Brilio.net - Jika mendengar nama Walt Disney, yang terlintas di pikiran banyak orang adalah sederet film kartun yang cukup menghibur, baik itu animasi maupun live action. Misalnya, Frozen. Di balik suksesnya film-film kartun, ada sosok yang menjadi berjasa, dia adalah Walt Disney.

Walt Disney lahir pada 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Pemilik nama asli Walter Ellas Disney ini merupakan putra keempat dari Elias Disney. Ayahnya adalah seorang tukang kayu, petani, sekaligus kontraktor.

Awal kesuksesannya ketika Walt Disney berusia 12 tahun. Kala itu ia bertemu Ub Iwerks, yakni seniman muda asal Amerika Serikat. Iwerks mengajak Walt Disney untuk bekerja sama dalam membuat bisnis studi animasi kecil. Keduanya pun membuat sketsa animasi yang masih hitam-putih dengan iringan musik berjudul Laugh-O-grams.

Perjuangannya tak sampai di situ saja. Ub Iwerks dan Walt Disney mencoba peruntungan lain dengan membuat karakter Mickey Mouse. Pada 21 Desember 1937, untuk pertama kalinya Walt Disney merilis film animasi dengan durasi penuh. Film garapannya pun semakin laris dan mulai dikenal dunia.

Kini animasi Disney disukai semua kalangan dari berbagai usia. Sebagai orang yang sukses, tentunya banyak sekali kata-kata bijak dari Walt Disney yang bisa menginspirasi banyak orang.

Loading...

Berikut ini beberapa kata-kata bijak Walt Disney yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/1).

1. "Semua kesengsaraan yang aku alami dalam hidup, semua masalah dan rintangan telah menjadikan aku kuat. Kamu mungkin tidak menyadari kapan itu terjadi, tapi tendangan pada gigi, ini adalah hal terbaik yang ada di dunia untukmu."

2. "Kamu bisa merancang, membuat, dan membangun tempat paling indah di dunia. Tapi dibutuhkan orang untuk mewujudkan mimpi itu menjadi kenyataan."

3. "Cara untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai berbuat sesuatu."

4. "Jika kamu dapat memimpikannya, (maka) kamu dapat melakukannya."

5. "Tawa adalah ekspor Amerika paling penting."

6. "Dari semua hal yang telah kulakukan, yang terpenting adalah mengoordinasi mereka yang bekerja denganku dan mengarahkan usaha mereka pada sebuah tujuan pasti."

7. "Anda mencapai titik di mana Anda tidak bekerja demi uang."

8. "Semua mimpimu akan terwujud asalkan kamu punya keberanian untuk mengejarnya."

9. "Kami tidak mengizinkan para jenius di sekitar studio kami."

10. "Aku tidak ingin mengulang kesusksesan, aku ingin melanjutkannya ke hal-hal yang lain."

11. "Pikiran kita ibarat parasut, hanya berfungsi ketika terbuka."

12. "Ketika kamu penasaran, kamu menemukan banyak hal menarik untuk dikerjakan."

13. "Ketika orang-orang menertawakan Mickey Mouse, itu karena dia begitu manusiawi; dan itulah rahasia dari kepopulerannya."

14. "Aku selalu melihat sisi optimistis dari kehidupan, tapi aku cukup realistis untuk mengetahui bahwa hidup itu kompleks."

15. "Dari semua penemuan kami untuk komunikasi massa, gambar masih berbicara dalam bahasa yang paling dipahami secara universal."

16. "Ketika kamu percaya mengenai sesuatu hal, percayalah selalu akan hal itu, secara implisit dan tidak pernah mempertanyakan."

17. "Aku tidak suka mengulangi kesuksesan, aku lebih suka untuk mencari hal lain."

18. "Animasi memberikan sebuah media untuk bercerita dan hiburan visual yang mampu memberikan kenikmatan dan informasi kepada orang-orang, berapapun usianya, di manapun di seluruh dunia."

19. "Warisan dan cita-cita kita, kode dan standar kita hal hal yang membuat kita hidup dan menginspirasi anak-anak kita dilestarikan atau berkurang oleh seberapa bebas kita bertukar pikiran dan perasaan."

20. "Aku sudah pernah berada di antara kompetisi yang ketat dalam hidupku. Aku tidak akan pernah tahu bagaimana aku bergaul tanpa hal tersebut."

Sebelum sukses membangun kerajaan animasi, Walt Disney sudah berkali-kali mengalami keterpurukan dalam hidupnya. Disney pernah dipecat dari pekerjaannya sebagai kartunis oleh seorang editor surat kabar karena dianggap miskin imajinasi dan ide.

Namun ia tak menyerah. Pada 1921, Disney membangun perusahaan animasi pertamanya di Kansas City. Dia berhasil mengikat perjanjian dengan sebuah perusahaan distribusi di New York, di mana dia harus mengirimkan kartunnya dan mendapatkan bayaran 6 bulan kemudian.

Kehidupannya sangat menyedihkan ketika sedang berjuang meraih kesuksesan. Karena utangnya yang terlalu banyak ia terpaksa menutup perusahaannya tersebut. Dan yang paling menyedihkan adalah ia harus makan makanan anjing untuk bertahan hidup.

Tapi Disney tetap berusaha menawarkan karya-karyanya, meski mendapatkan penolakan. Hasilnya, karya Mickey Mouse menjadi sangat terkenal sekarang ini.

21. "Seseorang seharusnya tidak mengabaikan keluarganya demi bisnis."

22. "Sangat menyenangkan melakukan hal yang mustahil."

23. "Disneyland tidak akan pernah selesai. Itu akan terus tumbuh selama masih ada imajinasi yang tersisa di dunia."

24. "Kami percaya pada ide kami, sebuah taman keluarga di mana orang tua dan anak-anak dapat bersenang-senang bersama."

25. "Orang masih menganggap saya sebagai kartunis, tetapi satu-satunya hal yang saya angkat pena atau pensil untuk hari-hari ini adalah menandatangani kontrak, cek, atau tanda tangan."

26. "Saya lebih suka menghibur dan berharap bahwa orang belajar sesuatu daripada mendidik orang dan berharap mereka terhibur."

27. "Saya telah menghadapi persaingan ketat sepanjang hidup saya. Saya tidak akan tahu bagaimana dapat bertahan tanpa tantangan itu."

28. "Semua impian kita dapat menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya."

29. "Tidak ada yang lebih lucu dari hewan yang bersifat manusia."

30. "Waktu dan situasi berubah dengan sangat cepat, sehingga kita harus tetap menjaga tujuan kita untuk masa depan."

31. "Era yang kita jalani saat ini adalah mimpi untuk menjadi kenyataan."

32. "Mickey Mouse, bagi saya, adalah simbol kemerdekaan. Dia adalah sarana untuk mencapai tujuan."

33. "Saya mencoba membangun kepribadian penuh untuk masing-masing karakter kartun kami, untuk menjadikan mereka kepribadian."

34. "Saya tidak suka kebun formal yang tertata rapi. Saya suka alam liar. Kurasa itu hanya naluri dalam diriku."

35. "Semua kesulitan yang saya alami dalam hidup saya, semua masalah dan hambatan saya, telah memperkuat saya. Anda mungkin tidak menyadarinya ketika itu terjadi, tetapi rasa sakit mungkin bisa menjadi hal terbaik di dunia untuk Anda."

36. "Saya tidak dipengaruhi oleh teknik atau mode dari perusahaan film mana pun."

37. "Setiap kali saya melakukan perjalanan, saya selalu memikirkan apa yang salah dengan benda itu dan bagaimana hal itu dapat diperbaiki."

RECOMMENDED BY EDITOR