Brilio.net - Nyaman atau tidaknya hunian tidak selalu terpaku pada seberapa besar ukuran rumah. Ada banyak faktor pendukung yang bisa membuat rumah nyaman ditempati meski berukuran kecil, salah satunya adalah desain interior.

Selain nyaman, desain interior yang tepat juga akan memperindah rumah. Contohnya seperti menggunakan karpet sesuai ruangan. Karpet kerap digunakan untuk menghidupkan kesan hangat sekaligus mempermanis ruangan.

Karpet juga cocok digunakan dalam hunian minimalis yang kini tengah jadi primadona. Selama menggunakan tipe karpet yang sesuai, ruangan atau rumah dengan area minimalis bisa tampil cantik.

Yonathan selaku Direktur Carpet Shop mengatakan, "sebagai salah satu toko karpet terlengkap, Carpet Shop menyediakan koleksi karpet dengan beragam ukuran, model, motif, serta bahan yang sesuai untuk segala tipe rumah, termasuk rumah minimalis. Para pemilik hunian dan pencinta desain interior bisa menyulap ruangan sempit jadi terlihat cantik dan luas dengan budget minimalis menggunakan voucher cashback ShopeePay Super Online Deals."

Namun perlu diingat, pemilihan karpet yang tidak sesuai dengan kondisi ruangan justru bisa memberi kesan sumpek, ramai, dan bahkan berantakan. Terlebih jika kondisi ruangan sempit dan terbatas, pemilihan karpet bisa sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dekorasi.

Nah, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/10), berikut ini trik mengubah ruangan sempit jadi luas hanya bermodal karpet yang mudah dipraktikkan. Yuk, simak langsung!

1. Pilih karpet dengan motif atau pola besar.

ruangan sempit jadi luas modal karpet © 2021 berbagai sumber

foto: ShopeePay

Jika ingin menggunakan karpet bermotif, ada baiknya memilih desain motif yang besar.  Hal ini karena karpet dengan motif terlalu detail dan kecil biasanya justru akan membuat ruangan terasa lebih penuh dan sempit.

Bahkan, hal ini sudah terbukti secara psikologis, biasanya otak seseorang akan cenderung sibuk menganalisis pola dan warna yang ada, sehingga ruangan dengan karpet berpola kecil akan terasa semakin sempit. Sebaliknya, pola besar menciptakan ilusi pada mata yang membuat ruangan jadi terasa lebih luas.

Kamu bisa memilih berbagai koleksi karpet Maroc dari Carpet Shop untuk mempermanis ruangan mungil. Koleksi Maroc ini tersedia dalam berbagai corak dan motif yang bisa kamu padu padankan dengan interior ruangan sesuai selera.

2. Utamakan warna-warna netral.

ruangan sempit jadi luas modal karpet © 2021 berbagai sumber

foto: ShopeePay

Warna jadi salah satu aspek penting dalam memilih karpet yang tepat. Untuk ruangan kecil, warna netral dan terang sangat disarankan karena mampu menangkap dan memantulkan cahaya.

Tidak seperti warna gelap, karpet berwarna terang tidak menyerap cahaya, melainkan memantulkannya kembali ke udara. Proses ini membantu menciptakan efek ruang lebih besar. Perlu diperhatikan, warna karpet yang dipilih harus senada dengan wallpaper atau cat dinding ruangan tersebut.

Nuansa biru atau hijau yang lebih terang sering juga dikenal sebagai warna santai. Oleh karena itu, warna biru muda atau hijau sangat cocok untuk kamar tidur. Sedangkan untuk ruang tamu, warna netral seperti batu pasir, krem, atau abu-abu muda akan memberikan hasil terbaik.

3. Cari ukuran yang sesuai.

ruangan sempit jadi luas modal karpet © 2021 berbagai sumber

foto: ShopeePay

Faktor lain yang berperan penting dalam menentukan efek visual adalah ukuran karpet. Pilih karpet yang proporsional dengan ukuran ruangan, sehingga dapat melengkapi atau bisa langsung dianggap sebagai focal point ruangan.

Dengan cara ini, ukuran ruangan yang sempit dapat memberikan kesan visual yang luas dan megah. Kamu bisa memilih berbagai ukuran karpet sesuai kebutuhan ruanganmu, mulai dari 100x150, 260x360, atau bahkan membeli meteran sesuai preferensi.

Semua kriteria karpet di atas dapat kamu temukan di Carpet Shop. Pilih jenis karpet yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis ruanganmu, mulai dari karpet dekorasi, sajadah cantik, hingga playmat anak.

Agar lebih hemat, kamu bisa membeli voucher cashback melalui fitur Deals Sekitarmu di aplikasi Shopee. Nikmati juga keuntungan cashback hingga 100% saat bertransaksi menggunakan ShopeePay di website carpetshop.co.id selama periode ShopeePay Super Online Deals hingga tanggal 21 Oktober 2021. Tak kalah menarik, khusus pengiriman di seluruh pulau Jawa, kamu bisa menikmati promo gratis ongkir melalui websitenya.