Manusia pasti tidak lepas dari apa yang namanya kesedihan. Baik itu sedih karena kehilangan seseorang yang disayangi, sedih karena mengalami penyakit, maupun sedih karena berbagai masalah dan kesulitan hidup yang dialami.

Kesedihan dapat membuat pikiran gundah. Ini merupakan hal wajar. Bahkan, kesedihan senantiasa juga melekat pada hati orang-orang yang bertakwa. Namun, kesedihan yang berlarut-larut juga patut diwaspadai. Pasalnya hal tersebut dapat mengganggu kelancaran aktivitas, bahkan malah menimbulkan masalah baru. Nah, jangan sampai ya kamu terpuruk karenanya.

Terus berusaha dan berdoa, serta memasrahkan segala yang terjadi pada Allah SWT. Agar bisa mengatasi perasaan sedih yang tak keruan, kata-kata bijak Islami tentang kesedihan ini mungkin bisa membuat hati menjadi tenang. Sehingga kamu dapat menyelami makna kehidupan ini dan terus bersemangat.

Berikut kumpulan kata bijak Islami tentang kesedihan, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, pada Senin (13/3)

Kata-kata bijak Islami tentang kesedihan, penuh makna.

bijak Islami tentang kesedihan © 2023 brilio.net

bijak Islami tentang kesedihan
Instagram/@videodakwahislamiid

1. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya." - HR Bukhari dan Muslim

2. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS. At-Taubah: 40

3. "Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula bersedih hati."

4. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." - Ali Bin Abi Thalib

5. "Ketika kamu merasa sendiri di dunia ini dan tidak ada seorang pun yang mengerti kesedihanmu, ingatlah, di mana pun kamu berada, Allah Maha Tahu."

6. "Kesedihan akan lenyap ketika kita menyadari bahwa masa depan ada di tangan Allah."

7. "Jangan kamu kehilangan harapan, dan jangan pula kamu bersedih hati." – QS. Ali Imran: 13

8. "Obat untuk menyembuhkan kesedihan; tingkatkan kualitas salatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan Alquran, bersyukurlah atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, renungkanlah alam semesta. -Mufti Ismail Menk

9. "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - QS. Al-Insyirah: 5-6

10. "Saat kamu merasakan kesedihan, itu berarti hati sedang menyuruhmu untuk menemukan Allah.

11. "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." - QS. Yusuf: 86

12. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah, dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah." - Dr. Bilal Philips

13. "Terkadang, dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui arti kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan, dan kehilangan untuk menghargai kehadiran.

14. "Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami."

15. "Ketahuilah bahwa sabar diibaratkan kepala dari tubuh seseorang. Jika kepalanya hilang, maka keseluruhan tubuh orang tersebut akan membusuk (mati). Sama halnya dengan jika kesabaran seseorang telah hilang, maka semuanya akan rusak." - Ali bin Abi Thalib.

16. "Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia." - Mufti Ismail Menk

17. "Allah memberimu kehidupan yang indah, maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu."

18. "Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS. Al-Baqarah: 286

19. "Salah satu tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati, karena depresi membuat seseorang tidak berdaya."

20. "Ciri kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika sedang diuji dan jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat."