Bulan Ramadan menjadi kesempatan yang sangat baik bagi umat muslim untuk beribadah. Ibadah seseorang di bulan Ramadan mendapat pahala yang berlipat. Tidak cuma itu, bulan Ramadan juga jadi waktu terbaik untuk bertaubat.

Selama hidup di muka bumi, manusia tentu melakukan banyak dosa. Terkadang dosa itu dipicu oleh nafsu tidak baik. Alhasil secara sengaja atau mungkin khilaf, orang-orang melakukan dosa kecil atau besar.

Allah SWT selalu membuka kesempatan kepada manusia untuk selalu bertaubat. Bagi orang yang bertaubat dan berbuat baik, maka akan dijanjikan surga. Namun ternyata ada lho, golongan orang yang haram masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya". (HR Ahmad).

Nah, yuk simak penjelasannya di bawah ini dilansir brilio.net dari merdeka.com, Selasa (14/5).

 

1. Pecandu minuman keras

golongan haram masuk surga © merdeka.com

foto: merdeka.com

 

Pecandu minuman keras atau barang-barang haram lainnya diharamkan masuk surga oleh Allah SWT. Hal itu karena minuman keras mempunyai dampak buruk bagi kesehatan fisik dan berujung pada rusaknya organ tubuh.

Sabda Rasulullah, "Allah melaknat peminum khamar, yang menyuguhkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang memanggul dan yang menerimanya". (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah).

 

2. Orang yang durhaka

golongan haram masuk surga © merdeka.com

foto: merdeka.com

 

Allah SWT mengharamkan orang durhaka kepada orang tuanya untuk masuk ke dalam surga. Karena bagi seorang anak, surga berada pada keridhaan orang tuanya.

Maka ketika orang tua sudah tidak ridha dengan kedurhakaan anaknya, itu akan menjadi tiket masuk ke dalam panasnya api neraka. Allah SWT berfirman, "Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS Al Isra [17]: 23).

 

3. Dayyuts

golongan haram masuk surga © merdeka.com

foto: merdeka.com

Dayyuts atau minimnya rasa cemburu dalam hal ini ditujukan dari seorang suami kepada anak dan istrinya. Dia tidak merasakan suatu dosa apabila anak ataupun istrinya melakukan perbuatan yang mengundang dosa. Maka orang ini diharamkan masuk surga oleh Allah SWT. Padahal peran sebagai seorang suami sekaligus ayah menjaga istri dan anaknya agar tidak masuk ke dalam api neraka.