku ingat dan ku kenang, meski luka makin terasa sakit saat mengenangnya."

94. "Mungkin tak sulit melupakan orang yang pernah tertawa bersama kita. Tapi, sulit rasanya melupakan orang yang pernah menangis bersama kita."

95. "Nikmati nyanyian pagi sendu ini. Mari kembali ke masa yang hanya bisa kita kenang itu dengan menumpang rindu." - Rohmatikal Maskur

96. "Keindahannya ada dalam kenang-kenangan." - Pramoedya Ananta Toer

97. "Kenang-kenangan. Betapa satu kata bisa mengubah mood dalam sekejap mata. Kata itu seperti pisau yang menikam jantungku, membuatnya berhenti berdetak, dan otakku pun berhenti memikirkan hal lain." - Ifnur Hikmah

98. "Tetap tenang. Lanjutkan tujuan. Jalan masih panjang. Dia hanya ingin diingat sebatas kenang." - Boy Candra

99. "Senja yang retak. Kapal-kapal berlayar membawa kenangan. Airmatamu menjelma puisi paling duri, paling angin." - Helvy Tiana Rosa

100. "Waktupun mengurai tetesan hujan menjadi bulir-bulir kenangan. Ia menelusuk tanpa permisi menuju nurani." - Wira Nagara

101. "Kejadian hari ini adalah kenangan di hari esok."

102. "Musim dingin sudah pasti dingin untuk mereka yang tidak punya kenangan yang hangat."

103. "Saat kita kehilangan orang yang kita cintai, air mata yang jatuh memanggil kenangan tentang waktu di saat kita saling mencintai, yang selalu terasa kurang."

104. "Berpisah selalu menitikkan air mata, kenangan baik dan buruk takkan terlupa dan kata-kata tak pernah bisa menggantikan rasa."

105. "Sulit tuk ucapkan selamat tinggal pada dia yang kamu cinta, tapi lebih sulit lagi ketika kenangan bersamanya tak hilang begitu saja."

106. "Dia telah temukan bahagia dengan pacar baru, dan kamu masih aja terjebak dalam kenangan masa lalu."

107. "Segala sesuatu memiliki saat dan tempat tersendiri. Dan terkadang, harapan hanya akan menjadi kenangan, tanpa kenyataan."

108. "Apapun yang kamu lakukan, suatu hari akan menjadi kenangan seseorang. Berikan yang terbaik hingga kamu pantas menjadi orang yang pantas dikenang."

109. "Kadang, meskipun kamu yakin telah melupakannya, sebuah lagu mampu membawa semua kenangan indah bersamanya kembali ke pikiranmu."

110. "Lupakan kenangan burukmu, karena itulah cara paling sederhana tuk tetap bahagia. Hidup terlalu singkat tuk dihiasi dengan kesedihan."

111. "Kenangan tak pernah berubah, meski dia yang di dalamnya berubah. Tak peduli betapa indahnya, jangan biarkan dirimu terus mengingatnya."

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR