Brilio.net - Saat seorang anak terpisah dari ibu dan keluarganya, tentu akan timbul rasa rindu yang teramat dalam. Terlebih lagi jika anak itu belum pernah bertemu dengan keluarga kandungnya.

Hal ini pula yang dirasakan Muhd Hidahyat Jamaludin atau akrab disapa Dodiey. Dilansir brilio.net dari mstar.com.my, Senin (10/8), laki-laki asal Malaysia ini akhirnya bertemu ibu dan keluarga kandungnya setelah 20 tahun terpisah.

Sejak bayi, Dodiey telah diserahkan kepada ayah angkatnya dan dibesarkan di Ampang, Kuala Lumpur. Kendati ia tahu bahwa dirinya adalah anak angkat, Dodiey mengaku selama ini belum berpikir untuk mencari siapa keluarga kandungnya.

"20 tahun lalu saya diserahkan ke ayah angkat saya karena keluarga saya tidak mampu saat itu. Selama ini saya belum terpikir untuk mencari mereka… mungkin saya belum dewasa. Apalagi saya diurus dengan baik oleh keluarga angkat. Memang dari kecil saya tahu saya anak angkat, tapi saya melihat itu semua dari sisi positif," ucap Dodiey.

Dodiey bertemu keluarga mstar.com.my

foto: mstar.com.my

Puluhan tahun hidup bersama keluarga angkat, Dodiey tak menyangka akhirnya bisa mengetahui dan bertemu langsung dengan keluarga kandungnya. Pertemuan tersebut terjadi saat ia menghadiri pernikahan sang kakak di Kajang, Selangor.

"Saya bertemu mereka saat pernikahan saudara perempuan saya. Saya belum pernah bertemu. Hanya sekarang saya memiliki kekuatan untuk bertemu," ujar laki-laki 20 tahun ini.

Dodiey bertemu keluarga mstar.com.my

foto: mstar.com.my

Dodiey mengungkapkan, keluarga kandungnya sudah mengenalnya melalui media sosial selama bertahun-tahun, namun ia baru menyadarinya tahun lalu. Bahkan, ibu kandungnya selalu mengirimkan ucapan 'selamat ulang tahun' melalui halaman Facebooknya.

"Saya mulai punya Facebook sejak usia 11 tahun. Jadi setiap kali saya berulang tahun, ada seorang bibi yang mengirimi saya ucapan selamat. Ternyata ibu kandung saya sudah lama memantau akun Facebook saya," ujarnya.

Dodiey baru menyadari hal tersebut tahun lalu. "Tahun lalu saya mulai penasaran. Jadi saya mencoba untuk menyelidiki dan melihat foto salah satu anaknya, saudara keenam saya, wajahnya mirip dengan saya. Dari situ saya perhatikan bahwa dia adalah ibu kandung saya. Saya bertanya terus menerus dan akhirnya dia mengaku. Namun saat itu saya belum berkenalan secara mendalam," tambahnya.

Dodiey bertemu keluarga mstar.com.my

foto: mstar.com.my

Dodiey juga mengungkapkan, keluarga angkatnya pun mendukung jika dia ingin menemui keluarga kandungnya. "Kata mereka, ini waktu yang tepat," paparnya.

Setelah sekian lama mengumpulkan kekuatan dan keberanian, Dodiey akhirnya setuju untuk bertemu mereka, yakni pada hari pernikahan saudara perempuannya. Pertemuan tersebut pun dipenuhi dengan air mata. Mereka bertatap muka hingga berpelukan untuk pertama kalinya dalam 20 tahun.

"Ketika saya bertemu orang tua saya, saudara-saudara, saya kehilangan rasa takut. Saya disambut dengan sangat baik. Kami semua adalah tujuh bersaudara dan saya adalah anak bungsu. Semua orang menangis saat itu. Meski saya diserahkan kepada orang lain sejak saya masih kecil, saya tidak pernah menyalahkan keluarga saya. Jadi sehari sebelum pertemuan itu, saya benar-benar takut dan berdebar-debar," ucap Dodiey.

Dodiey bertemu keluarga mstar.com.my

foto: mstar.com.my

Sejak pertemuan tersebut, Dodiey mengungkapkan bahwa dia akan fokus pada dua keluarganya.

"Setelah ini, saya akan fokus pada keluarga angkat maupun keluarga biologis saya. Keduanya sama-sama berarti. Saya menganggap pertemuan kemarin sebagai hari bersejarah. Bahkan hal-hal yang mustahil bisa terjadi. Percayalah pada keajaiban," tutup Dodiey.

Kisah pertemuan antara Dodiey dan keluarga kandungnya pun ramai di media sosial. Banyak warganet yang terharu melihat momen emosional tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

20 tahun tak jumpa. Memang air mata lah jawabnya. Min tumpang happy mereka akhirnya bersatu. #mstaronline #mstar15tahun #mstarMoi

A post shared by mStar (@mstaronlineofficial) on