Brilio.net - Pada hari Minggu (11/8), umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam berkumpul di pagi hari untuk melakukan salat Ied bersama-sama.

Seusai salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban sebagai wujud pelaksanaan perintah Allah kepada Nabi Ibrahim. Adapun hewan yang dikurbankan yakni sapi, kambing, unta, atau kerbau. Namun, di Indonesia, sapi dan kambing merupakan hewan yang biasa dijadikan kurban.

Prosesi penyembelihan hewan kurban di berbagai daerah di Indonesia ternyata diwarnai kejadian unik nan menghebohkan. Beberapa hewan kurban berupa sapi dilaporkan lepas dan membuat panik warga sekitar. Kejadian tersebut kemudian tersebar secara viral melalui media sosial.

Seperti apa? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut momen sapi kurban yang lepas sebelum disembelih. Lucu tapi ya kasihan juga.


1. Sapi masuk resto.
Warganet dihebohkan dengan video CCTV yang memperlihatkan lepasnya seekor sapi masuk ke dalam sebuah resto. Para pengunjung dan penjaga resto pun terkaget-kaget.

Kejadian yang terjadi di Semarang tersebut pertama diunggah oleh seorang pengguna Twitter @azkaduttt, Jumat (9/8) lalu. Kejadian unik itu pun langsung tersebar viral, bahkan hingga saat ini cuitan itu mendapat lebih dari 21 ribu retweet dan 18,6 ribu likes.

 


2. Sapi masuk kamar mandi warga.
Warga Bejen, Bantul, Yogyakarta juga dihebohkan dengan lepasnya seekor sapi yang hendak disembelih pada Idul Adha, Minggu (11/8). Video yang diunggah di Twitter oleh akun @whentomrrwcoms memperlihatkan sapi tersebut sampai masuk ke kamar mandi sebuah rumah warga. Tampak banyak warga yang mencoba menangkap sapi tersebut.

 


3. Sapi masuk perkampungan.
Seorang pengguna Twitter dengan akun @KetidakpastiHan mengunggah sebuah video singkat yang memperlihatkan seekor sapi kurban yang lepas dan masuk ke area perkampungan warga yang padat rumah.

Warga yang berada di luar pun berlarian karena panik. Bahkan, ada yang sampai memanjat pagar untuk menghindari sapi yang berlari kencang.

 


4. Sapi lepas saat salat Idul Adha.
Akun Twitter @cndvg mengunggah video sapi lepas di tengah para jemaah tengah melakukan salat Idul Adha. Sontak para jemaah pun langsung panik dan berhamburan. Menurut keterangan, sapi tersebut lepas saat salat Idul Adha memasuki rakaat kedua.