Brilio.net - Untuk mencapai suatu titik kesuksesan memang tidak mudah. Kamu harus meraihnya dengan usaha, kerja keras, pantang menyerah, dan doa. Ya semua orang di dunia ini pastinya menginginkan menjadi orang yang sukses dalam hal segala hal.

Umumnya untuk mencapai level sukses, diraih oleh seseorang dengan rentang usia 40 tahun ke atas. Namun pada kenyataannya banyak juga yang sukses memasuki usia 30 tahun. Salah satunya Nadiem Anwar Makariem.

Sosok yang kini menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) ini awalnya dikenal sebagai pendiri Gojek. Meski awal pendirian Gojek mendapat ejekan dari berbagai pihak, tetapi hal itu tak menghentikan langkah Nadiem. Bahkan, Gojek tumbuh besar.

Nadiem memang banyak memberikan inspirasi bagi millenial. Beberapa ucapannya penuh makna dan motivasi.

Nah berikut 28 kata-kata bijak Nadiem Makariem penuh makna dan motivasi yang bisa kamu resapi, dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/1).

Kata-kata bijak Nadiem Makariem tentang pendidikan.

Kata-kata bijak Nadiem Makariem Instagram/@biro_psikologi_madiun  @nadiemmakarim.fanss

foto: Instagram/@biro_psikologi_madiun

1. "Teknologi adalah tools, hanya suatu alat. Bukan segalanya. Kualitas pembelajaran dalam kelas, interaksi antara guru dan murid itu esensinya."

2. "Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama."

3. "Anda (guru) ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi."

4. "Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

5. "Anda (guru) tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan."

6. "Kita memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi. Kita memasuki era di mana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya. Kita memasuki era di mana kelulusan tidak menjamin mutu. Ini hal-hal yang harus segera disadari."

7. "Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda (guru). Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia."

8. "Anda (guru) ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas."

9. "Anda (guru) ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

10. "Besok, di mana pun Anda (guru) berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda."

11. "Anda (guru) ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan."

12. "Anda (guru) tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi."

13. "Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas."

14. "Pendidikan itu tidak hanya di dalam kelas, bukan hanya guru, tetapi juga orangtua, dan bagaimana kita berinteraksi dengan masyarakat."

Kata-kata bijak Nadiem Makariem tentang bisnis.

Kata-kata bijak Nadiem Makariem Instagram/@biro_psikologi_madiun  @nadiemmakarim.fanss

foto: Instagram/@nadiemmakarim.fanss

15. "Jika kita tidak cukup luar biasa pada satu industri, maka akan cepat dilupakan oleh industri lain yang lebih baik dalam hal teknologi maupun finansial."

16. "Saya tidak pernah menganggap diri saya sebagai co-founder. Mereka menyebut saya itu, tapi sejujurnya saya adalah CEO hasil perekrutan."

17. "Karakteristik entrepreneur yang paling penting, pertama adalah keberanian bukan kepintaran."

18. "Bisnis bukan berbicara siapa yang menang, melainkan siapa yang bisa bertahan."

19. "Fokuskan bisnismu pada solusi."

20. "Harus ada manfaat sosial. Bisnis tak melulu cari untung."

21. "Be fearless. Walaupun ada rintangan, kita pasti bisa melewati itu semua apa pun hambatannya."

Kata-kata bijak Nadiem Makariem tentang kehidupan.
foto: Instagram/@nadiemmakarim.fanss

22. "Setiap orang bisa mencuri idemu, tapi setiap orang tidak bisa mencuri tindakanmu."

23. "Dikelilingi banyak orang dengan cara pandang yang berbeda denganmu sangatlah bermanfaat."

24. "Kamu harus berani untuk mengambil risiko dan berkata tidak, bahkan kepada bos kamu sendiri."

25. "Teknologilah yang bisa memberikan dampak sosial terbesar di negara ini. Bukan kebijakan atau policy."

26. "Keberanian adalah untuk bisa mengakui ketakutan, tapi tetap melangkah ke depan."

27. "Momentum adalah hal yang tidak kekal, selalu naik dan turun. Jika kamu tidak menangkap momentum itu di saat terbaiknya, kamu akan kehilangannya."

28. "Kawan-kawan pemuda jangan menunggu dunia berubah, dunia ada di tanganmu, asal kita berani melangkah kita tak akan pernah kalah."