Brilio.net - Kehadiran anak memang menjadi kebahagian bagi setiap pasangan. Tak hanya sebagai pelengkap keluarga, anak juga merupakan amanah yang harus dijaga. Membesarkan anak pun tak bisa sembarangan. Perkara mendidik anak haruslah dipahami oleh setiap orang tua.

Dalam Islam, persoalan mendidik anak sudah banyak disinggung dalam Alquran maupun hadits. Kisah-kisah terdahulu dari para Nabi dan sahabat pun bisa menjadi pelajaran berharga.

Misalkan saja kisah Luqman yang melarang anaknya menyekutukan Allah. Atau pernyataan Ali bin Abi Thalib tentang mendidik anak sesuai zamannya.

Nah, kata-kata bijak Islami ini mungkin bisa menjadi panduan sekaligus nasihat bagi orangtua. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (20/3), berikut empat puluh kata-kata bijak Islami tentang anak yang edukatif dan bermakna.

Kata-kata bijak Islami tentang anak untuk para orangtua.

Loading...

 40 Kata-kata bijak Islami tentang anak, edukatif dan bermakna © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@galleri_fashion_muslim

1. "Ajari anak-anakmu membaca surat Al-Fatihah sebelum orang lain mengajarkannya banyak hal. Karena itu akan menjadi bagian dari shalat di sepanjang hidup mereka."

2. "Anak-anak itu amanah, hanya boleh dididik sesuai keinginan yang menitipkan, bukan sesuai hawa nafsu kita."

3. "Anak-anak jauh lebih membutuhkan kehadiranmu daripada sekadar hadiah darimu."

4. "Anak-anak menginginkan waktumu lebih dari segalanya. Bermainlah bersama mereka, ajari mereka, dan sayangi mereka. Karena mereka adalah amanah dari Tuhanmu."

5. "Jangan katakan kepada anakmu: Berangkatlah untuk salat, kalau tidak, kamu akan masuk neraka.' Tapi katakan padanya : Ayo berangkat salat bersama, supaya kita bisa masuk surga bersama-sama"

6. "Anakmu akan mengikuti atau meniru tingkah lakumu, bukan nasehatmu."

7. "Bukan tentang apa yang kamu tinggalkan untuk anak-anakmu, melainkan apa yang kamu tinggalkan dalam diri anak-anakmu."

8. "Didiklah anak untuk mengenal dan mencintai Allah. Karena anak adalah amanah, dan setiap amanah akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak."

9. "Tak ada kata terlalu dini untuk menerapkan syariat, karena jika terlambat kelak penyesalan yang didapat."

10. "Lebih baik berpayah-payah mendidik mereka selagi belia, daripada setan yang lebih dahulu merenggut hatinya, atau pergaulan yang buruk merantainya jauh dari kita."

11. "Semua anak adalah baik. Karena Allah telah menginstal di dalam dirinya fitrah yang lurus."

12. "Sering-seringlah berkata sayang dan cinta kepada anak. Karena dengan ucapan cinta yang tulus, anak akan merasa kehadirannya benar-benar didambakan, dan insyaallah dia akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, sebab semua kebutuhan jiwanya terpenuhi."

13. "Cara terbaik untuk mendidik anak adalah melalui kepribadian terbaik dari orangtua. Karena anak akan mencontoh banyak hal dari orangtuanya."

Kata-kata bijak Islami dari tokoh Islam.

 40 Kata-kata bijak Islami tentang anak, edukatif dan bermakna © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@istricantikqu

14. "Ajarkanlah Alquran kepada anak-anakmu, maka Alquran akan mengajarkan segalanya kepada mereka." (Dr. Bilal Philips)

15. "Bacakan untuknya Alquran, ajarkan sejarah, untaian syair-syair dan ajarkan sunnah." (Harun Ar Rasyid)

16. "Bersabar dalam mendidik anak-anak kita adalah sebuah amal ibadah." (Mufti Ismail Menk)

17. "Di antara bentuk adab dan cara pendidikan kepada anak kecil adalah jika ia menangis maka hendaklah dibiarkan (dia menangis) beberapa saat agar ia bisa tenang, karena ia sedang mengeluarkan apa yang ada di dalam hatinya. Akan tetapi jika engkau langsung mendiamkannya maka ia akan tertekan dan dirinya merasa dikekang." (Ibnu Utsaimin, Syarhul Mumti’)

