Brilio.net - Dalam sebuah kalimat, kata majemuk adalah sebuah entitas linguistik yang terdiri dari dua atau lebih kata yang digabungkan dan membentuk satu kesatuan yang memiliki makna baru. Kata majemuk biasanya memiliki peran sebagai subjek, objek, atau keterangan dalam sebuah kalimat. Contohnya, dalam kalimat "Gajah putih berlari di hutan", kata majemuk "gajah putih" berfungsi sebagai subjek. Dalam hal ini, kata majemuk membantu membentuk makna yang lebih spesifik dan jelas dalam sebuah kalimat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat majemuk bisa diartikan oleh sebagai kalimat yang terjadi dari dua klausa atau lebih yang dipadukan menjadi satu. Selain itu, kata majemuk bisa diartikan sebagai kata yang terdiri dari dua kata sebagai unsurnya.

Namun, ada juga kata majemuk yang terdiri dari satu kata dan satu pokok kata sebagai unsurnya. Contohnya daya tahan, daya juang, kamar tunggu, kamar kerja, ruang baca, dan sebagainya. Ada pula yang terdiri dari pokok kata semua, misalnya lomba lari, jual beli, simpan pinjam, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang contoh kata majemuk, yuk simak 35 contoh kata majemuk, lengkap dengan pengertian, ciri-ciri dan jenisnya yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (1/2)

- Ciri-ciri kata majemuk.

Contoh kata majemuk © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Sebelum mengetahui contoh kata majemuk, kamu harus memahami ciri-ciri kata majemuk terlebih dahulu. Berikut adalah ciri-ciri kata majemuk:

1. Terdiri dari dua atau lebih kata.

2. Membentuk satu kesatuan yang memiliki makna baru.

3. Biasanya tidak bisa dipisahkan menjadi kata-kata yang lebih kecil.

4. Bisa berupa kata sifat dan kata benda, kata kerja dan kata benda, atau kata depan dan kata benda.

5. Bisa diterima sebagai entitas linguistik yang utuh dalam bahasa tertentu.