Brilio.net - Mahalnya harga tiket rute domestik Indonesia membuat Presiden RI Joko Widodo mengambil keputusan untuk mengikutsertakan maskapai asing melayani rute domestik di Indonesia bersamaan dengan perusahaan penerbangan dalam negeri lainnya. Hal ini dilakukan dengan harapan jika pelaku usaha bisnis penerbangan rute domestik bertambah, harga tiket pesawat dapat semakin ditekan.  

Kabarnya ada tiga maskapai asing yang santer akan membuka rute domestik di Indonesia. Seperti yang diketahui Air Asia sudah membuka lebih dulu untuk rute penerbangan domestik, namun tiga maskapai asing lainnya juga akan masuk ke Indonesia.

Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Rabu (19/6) mengenai rencana ini pemerintah tengah mengkajinya.

"Jadi spiritnya gini lah, jadi spiritnya bukan asing tapi kompetisi. Air Asia sudah, tinggal menambah saja. Yang ada apa itu, Scoot sama siapa ada tiga itu yang baru," kata Menteri Perhubungan Budi Karya.

Berikut ini tiga maskapai asing yang dikabarkan akan masuk ke Indonesia untuk melayani rute domestik. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari merdeka.com, Rabu (19/6).

1. Scoot.

livemint.com © 2019 brilio.net

foto: scoot

Scoot disebut-sebut sebagai maskapai asing yang akan masuk ke Indonesia. Scoot sendiri merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier/LCC) milik Singapore Airlines (SIA) Group.

Saat ini Scoot diketahui telah mengoperasikan 24 unit pesawat Airbus 320s dan 16 Boeing 787 Dreamliners. Tak hanya itu saja, Scoot sudah lebih dulu membuka rute internasional yang terhubung dengan sejumlah kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Palembang sebelum sepenuhnya masuk ke pasar domestik.

2. Jet Star.

jetstar.com © 2019 brilio.net

foto: jetstar.com

Jet Star merupakan maskapai bertarif rendah yang berasal dari Australia. Kabarnya Jet Star akan masuk ke Indonesia dan melayani penerbangan rute domestik.

Saat ini Jet Star telah melayani lebih dari 70 penerbangan per pekan, dari Singapura ke Indonesia dan sebaliknya. Beberapa waktu lalu Jetstar menambah 21 layanan ke beberapa rute Singapura maupun Indonesia, seperti Jakarta, Bali, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

3. AirAsia.

skytraxratings.com © 2019 brilio.net

foto: skytraxratings.com

AirAsia memang sudah cukup terkenal di Indonesia. Kali ini AirAsia akan menambah rute domestik, menyusul Scoot dan Jet Star yang direncanakan bakal membuka layanan domestik.

Pesawat Airbus A320-200 terbang di berbagai kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bali, Medan, dan Surabaya. AirAsia menjadi salah satu maskapai favorit karena sering kali melakukan promo tiket murah.