18. "Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil. Karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya, belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan." (Hamka)

19. "Jangan membesarkan anak-anak supaya mereka menghasilkan rezeki untukmu. Akan tetapi besarkan mereka untuk beribadah kepada Allah, maka rezeki pun akan datang mengikuti." (Ibnu Utsaimin)

20. "Jangan paksa anakmu untuk menjadi seperti dirimu, karena mereka tidak terlahir di zamanmu." (Ali bin Abi Thalib)

21. "Jangan pergi di waktu luangnya, sehingga dia merasakan manisnya waktu kosong dan membuatnya terbiasa dengannya". (Harun Ar Rasyid)

22. "Jika suatu saat kelak kamu tidak lagi mendengar bunyi bising dan gelak tertawa anak-anak riang di antara shaf-shaf shalat di masjid-masjid, maka sesungguhnya takutlah kalian akan kejatuhan generasi muda kalian di masa itu." (Sultan Muhammad al-Fatih)

23. "Kemampuan orangtua mendidik anak ada batasnya. Sedangkan pintu pertolongan Allah tiada terbatas. Maka iringi proses mendidik anak dengan doa." (Aa Gym)

24. "Ketika aku melampiaskan amarah pada anak-anak, aku khawatir itu yang terakhir mereka ingat." (Felix Siauw)

25. "Manusia yang paling utama mendapatkan kebaikanmu dan paling berhak mendapatkan perbuatan baikmu adalah anak-anakmu. Karena sesungguhnya mereka adalah amanah yang Allah letakkan di sisimu." (Abdurrahman As-Sa’dy)

26. "Mendidik anak itu adalah ibadah. Jangan sampai keluar dari tulang sulbi Anda orang yang tidak shalat." (Syaikh Dr Abdul Malik Al Qasim Hafidhaullah)

27. "Aku meninggalkan anak-anakku seolah-olah tak kan bertemu lagi." (Felix Siauw)

28. "Barangsiapa yang dengan sengaja tidak mengajarkan hal-hal yang bermanfaat kepada anaknya dan membiarkannya begitu saja, berarti ia telah mendurhakai anaknya." (Ibnu Qayyim al-Jauziyah)

29. "Anak-anak bukanlah buku mewarnai. Anda tidak bisa mengisinya dengan warna favorit Anda." (Khaled Hosseini)

30. "Kebanyakan kerusakan anak disebabkan karena orang tuanya, mereka menelantarkannya dan tidak mengajarkan anak ilmu dasar-dasar wajib agama dan sunnah-sunnahnya. Mereka menyia-nyiakan anak-anak dimasa kecil mereka." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

Kata-kata bijak Islami dari Alquran dan Hadits.

 40 Kata-kata bijak Islami tentang anak, edukatif dan bermakna © 2020 brilio.net

foto: shahaja.putri_books

31. "Hai Anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar" (QS. Luqman)

32. "Kata kunci dalam pendidikan anak adalah memilihkan teman dan lingkungan yang baik. Siapa memiliki anak kecil, hendaklah ia bercanda dan bermain dengan mereka." (HR. Ad-Dailami)

33. "Perintahlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka." (HR. Ahmad).

34. "Seseorang itu akan mengikuti agama teman dekatnya (lingkungan pergaulannya). Oleh karena itu, hendaknya kalian siapakah yang kalian(anakmu)jadikan sebagai teman dekat.” (HR. Abu Daud)

35. "Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar." (QS. Al-Anfal: 28)

36. "Siapa memiliki anak kecil, hendaklah ia bercanda dan bermain dengan mereka." (HR. Ad-Dailami)

37. "Sungguh di dalam surga itu ada rumah yang disebut rumah kebahagiaan yang tidak dimasuki kecuali orang yang membahagiakan anak-anak kecil." (HR. Aisyah)

38. "Tidak ada pemberian orangtua yang paling berharga kepada anaknya daripada pendidikan akhlak mulia." (HR. Bukhari)

39. "Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik." (HR. At-Tirmidzi)

40. "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan yang menyejukkan hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (Q.S Al-Furqan: 74)

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR