Brilio.net - Sebagai umat muslim tentunya kamu sering mendengar bahwa masjid disebut sebagai rumah Allah SWT yang berfungsi untuk menunaikan ibadah salat. Tidak hanya itu, masjid juga sering dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar pendidikan Alquran.

Dilansir dari merdeka.com, secara bahasa, masjid dapat diartikan sebagai tempat yang digunakan untuk bersujud. Sementara dalam makna yang lebih luas, masjid merupakan bangunan yang dikhususkan sebagai tempat berkumpul untuk menunaikan salat berjamaah.

Adapun istilah masjid menurut syara' ialah tempat yang disediakan untuk salat dan bersifat tetap, atau bukan untuk sementara.

Tentunya kamu kagum ketika melihat masjid serta melaksanakan ibadah di sana. Nah ada beberapa kata-kata keindahan masjid yang bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan kekagumanmu, berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/1).

1. "Masjid adalah barak kami, Kubah adalah penutup kepala kami, Menara adalah bayonet kami, dan orang-orang beriman adalah tentara kami." – Recep Tayyip Erdogan.

Loading...

2. "Secepat apapun langkah kakimu di dunia, akan sia-sia bila masih berat melangkah ke Masjid."

3. "Jarak kita dengan masjid tidak diukur dengan kaki, tetapi dengan hati."

4. "Ketika hati mengeras, mata akan mengering (sulit menangis)." – Ibn Qayyim.

5. "Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri." - Q.S Yunus: 44.

6. "Sungguh, siapa pun (dengan sengaja) membunuh dirinya sendiri, maka pasti ia akan disiksa di neraka, di mana ia akan tinggal selamanya." - HR Bukhari Muslim"

7. "Jarak terdekat antara masalah dan solusinya adalah sejauh jarak antara lutut dengan lantai (salat)."

8. "Jangan iri kecuali kepada dua perkara: (1) orang yang dianugerahi Allah harta kekayaan kemudian ia membelanjakannya di jalan yang benar, dan (2) orang yang diberi hikmah oleh Allah (pengetahuan tentang alquran dan hadis) kemudian ia melaksanakan dan mengajarkannya." - HR. Bukhari.

9. "Iman adalah percaya kepada Tuhan, bahkan ketika kamu tidak bisa memahami rencana-Nya."

10. "Hal terbesar yang bisa dilakukan seorang teman kepadamu adalah membawamu makin dekat kepada Allah."

11. "Jangan pernah berpikir bahwa permohonanmu kepada Allah itu terlalu banyak karena ketika Allah berkata "jadilah", maka terjadilah apa yang Allah kehendaki."

12. "Allah mampu membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin."

13. "Bersabarlah karena takdir yang tertulis untukmu ditulis oleh penulis terhebat, yaitu Allah."

14. "Jadilah seseorang di mata Allah, meski kamu bukan siapa-siapa di mata manusia."

15. "Malulah untuk berbuat dosa di depan umum, bukan malah malu untuk menunjukkan keimananmu di depan umum."

16. "Menjadi muslim adalah tentang mengubah dirimu, bukan mengubah Islam."

17. "Jika kamu tidak ingin anak-anakmu menyakiti orang lain, maka jangan tunjukkan kepada mereka bagaimana melakukannya."

18. "Sebelum beranjak tidur di setiap malamnya, berikanlah maaf kepada setiap orang dan istirahatlah dalam tidur dengan hati yang bersih."

19. "Mengapa berharap pada bintang ketika kamu dapat berdoa kepada Dia yang menciptakannya."

20. "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." - Q.S Huud: 6.

Masjid bukan hanya sebuah bangunan saja, namun memiliki peran penting untuk membangun karakter serta identitas kebudayaan umat muslim. Fungsi masjid yang paling utama ialah sebagai tempat bersujud atau beribadah kepada Allah.

Caption tentang keindahan masjid freepik.com

foto: freepik.com

Hal ini sebagaimana dalam salah satu surah Alquran, Allah SWT berfirman yang artinya:

"Bertasbihlah kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya pada waktu pagi dan petang, orang-orang yang tidak dilalaikan oleh perniagaan, dan tidak (pula) oleh jual-beli, atau aktivitas apapun dan mengingat Allah, dan (dari) mendirikan shalat, membayarkan zakat, mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi guncang." (QS An-Nur: 36-37)

21. "Tempat yang paling dicintai oleh Allah adalah Masjid."

22. "Menjadi seorang Muslim lebih dari sekadar pergi ke masjid. Allah ingin 'perhatianmu', bukan hanya 'kehadiranmu. – Dr. Bilal Philips.

23. "Masjid adalah barak kami, Kubah adalah penutup kepala kami, Menara adalah bayonet kami, dan orang-orang beriman adalah tentara kami. – Recep Tayyip Erdogan.

24. "Kalau kakimu berat kau langkahkan ke masjid, berat juga baginya untuk membawamu ke surga."

25. "Shalat wajib berjamaah, bonus pahala 27 kali lipat. Mau? Hanya di Masjid."

26. "Kehilangan sandal di masjid itu tidak masalah. Yang masalah adalah ketika sandal anda tidak pernah dipakai ke Masjid."

27. "Kebanyakan pemuda zaman now itu gunung didaki, lautan diseberangi, tapi masjid dilewati."

28. "Jihad terbesar adalah memerangi jiwamu sendiri, melawan kejahatan yang ada dalam dirimu."

29. "Tetapi kalian lebih memilih kehidupan dunia. Padahal, kehidupan akhirat lebih baik dan lebih kekal." - Q.S Al-A’la: 16-17.

30. "Salat itu bukan untuk Allah, tapi untuk dirimu sendiri. Allah tidak butuh kita, tapi kitalah yang butuh Allah."

31. "Selalu ucapkan kata-kata yang baik dan penuh kasih terhadap orang yang kamu sayangi. Siapa tahu itu mungkin akan menjadi saat terakhir kamu melihat mereka."

32. "Teruslah dekat dengan sesuatu yang mengingatkanmu kepada Allah."

33. "Mengapa berharap pada bintang ketika kamu dapat berdoa kepada Dia yang menciptakannya."

34. "Tak peduli betapa terlukanya kamu, kamu akan selalu menemukan kenyamanan dengan Allah."

35. "Orang terkuat bukanlah pegulat. Tapi, orang yang bisa mengontrol dirinya saat marah." - HR. Bukhari.

36. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." - Aa Gym.

37. "Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi mendapatkan sesuatu." - Mufti Menk.

38. "Kita tidak akan pernah tahu bagimana menyembahNya sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintaiNya."

39. "Apakah engkau meremehkan suatu doa kepada Allah, apakah engkau tahu keajaiban dan kemukjizatan doa? Ibarat panah dimalam hari, ia tidak akan meleset namun ia punya batas dan setiap batas ada saatnya untuk selesai."

40. "Jangan berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk ke dalam bumi juga."

RECOMMENDED BY EDITOR