Brilio.net - Hai sobat brilio, apakah kamu tahu terdapat 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Kali ini, jenis teks yang akan dibahas adalah Recount Text.

Recount Text merupakan salah satu jenis teks yang berisi cerita pengalaman seseorang pada masa lampau. Tujuan Recount Text biasanya untuk menceritakan kembali dan memberikan informasi serta menghibur pembacanya.

Cerita-cerita yang dituliskan merupakan hal yang terjadi pada masa lampau, tenses (bentuk waktu) dengan menggunakan Simple Past Tense. Selain itu, terdapat pula penggunaan adverbial phrase atau disebut sebagai keterangan tempat dan waktu. Kamu juga butuh menjelaskan di mana dan kapan pengalaman itu terjadi.

Terdapat 3 struktur teks Recount Text, yaitu :

1. Orientation, struktur pertama berisi informasi mengenai tokoh, tempat kejadian, kapan kejadian berlangsung dan sebagainya.

2. Events, struktur kedua merupakan isi dari teks atau berupa cerita mengenai kejadian.

3. Reorientation, struktur ketiga berisi mengenai kesimpulan maupun rangkuman atau pengulangan informasi yang terdapat pada struktur orientation.

Setelah mengetahui arti dan struktur, kamu bisa mempelajari contoh soal essay Recount Text dibawah ini yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/9).

 

 

 

MAGANG: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR