Brilio.net - Mumpung liburan natal dan akhir tahun, kamu bisa mempertimbangkan Banyuwangi sebagai destinasi impianmu. Kota di penghubung timur Jawa ini mempunyai deretan destinasi baru yang bikin penasaran. Selain Ijen dan pesona blue firenya, ternyata masih ada lagi loh yang menarik dari bumi Blambangan ini.

Kali ini banyuwangi unjuk gigi membuat instalasi seni yang Instagramable abis. Membentang di atas jalan besar, instalasi ini dinamai Lorong Bambu. Kamu bisa menemukannya di tengah kota tepatnya di Jalan Veteran depan Gedung Seni dan Budaya, Banyuwangi.

lorong bambu BANYUWANGI © 2019 brilio.net

foto: Merdeka.com

Dilansir Brilio.net dari Merdeka, Rabu (25/12) Instalasi ini diresmikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada Rabu (18/12) kemarin. Instalasi ini terletak di tengah kota agar terintegrasi dengan kawasan bersejarah di Banyuwangi.

"Kami sedang membangun kawasan pusat kota sebagai pusat wisata sejarah Banyuwangi. Untuk itu, kami ingin melengkapi kawasan tersebut dengan destinasi yang sangat ikonik khas Banyuwangi," kata Anas.

lorong bambu BANYUWANGI © 2019 brilio.net

foto: Merdeka.com

Di sekitar Lorong bambu ternyata ada juga spot Instagramable lainnya seperti bangunan Inggrisan yang dibangun pada 1889, Kantor Pos peninggalan zaman kolonial Belanda, dan Gedung Juang. Cocok banget deh bagi kamu yang ingin rileks menikmati sejarah kota Banyuwangi saat liburan.

lorong bambu BANYUWANGI © 2019 brilio.net

foto: Merdeka.com

"Bagi Banyuwangi, setiap tempat adalah destinasi dan setiap aktivitas adalah atraksi. Terowongan ini bisa menjadi destinasi wisata. Aktivitas di sini juga menjadi atraksi wisata," kata Anas.

Terowongan Bambu ini dirancang oleh Novi Kristinawati Sunoto, seniman asal Yogyakarta. Panjangnya terowongan ini berkisar 62 meter dengan lebar 13 meter. Pengerjaannya sendiri memakan waktu hingga tiga bulan.

Material bambu juga mudah didapatkan di Banyuwangi. Kota ini sendiri mempunyai desa sentra kerajinan bambu, yakni Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari. Bahkan, warga Desa Gintangan ini setiap tahun menggelar "Gintagan Bamboo Festival" untuk mempopulerkan kerajinannya tersebut.

lorong bambu BANYUWANGI © 2019 brilio.net

foto: Merdeka.com

Lorong Bambu ini nantinya akan menjadi lokasi berbagai festival yang bakal digelar di Banyuwangi.

"Ini juga akan menjadi destinasi selfie baru bagi warga Banyuwangi," tutup Anas.

 

RECOMMENDED BY EDITOR