Brilio.net - Ketika kamu jenuh dan pusing dengan semua masalah hidup, kamu bisa mencari penyemangat hidup. Salah satunya dengan kata bijak yang bisa jadi inspirasi dan motivasi. Melalui kata-kata bijak pula, kamu bisa mengambil sisi positifnya dan dorongan semangat.

Tentunya kata-kata bijak itu bisa kamu baca kapan saja. Apalagi zaman sekarang mudah menemukan kata-kata bijak di jejaring internet. Kamu pun bebas mencari kata bijak mengenai sesuatu hal seperti terkait cita-cita, cinta, sahabat, keluarga, dan lain-lain.

Nah, selain menggunakan bahasa Indonesia, kata-kata bijak jadir dalam bahasa Jawa, serta Inggris, kamu bisa memakai bahasa Sunda. Bahasa Sunda biasa dipakai hampir seluruh provinsi Jawa Barat. Berdialek dan intonasi khasnya menambah daya tarik tersendiri bahasa Sunda.

Berikut kumpulan kata-kata bijak bahasa Sunda, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (10/3).

 

Kata-kata bijak bahasa Sunda dan artinya.

Kata bijak bahasa Sunda © pixabay.com

foto: pixabay.com

Manusia dilahirkan untuk berjuang melewati semua masalah. Boleh istirahat, tapi jangan menyerah dan berhenti berjuang.

1. "Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

2. "Asih henteu dumasar kana penampilan alus, kaéndahan raray anjeun, kabeungharan anjeun sareng karya anjeun." (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu)

3. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)

5. "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana."(Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya)

6. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor." (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda)

7. "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.)

8. "Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!" (Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup)

9. "Gusti moal sare." (Tuhan tidak pernah tidur)

10. "Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi." (Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga)

11. "Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih." (Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut)

12. "Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh." (Harus saling mencintai, memberi nasihat, dan mengayomi.)

13. "Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit)

14. "Terkadang pami cinta geus melekat, tai ucing oge karasa nikmat siga cokelat." (Terkadang kalau cinta sudah melekat, tahi kucing pun terasa nikmat ibarat cokelat)

15. "Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu)

16. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalan-Nya)

17. "Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang." (Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak memmpunyai makanan sama sekali)

18. "Bobot pangayun timbang taraju." (Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu)

19. "Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana." (Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat kalian bisa menahannya)

20. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya)

 

Kata-kata bijak bahasa Sunda, bisa jadi motivasi.

Kata bijak bahasa Sunda © pixabay.com

foto: pixabay.com

Gagal itu bukan akhir dari semuanya. Jadikan semua kegagalan itu untuk bisa lebih tegar dan introspeksi.

21. "Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat." (Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat
dan banyak jerawat)

22. "Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok." (Harus punya tekad dan semangat yang pantang mundur)

23. "Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing." (Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam)

24. "Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng." (Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai, daripada hal-hal yang abadi)

25. "Mun geus johnamah moal kamana ieuh." (Kalau sudah jodoh tidak bakal lari ke mana)

26. "Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina." (Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa)

27. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah." (Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah)

28. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean." (Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan)

29. "Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan." (Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan)

30. "Kalakuan ngukur baju sasereg awak." (Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja)

31. "Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna." (Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung)

32. "Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun." (Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu)

33. "Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seuéur cara. Sedéngkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seuéur téuing alésan." (Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan.)

34. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari di konci setang mah." (Jangan dulu sombong kalau belum bisa balap motor sambil di kunci setang)

35. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a sarta ditutup ku rasa sukur." (Hidup ini harus diawali dengan doa dan ditutup dengan rasa syukur)

36. "Mulai sekaran, abdi mau nambulan semen biar strong." (Mulai sekarang aku mau ngemil semen biar kuat)

37. "Kudu hade gogod hade tagog." (Kita harus menjaga tingkah laku diri yang baik)

38. "Paradaban sareng elmu sami pentingna pikeun ngudag kahirupan dunya." (Adab maupun ilmu sama pentingnya untuk mengejar kehidupan dunia)

39. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar." (Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris)

40. "Dina mikacinta, lamun aya hiji perkawis anu lepat, mending dipilarian jalan kanggo ngabenerkeunana, tibatan sibuk milarian saha bae anu kedah di salahkeun." (Dalam percintaan, kalau ada sesuatu yang salah, lebih baik mencari jalan untuk memperbaikinya daripada sibuk mencari siapa yang harus disalahkan)

Kata-kata bijak lucu bahasa Sunda tentang kehidupan.

bijak bahasa Sunda © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@sunda_santuy_id

41. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan." (Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.)

42. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah." (Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.)

43. "Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat." (Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.)

44. "Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok." (Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.)

45. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah." (Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.)

46. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar." (Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.)

47. "Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang" (Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.)

48. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh." (Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja)

49. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu dipigawean" (Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.)

50. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du'a serta ditutup ku rasa sukur." (Hidup ini harus diawali dengan do'a dan ditutup dengna rasa syukur.)

51. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit" (Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.)

52. "Hirup itu harus loba seuri, iar kalihatannya teh bagja alias senang. Meskipun mah hate keur notog titajong boleksek." (Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat bahagia atau senang. Meskipun hati dalam keadaan gundah.)

53. "Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir." (Terus gue harus gitu, terus gue harus gini. Terus aja terus-terus, emang gue tukang parkir.)

54. "Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna." (Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.)

55. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor." (Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

56. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu.)

57. "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana." (Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya.)

58. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor." (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda.)

59. "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.)

60. "Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!" (Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup.)

61. "Gusti moal sare."(Tuhan tidak pernah tidur.)

62. "Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi." (Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga.)

63. "Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih." (Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut.)

64. "Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh." (Harus saling mencintai, memberi nasihat, dan mengayomi.)

65. "Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit.)

Kata-kata sindiran bijak bahasa Sunda.

bijak bahasa Sunda © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@walagri1

66. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh." (Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

67. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun." (Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.)

68. "Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah." (Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah.)

69. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah." (Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.)

70. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.)

71. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu." (Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.)

72. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan." (Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.)

73. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan." (Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.)

74. "Lamun ngobrol sing ngareunaheun atuh lah bisi di tamasak ku oli gera." (Kalau ngobrol yang bagus dong, aku cuci muka kamu pake oli nanti.)

75. "Jangan suka ngomongin batur euy lamun maneh nggak bisa ngelakuin sesuatu yang leuwih alus mah." (Jangan suka ngomongin orang kalau kamu nggak bisa ngelakuin sesuatu yang lebih baik.)

76. "Ai maneh, ngapload foto sakitu lobana tapi beungeutna kitu-kitu keneh. Biar apa?" (Kamu tuh, nge-upload foto segitu banyaknya tapi mukanya gitu-gitu aja. Biar apa?)

77. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalan-Nya.)

78. "Kalakuan ngukur baju sasereg awak." (Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja.)

79. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar." (Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.)

80. "Entong kaduhung naon anu ngajantenkeun anjeun seuri." (Jangan pernah menyesali yang membuatmu tersenyum.)

81. "Sadayana gaduh kaendahan, tapi teu sadaya jelema tiasa ningali." (Segala sesuatu memiliki keindahan, tetapi tidak semua orang bisa melihat.)

82. "Ari sia ngomong teh baleg bro bisi ditamasan ku coca-cola geura ku aing." (Kamu ngomong yang bener bro, nanti di cuci mukamu pakai coca cola sama saya.)

83. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah." (Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.)

84. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh." (Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

85. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor." (Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)