Brilio.net - Ketika mendengar kata pameran, expo, atau exhibition mungkin lo langsung terbayang sebuah ruangan yang penuh dengan beraneka ragam peraga atau karya seniman. Sayangnya, pada masa pandemi Covid-19 ini, pameran tipe konvensional tersebut sulit dihelat. Industri seni, museum, hingga pameran seni pun terkena imbasnya. Alhasil satu tahun terakhir banyak pameran ditunda atau bahkan dibatalkan untuk menghindari potensi kerumunan.

Nggak hanya itu, kebijakan pembatasan sosial membuat banyak museum dan galeri ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tapi keadaan ini tak mematahkan semangat penyelenggara pameran dan seniman, justru mereka bisa membuat terobosan dan kreativitas baru dalam berkarya.

Mereka memanfaatkan teknologi virtual sebagai jalan keluar. Buktinya, belakangan ini banyak bermunculan virtual exhibition dengan konsep dan format lebih menarik. Pameran virtual ini bisa menjadi solusi saat ini untuk menikmati karya seni. Keunggulan dari virtual exhibition ini adalah menyiasati pembatasan jarak sosial dengan memindahkan venue dari dunia nyata ke digital.

Lo bisa berkali-kali melihat dan menikmati karya seni favorit tanpa harus repot keluar rumah. Seniman juga tetap bisa menampilkan karya-karya terbaru.

Sesuai namanya, di sini lo bisa menikmati pengalaman baru melihat karya seni dalam dunia digital yang nggak kalah menarik dari pameran pada umumnya. Yuk simak langsung sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (20/4), 3 pengalaman seru yang bisa lo nikmati di virtual exhibition.

1. Jalan-jalan di dunia baru.

amildfoto istimewafoto: Shutterstock.com

Buat lo para pecinta seni, virtual exhibition bisa mengobati rasa kangen menghadiri pameran. Virtual exhibition biasanya dibuat dengan konsep modern yang menawarkan pengalaman visual menarik dan imajinatif. Pameran virtual seperti ini tentunya memberikan pengalaman baru bagi pengunjung.

Lo akan merasakan pengalaman dunia baru yang jauh berbeda dari bayangan kita tentang dunia nyata. Di virtual exhibition lo juga bisa bebas eksplor dan berinteraksi dengan ruangan-ruangan yang ada di dalamnya. Itung-itung, lo bisa refreshing ke tempat baru tanpa harus keluar rumah!

2. Berinteraksi dengan karya seniman.

amildfoto istimewafoto: Shutterstock.com

Kalau lo sering perhatiin, setiap karya seni pasti memiliki aturannya masing-masing. Sebagian pameran biasanya menghimbau pengunjung untuk nggak menyentuh karya seniman demi menjaga kualitas dan keamanannya.

Lain halnya di virtual exhibition, lo bisa berinteraksi lebih dekat dengan karya-karya mereka. Kapan lagi lo bisa bebas main-main dan berinteraksi dengan karya seni tanpa ada rasa khawatir? Bahkan di beberapa karya, lo bisa ikut berkolaborasi dalam pembuatan karya baru dari si seniman.

3. Temukan jenis karya baru dari seniman favorit lo.

amildfoto istimewafoto: Shutterstock.com

Lo punya seniman favorit? Di virtual exhibition lo bisa menemukan jenis karya baru dari mereka. Seniman bisa bereksperimen dengan hal-hal baru yang belum pernah dicoba. Terutama yang selama ini karyanya nggak pernah hadir dalam bentuk digital. Kemungkinan eksplorasi yang ditawarkan sangat luas. Seniman bisa menambahkan elemen-elemen yang belum pernah dicoba sebelumnya dan memberi nilai kebaruan dalam proses berkarya.

Kalo lo penasaran dengan keseruan virtual exhibition, lo bisa klik di sini sekarang untuk cek pameran yang sedang berlangsung!

amildfoto istimewa

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR