Brilio.net - Tanggal 17 April 2019 tentu menjadi hari yang ditunggu-tunggu masyarakat karena bakal menjadi puncak pesta demokrasi di Indonesia. Pada hari tersebut, sekitar 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) bakal menyumbangkan suaranya dan menentukan nasib Indonesia memiliki pemimpin untuk lima tahun ke depan.
 
Pada hari tersebut, tidak hanya menyalurkan suara pemilihan, para partisipan pemilu tersebut juga dapat berburu diskon menarik di lebih dari 250 merchant dan gerai ternama di seluruh kota di tanah air. Wah, gimana caranya?
 
Nah, pemerintah dan swasta telah bersinergi meluncurkan program #KlingkingFun. Konsumen yang dapat menunjukkan jari yang telah dicelup tinta sebagai tanda telah melakukan pencoblosan akan mendapat fasilitas diskon menarik di hari tersebut. Namun diskon yang diberikan setiap gerai tentu berbeda-beda. Ada yang bisa mencapai 50 persen bahkan lebih.
 
Wakil Ketua Umum Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia), Shinta W Kamdani menjelaskan soal Klingking Fun tersebut. Meski namanya kelingking, namun menurut dia masyarakat dapat menunjukkan jari apapun dengan syarat sudah tercelup tinta sebagai bukti sudah nyoblos. Bukti tersebut nantinya bisa dipakai untuk memperoleh diskon-diskon yang diselenggarakan oleh ratusan gerai.
 
"Bebas mau jari apapun," kata Shinta saat ditemui awak media di JS Luwansa, Jakarta, Senin (15/4).
 
Menurut Shinta, selain mendongkrak jumlah pemilih, program tersebut juga bertujuan untuk menciptakan suasana pemilu sebagai pesta demokrasi agar menjadi lebih ceria dan betul-betul terasa seperti sebuah pesta perayaan. Terlebih menghindari golput.
 
"Kami merasa dari dunia usaha perlu melakukan sesuatu bahwa ini (Pemilu 2019) bukan situasi menakutkan, tapi harus jadi suasana yang gembira bagi masyarakat," ujarnya.
 
Tidak hanya gerai offline, beberapa e-commerce juga menawarkan promo menarik yang sama. Sebanyak 250 merek dan jaringan retail ternama, mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema, dan banyak lainnya.
 
"Beberapa di antaranya adalah: Tokopedia, Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, dan banyak lainnya," kata dia seperti dilansir brilio.net dari merdeka.com.
 
Tata cara untuk mendapatkan diskon pun sama, untuk online maupun offline. Untuk jaringan online, nantinya akan ada arahan dari gerai tertentu untuk mengunggah foto jari yang sudah tercelup tinta untuk memperoleh diskon menarik.
 
"Hal sama berlaku di beberapa bioskop yang ikut program tersebut," tutupnya.