Brilio.net - Kamu pasti kerap menjumpai kalimat majas dalam percakapan sehari-hari maupun pada karya sastra seperti novel, puisi, dan lainnya. Apalagi, untuk kamu yang hobi menulis, majas sudah menjadi hidangan sehari-hari.

Salah satu dari kalimat majas adalah majas simile. Singkatnya, majas simile adalah gaya bahasa yang digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda.

Tujuannya adalah untuk membuat pembaca atau pendengar lebih memahami atau membayangkan objek atau konsep yang dibicarakan melalui perbandingan dengan sesuatu yang lebih dikenal atau dapat dirasakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai majas simile, berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/9).

Contoh kalimat majas simile © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Pengertian majas simile

Sebelum mengetahui tentang majas simile, alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian dari majas terlebih dahulu. Majas merupakan gaya bahasa yang digunakan untuk membuat kalimat terutama pada karya sastra menjadi semakin hidup.

Biasanya majas ditemui dalam tulisan puisi maupun prosa. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain.

Sementara itu, majas simile berasal dari kata "simile" yang berasal dari bahasa latin serta memiliki arti seperti atau ibarat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), majas simile merupakan gaya bahasa yang membandingkan suatu hal secara hirarki berbeda, namun dianggap mengandung segi kesamaan yang serupa dan dinyatakan secara jelas.

Majas simile sering sekali disebut mirip dengan majas personifikasi. Majas simile termasuk ke dalam majas perbandingan, yakni majas yang menggambarkan sebuah kondisi dengan cara membandingkan satu hal dengan hal lainnya.

Tetapi, pada majas simile sering digunakan untuk mengungkapkan sifat atau karakter melalui suatu perbandingan. Majas simile juga dapat digunakan untuk membandingkan dua hal secara langsung, tetapi bukan dengan wujud yang sama. Perbandingan pada majas simile lebih berfokus pada sifat atau karakter.

Contoh kalimat majas simile © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Ciri-ciri majas simile

Adapun beberapa ciri khusus dari majas simile, hal ini guna untuk membedakan kalimat majas simile dengan jenis kalimat majas lainnya. Berikut ini adalah ciri-cir kalimat majas simile.

1. Majas simile memiliki kata-kata kiasan dan analogi

2. Majas simile lebih menggunakan kalimat yang terkesan hiperbola

3. Dalam majas simile terdapat kata konjungsi atau penghubung dalam suatu kalimat

4. Majas simile memiliki maksud untuk melakukan perbandingan terhadap suatu hal