Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Logo brilio
+
(brl/tin)

28 Agustus 2019 18:18

3 Aksi sederhana selamatkan bumi, bisa dimulai dari diri sendiri

Berbelanja pun harus cermat sebagai kontribusi menyelamatkan lingkungan dari kerusakan..

3 Aksi sederhana selamatkan bumi, bisa dimulai dari diri sendiri

View Image

foto: shutterstock.com

Brilio.net - Permasalahan lingkungan di Indonesia merupakan salah satu problem yang perlu diselesaikan bersama. Ambil contoh masalah sampah di Jakarta yang sudah gawat darurat. Diperkirakan, TPST Bantargebang di Bekasi yang menjadi tempat pembuangan terakhir Jakarta akan overload pada 2021 nanti.

Pusing tujuh keliling, Jakarta butuh solusi yang efektif agar permasalahan ini cepat selesai. Jika tidak, sampah akan dibuang sembarangan dan berakhir di sungai. Hasilnya? Banjir bandang dengan kerugian miliaran rupiah bisa di depan mata.

Dimulai dari diri sendiri, kamu bisa membuat solusi akan permasalahan ini. untuk mengurangi dampak lingkungan, kamu bisa menerapkan gaya hidup yang lebih sustainable dalam kehidupan sehari-hari. Bertanggung jawab atas lingkungan sekitar harus jadi kewajiban individu secara bersama. Memang ke mana lagi kita akan hidup kecuali di bumi ini?

Sadar dengan hal ini, Unilever memiliki komitmen Unilever Sustainable Living Plan, di mana baik Unilever secara korporasi maupun brand-brandnya telah melakukan berbagai upaya meminimalkan jejak lingkungan melalui praktik bertanggung jawab yang diterapkan sepanjang rantai nilainya. Mulai dari memasok bahan baku, proses produksi, distribusi, hingga penanganan produk setelah digunakan konsumen.

Nah, kamu pun juga dapat turut berkontribusi dalam aksi baik ini. Berikut Brilio.net rangkum, Rabu (28/8), tiga aksi sederhana penerapan gaya hidup sustainable living yang bisa kamu praktikkan sehari-hari.

1. Pakai lap tangan ketimbang tisu setelah mencuci tangan.

3 Aksi sederhana selamatkan bumi, bisa dimulai dari diri sendiri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tisu sekali pakai sering jadi andalan ketika selesai mencuci tangan. Usut punya usut, tisu ternyata susah hancur ketika selesai digunakan. Walaupun memudahkan, penggunaan tisu tidak dianjurkan untuk jangka panjang.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membawa lap pribadi ke mana pun kamu pergi. Selain higienis, kamu juga lebih ramah lingkungan dengan tidak membuang banyak tisu sehari-hari.

2. Tidak boros air saat mandi dan sikat gigi.

3 Aksi sederhana selamatkan bumi, bisa dimulai dari diri sendiri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jangan main air ketika mandi dan menyikat gigi. Konsumsi air paling banyak di rumah tangga adalah untuk keperluan kamar mandi. Hal ini sangat perlu dilakukan terutama ketika musim kemarau seperti sekarang. Masih banyak daerah lain yang mengalami kekeringan akibat pasokan air yang berkurang. Dengan menghemat air, kamu bisa menerapkan gaya hidup sustainable living yang bisa meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan.

3. Pilih produk-produk yang minim jejak lingkungan.

3 Aksi sederhana selamatkan bumi, bisa dimulai dari diri sendiri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sebagai konsumen, kamu harus cermat memilih produk yang memberikan dampak minimal terhadap lingkungan. Lebih keren lagi misalnya produk tersebut ternyata menerapkan prinsip sustainability dari lini produksi hingga tangan konsumen. Dengan cermat memilih produk, kamu sudah berkontribusi besar terhadap solusi penyelesaian masalah lingkungan.

Kini sudah saatnya kamu lebih cermat dalam memilih produk yang bertanggung jawab dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan sosial. Gerakan besar inilah yang dilakukan oleh Unilever di kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ melalui 12 brandnya; Dove, Sunsilk, Sariwangi, Sunlight, Pepsodent, Lifebuoy, Rexona, Bango, Clear, Vaseline, Vixal, dan Wall’s.

Sebagai contoh, setiap produk Unilever menggunakan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan dan sudah memiliki sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Selain lingkungan, ada juga brand seperti Pepsodent yang secara konsisten memberikan manfaat sosial untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut melalui program edukasi sikat gigi pagi dan malam.

3 Aksi sederhana selamatkan bumi, bisa dimulai dari diri sendiri berbagai sumber

foto: Instagram/@Unileveridn

Kamu juga bisa menyebarkan pesan kebaikan ini dengan menggunakan stiker lucu #SetiapUBeriKebaikan di Instagram hasil kolaborasi antara Unilever dengan illustrator kenamaan Dinda PS.

Caranya mudah, search keyword 'unilever' di kolom stiker GIF saat hendak memposting Instagram Stories. Cocok banget deh untuk menunjukkan dukunganmu terhadap bumi pertiwi.

Penasaran bagaimana Unilever memberikan manfaat bagi masyarakat melalui brand–brandnya? Informasi lengkap bisa kamu dapatkan di sini. Yuk, berubah mulai dari diri sendiri demi bumi yang lestari bagi anak-cucu kita nanti!

 

3 Aksi sederhana selamatkan bumi, bisa dimulai dari diri sendiri

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu

Tags

#SetiapUBeriKebaikan Peduli Lingkungan Kegiatan Positif Kegiatan Positif Masyarakat Sponsored Content kepedulian
Tulis Komentar
MORE