Brilio.net - Badan lemas, pegal-pegal, atau masuk angin sangat mengganggu aktivitas sehari-hari terutama di musim hujan seperti saat ini. Solusi alternatif yang sudah dipercaya sejak dulu untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah kerokan atau kerikan. Jenis pengobatan tradisional ini sudah jadi senjata rahasia melawan masuk angin di Tanah Air.

Kerokan sebenarnya sederhana. Sebongkah benda tumpul yang biasanya berupa koin digesekkan ke punggung atau dada dengan minyak kayu putih atau sejenisnya. Usai dikerok, tubuh akan terasa ringan dan menghilangkan ketegangan.

Nah uniknya, kerokan nggak melulu menggunakan koin. Banyak sekali material unik yang ternyata bisa menjadi penggantinya.

Penasaran apa saja? Berikut ulasan alat kerokan anti mainstream seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber Jumat (12/11).

1. Tanduk kerbau.

Qerik © 2021 brilio.net

foto: istimewa

Rupanya tanduk kerbau yang dikenal sangat kuat ini bisa loh dikreasikan jadi alat kerokan. Butuh proses panjang untuk membuatnya menjadi alat kerokan yang bisa diandalkan. Dari bentuknya sampai proses penghalusannya digarap sedemikian rupa hingga nyaman digunakan di kulit.

2. Bebatuan alam.

Qerik © 2021 brilio.net

foto: istimewa

Bebatuan alam ternyata bisa menjadi alternatif pengganti koin kerokan. Seperti halnya tanduk kerbau, bebatuan alam melewati proses panjang agar nyaman digunakan untuk kerokan. Teksturnya yang halus dan licin membuat material ini tak gampang menggores kulit saat digunakan.

3. Batok kelapa.

Qerik © 2021 brilio.net

foto : Istimewa

Dari buah hingga akar, pohon kelapa memiliki banyak manfaat. Semuanya bisa dikreasikan menjadi benda-benda berekonomi dan berseni tinggi seperti alat kerokan. Pengrajin biasanya menggunakan tempurung kelapa untuk membuat kerokan. Materialnya yang keras tapi nyaman digenggam membuatnya pas untuk kerokan.


4. Sendok bebek oriental.

Qerik © 2021 brilio.net

foto: istimewa

Sendok bebek oriental sering digunakan sebagai pilihan untuk menikmati sup atau bubur. Selain biasa dipakai sebagai alat makan, sendok bebek oriental yang terbuat dari bahan keramik ini ternyata juga seringkali dipakai untuk alat kerokan.

Bentuk dan materialnya yang halus serta nyaman digenggam membuat penikmat kerokan seringkali memilih sendok bebek sebagai pengganti koin untuk kerokan.

Benda-benda tadi tentu saja belum memiliki balsem atau minyak untuk kerokan. Nggak perlu ribet, kini alat kerokan jadi praktis dengan Qerik. Inovasi pertama di Indonesia ini dirancang untuk melestarikan budaya kerokan.

Qerik © 2021 brilio.net

foto: Qerik

Qerik hadir dengan desain tutup menyerupai cula badak yang aman dan nyaman ketika kerokan. Tube-nya mudah digenggam karena disesuaikan dengan ukuran jari-jemari. Isi balsem juga mudah dikeluarkan dari tube. Alhasil, kerokan lebih menyenangkan dan tak ribet.

Qerik original hadir dalam tube warna oranye dengan sensasi hangat yang tahan lama. Dengan hadirnya produk inovatif ini masyarakat dapat tetap menikmati terapi kerokan tanpa was-was dan higienis.

Nah, buat yang gemar menjaga kesehatan dengan kerokan, kini Qerik sudah bisa didapatkan di marketplace Tokopedia, Shopee, dan juga toko-toko terdekat. Untuk info lebih lengkap tentang Qerik, bisa klik di sini.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR