Hari Jumat memiliki makna yang istimewa dalam Islam. Di dalam Al-Qur'an, hari Jumat adalah hari yang diangkat tinggi oleh Allah SWT. Selain itu, Rasulullah SAW memberikan penghargaan yang besar kepada hari Jumat.

Dalam hadis, Rasulullah menyebut Jumat sebagai "Sayyidul Ayyam" yang berarti raja dari semua hari. Jumat juga merupakan kesempatan besar bagi umat Islam untuk mendapatkan berkah dan ampunan Allah SWT.

Untukmu yang Muslim, dianjurkan untukmu memperbanyak dzikir dan shalawat pada hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda bahwa shalawat yang dilakukan pada hari Jumat akan menjadi pemberat kebaikan di hari kiamat. Dengan melakukan dzikir dan shalawat, kita dapat membersihkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hari Jumat juga menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk mendengarkan khutbah Jumat dan menyerap pelajaran yang disampaikan oleh sang khotib. Khutbah Jumat mengandung nasihat, peringatan, dan pengajaran yang dapat membimbing umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran Islam.

Saking istimewanya hari Jumat, banyak orang terinspirasi untuk membuat kata-kata bijak tentang hari Jumat. Nah, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (21/2), ini dia 100 kata-kata bijak Islami tentang hari Jumat, penuh hikmah bikin hidup lebih berkah.

Kata-kata bijak Islami tentang hari Jumat, penuh nasihat

Ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan pada hari Jumat. Misalnya mandi Jumat, sedekah, membaca Al-Kahfi, membaca shalawat, dan lainnya.

1. "Jumat, di dalamnya terdapat waktu, jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang dia minta."

2. "Banyak orang yang memiliki semangat. Namun sayang, beberapa saja perilakunya yang bermanfaat."

3. "Jangan pernah mengabaikan apa yang hatimu inginkan. Karena itu akan kembali lagi nantinya. Hematlah waktumu untuk mendengarkan isi hati."

4. "Orang yang memberi saran kepada orang lain tapi tidak memperbaiki diri sendiri, ibarat lilin yang menerangi tapi hancur."

5. "Jumat barokah, jangan lupa banyak berdoa, banyak sedekah dan banyak tersenyum."

6. "Ya Allah lancarkan semua urusanku, permudahkanlah rezeki ku, limpahkanlah rahmat untukku dan orang di sekelilingku."

7. "Tidak ada hal yang paling indah selain mendekatkan diri pada sang pencipta."

8. "Karena niat itu tidak terlihat. Maka perbaikilah tingkah laku kita, supaya orang paham bahwa niat kita benar-benar baik."

9. "Jumat berkah. Perbaiki ibadahmu, maka Allah akan memperbaiki rezekimu."

10. "Penyesalan yang semakin dalam bisa membuat setiap orang tidak segera bangkit menuju fase hidup selanjutnya. Jangan biarkan Kamu didikte oleh rasa bersalah. Semangat perubahan menuju yang lebih baik adalah ruh kemajuan."

11. "Hari Jumat bisa kamu jalani dengan kegiatan positif yang mengundang pahala."

12. "Lupakan aktivitasmu sejenak. Sekarang waktunya menghadap kiblat. Lelaki sejati semangat berangkat salat Jumat."

13. "Teruslah berbuat baik meskipun melelahkan. Karena lelahnya akan hilang namun pahalanya akan terus mengalir. Salam Jumat barokah."

14. "Selamat hari Jumat. Semoga dipermudah urusan kita hari ini. Dibukakan pintu rezeki dan segala pintu kebaikan buat kita semua. Amin."

15. "Jumat- Hari yang penuh nikmat. Semoga hari ini selalu dipenuhi dengan rahmat."

16. "Untuk semua sedekah yang kamu keluarkan di hari Jumat, semoga mendapatkan keberkahan yang berlimpah."

17. "Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang paling bermanfaat bagi orang lain. Buah dari kecerobohan itu adalah sesal. Buah dari ketelitian adalah selamat. Jumat Mubarak."

18. "Perbanyaklah mengingat sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu kematian."

19. "Selamat hari Jumat berkah. Jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dengan ibadah. Semoga semua doa-doamu segera Allah ijabah."

20. "Mari lakukan kebaikan di hari yang penuh berkah ini."