Brilio.net - Setiap muslim mendambakan punya rumah tangga yang bisa mendapatkan ridho Allah SWT. Namun tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula dengan dua insan suami istri. Biduk rumah tangga yang dijaga dengan tuntunan agama, tetap tak bisa lepas dari yang namanya cobaan.

Berbagai rintangan dan persoalan silih berganti menerpa rumah tangga. Karena semua orang punya kelebihan dan keruangan masing-masing, sama halnya dengan sepasang suami istri. Agar masalah dapat terpecahkan dengan baik, harus ada pengertian dan sikap saling mengasihi satu sama lain.

Jangan biarkan hubungan cinta hancur begitu saja, teruslah dekatkan diri pada Allah. Pernikahan bukan sekadar mengucap janji di depan penghulu dan para saksi, tapi ikrar suci sebagai bentuk ketaatan pada Allah.

Simak kumpulan kata-kata bijak Islami suami istri agar hubungan rumah tangga makin hangat dan harmonis. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (18/12).

Kata-kata bijak Islami suami istri, cocok sebagai renungan. 

bijak Islami suami istri ©Instagram

Loading...

foto: Instagram/@vielyea

Menaati perintah dan menjauhi larangan Allah, hubungan suami istri akan berakhir indah. Berjalan bersama di jalan Allah agar mendapatkan petunjuk.

1. "Jika pasanganmu marah, kamu harus tenang. Jika yang satu adalah api, yang lainnya haruslah air."

2. "Kamu tak akan pernah menemukan kebahagiaan, jika kamu terus mengisi hatimu dengan penuh kesedihan."

3. "Satu di antara jalan terindah untuk beribadah kepada Allah adalah melalui pernikahan."

4. "Istri yang paling beruntung adalah ia yang dikaruniai Allah seorang suami yang penyabar dan penyayang, penuh kehangatan dan kelembutan, suka menolong, dan berhati tulus."

5. "Saat seorang pria mengatakan 'saya terima' dalam sebuah akad pernikahan, maka itu berarti ia mengatakan 'bahwa saya menerima tanggung jawab untuk melayani, mencintai, dan melindunginya'."

6. "Cinta kita adalah cinta yang terbaik karena engkau telah membuat imanku meningkat, juga membantuku di dunia ini. Karena itulah, aku ingin berjumpa kembali denganmu di surga."

7. "Ucapkanlah kata-kata yang dapat menyentuh hati dan membuat istrimu bahagia."

8. "Istri shalihah adalah dia yang tak pernah menunjukkan kecantikan dan keindahan tubuhnya selain di depan suaminya sendiri."

9. "Cinta bukanlah hal yang kau cari. Tapi cinta adalah sesuatu yang menemukanmu."

10. "Seorang pria mendambakan sosok istri yang sempurna, seorang perempuan juga memimpikan sosok suami yang sempurna. Namun, keduanya tidak menyadari bahwa mereka diciptakan untuk saling menyempurnakan."

11. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, karena ia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab yang amat besar."

12. "Hargai istrimu sebagaimana engkau menghargai ibumu. Sebab, istrimu juga seorang ibu dari anak-anakmu."

13. "Apabila istrimu tidak sengaja melakukan kesalahan, bukakanlah pintu maaf yang seluas-luasnya."

14. "Semahal apapun harga sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu seorang suami untuk bersandar."

15. "Cinta yang terjadi karena Allah tidak akan pernah berakhir."

16. "Kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia. Kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini."

17. "Tertawa, bermain dan bercandalah dengan istrimu. Karena itu adalah sunah."

18. "Cinta kita adalah cinta terbaik. Sebab kau membuat imanku naik. Kau menolongku di dunia dan atas alasan itu, aku ingin menemuimu lagi di jannah nanti."

19. "Istrimu adalah pasanganmu, bukan pembantumu."

20. "Kritik bukanlah solusi untuk semua permasalahan. Justru cara seperti ini dapat menghilangkan kebahagiaan seorang istri dan membuatnya benci pada suami."

Kata-kata bijak Islami suami istri, bikin hubungan tambah harmonis. 

bijak Islami suami istri ©Instagram

foto: Instagram/@anaksholehnet

Menyatukan dua kepala jadi satu itu tidaklah mudah. Tidak hanya membutuhkan cinta, suami istri juga butuh iman dan pendidikan agama.

21. "Jika kalian ingin mendapatkan kedudukan di hati istri kalian, perbaikilah akhlak kalian."

22. "Pernikahan yang sukses bukanlah saat kamu bisa menjalani hidup dengan damai bersama istrimu, melainkan saat kamu tidak dapat menjalani hidup dengan damai tanpanya."

23. "Suamiku mungkin tidak sempurna, tapi dia sangat sempurna di mataku."

24. "Sakinah, mawaddah, dan rahmah tidak muncul dengan sendirinya, tetapi harus diusahakan bersama istri."

25. "Laranglah istrimu bergaul dengan wanita fasik, karena perangai buruk bisa cepat menular ke orang lain."

26. "Ketika suami istri saling memandang satu sama lain dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka Allah memandang keduanya dengan tatapan kasih sayang."

27. "Apapun hal yang kau habiskan bersama keluargamu, nanti akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan dengan sepotong makanan yang kau suapkan ke mulut istrimu."

28. "Bagi muslim, adalah kewajiban suami untuk berpendidikan agama yang baik dan memastikan bahwa istrinya juga menerima pendidikan agama dengan baik."

29. "Wanita itu ibarat bunga, mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan penuh kasih sayang."

30. "Jantung rumah adalah seorang istri. Jika hati istrimu tidak bahagia maka seisi rumah pun akan tidak bahagia."

31. "Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya."

32. "Hargai pendapat istri dan laksanakanlah bila pendapatnya baik."

33. "Tugasmu bukan sekadar mencari cinta, tapi mencari semua penghalang dalam diri untuk melawannya."

34. "Jangan biarkan cintamu menjadi keterikatan, atau kebencianmu menjadi kehancuran."

35. "Cinta sebenarnya yang sejati tidak akan berakhir dengan kematian. Jika Allah menghendaki, itu akan berlanjut nanti di surga-Nya."

36. "Seorang suami yang baik akan menyeka air mata istrinya, tapi suami yang hebat akan mendengarkan dengan baik cerita istrinya yang membuatnya menangis."

37. "Kalau suamimu marah, kau harus tenang. Saat yang satu menjadi api, yang lainnya harus menjadi air."

38. "Pasangan suami istri harus berperan seperti dua sayap pada seekor burung yang sama. Keduanya harus bekerja sama atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai ke permukaan."

39. "Saat pasangan suami istri berdoa bersama-sama, mereka sesungguhnya sedang berbagi keintiman yang tidak dapat diciptakan dengan cara apa pun. Itu adalah perasaan yang luar biasa."

40. "Setiap perempuan yang meninggal dan suaminya ridho atasnya, maka ia akan memasuki jannah."

RECOMMENDED BY EDITOR