Brilio.net - Menjadi content creator kini semakin mudah. Tinggal mengunggah karya di media sosial, kontenmu bisa langsung viral dengan mudah. Jika beruntung, dalam waktu singkat kamu bisa mendulang rezeki lewat iklan atau endorse brand. Hanya modal konten, menjadi content creator bisa jadi pekerjaan menggiurkan.

Tapi kenyataan tak semudah khayalan di atas. Konten digitalmu harus bersaing dengan ratusan ribu konten yang diunggah di media sosial setiap hari. Data dari YouTube mengatakan seluruh penggunanya menghabiskan satu miliar jam menonton video dalam satu hari. Selain itu, creator di Instagram juga mengunggah ratusan ribu foto setiap hari di media sosial tersebut.

Bagaimana cara kontenmu bisa bersaing dengan ratusan ribu video atau foto yang ada di YouTube atau Instagram? Membuat konten yang berbeda dan original saja tidak cukup. Kamu harus mempunyai konten berkualitas yang dinikmati subscriber atau followermu.

Bagaimana caranya agar bisa menghasilkan konten digital berkualitas? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (27/2) yuk kita simak bersama-sama.

1. Bermanfaat bagi banyak orang.

4 Rahasia di balik konten digital berkualitas, kolaborasi jadi kunci Istimewa

foto: shutterstock.com

Konten karyamu harus bermanfaat untuk semua orang. Manfaat di sini bukan berarti harus memberikan konten padat informasi yang membosankan. Pengemasan konten harus asyik dan kreatif.

Isi konten jika dikemas dengan pas akan membuat subscriber atau follower ketagihan menonton. Selain mendapat hiburan, subscriber atau followermu bisa memetik pelajaran atau informasi baru dari konten yang kaya manfaat.

2. Kolaborasi untuk hasil yang berkualitas.

4 Rahasia di balik konten digital berkualitas, kolaborasi jadi kunci Istimewa

foto: IM3 Ooredoo

Kolaborasi bukan hanya membuat konten bareng, melainkan juga kamu bisa saling bertukar pikiran dan berkontribusi dengan sesama content creator. Di sini, kamu bisa berkembang dan belajar lebih cepat daripada sendirian saja.

Kolaborasi juga bisa memberikan pandangan baru yang mungkin tak kamu sadari selama ini. Konten hasil kolaborasi pasti makin berkualitas daripada konten yang kamu bikin sendirian.

Semangat kolaborasi antar content creator ini diinisiasi oleh IM3 Ooredoo lewat Collabonation – Freedom To Collaborate. Provider yang terkenal dengan warna kuning ini memberikan ruang generasi muda Indonesia bebas berkolaborasi dalam menciptakan konten digital berkualitas. Gerakan nasional ini sudah dimulai sejak 2019 dan terbukti mendorong generasi muda Indonesia menciptakan konten digital yang positif.

Collabonation kembali hadir di Cirebon pada Jumat (14/2) lalu di Gunung Sari Trade Center, Cirebon. Acara ini juga menghadirkan group musik Float, Efek Rumah Kaca, serta musisi asal Cirebon, Another Project. Ada juga collaborative show dari Universitas Swadaya Gunung Jati dan Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon loh!

"Kami percaya bahwa dengan kolaborasi akan memudahkan mereka membuat konten seru dengan tema apa pun sesuai yang diinginkan,” ujar Fahroni Arifin, Senior Vice President - Head of Brand Management & Strategy of Indosat Ooredoo.

3. Konten yang fleksibel. Terbuka dengan ide-ide segar.

4 Rahasia di balik konten digital berkualitas, kolaborasi jadi kunci Istimewa

foto: IM3 Ooredoo

Kaku dalam berkarya hanya akan membuat kontenmu monoton dan membosankan. Dalam berkolaborasi, kamu harus bisa fleksibel. Buka mata dengan perspektif baru agar konten digitalmu makin berkualitas. Jangan risih dengan ide-ide baru yang segar dan tetap fleksibel membuat konten.

Lewat collabonation.id dari IM3 Ooredoo, kamu bisa merasakan langsung pengalaman mencoba berbagai hal baru. Di sini, kamu bisa belajar kolaborasi musik, fashion, event trip kolaborasi IM3 Ooredoo, artikel, podcast, dan kreasi konten lain. Kamu bisa mengombinasikan informasi seputar lifestyle, edukasi, dan event loh. Menariknya lagi, ada berbagai challenge menarik dari collabonation.id, loh. Kamu bisa berkesempatan berkolaborasi dengan idolamu atau mendapatkan hadiah menarik.

4. Didukung ‘amunisi’ yang tepat.

4 Rahasia di balik konten digital berkualitas, kolaborasi jadi kunci Istimewa

foto: IM3 Ooredoo

Menjadi content creator membutuhkan amunisi atau peralatan yang tepat. Selain laptop dan peralatan membuat konten, akses internet juga sama pentingnya. Akses internet cepat akan memudahkanmu meriset isu yang ingin kamu angkat. Selain itu, kolaborasi jarak jauh seperti menggunakan video call juga semakin lancar dengan internet yang cepat dan bisa diandalkan.

IM3 Ooredoo jadi paket data internet yang bisa kamu andalkan untuk membuat konten digital berkualitas. Dengan #Collabonation, kamu bisa berkolaborasi dengan siapa pun dan kapan pun. Informasi lebih lanjut tentang kegiatan asyik ini bisa kamu dapatkan di sini.

 

RECOMMENDED BY EDITOR