Brilio.net - Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk lolos dalam wawancara (interview). Wawancara (interview) adalah sebuah tahapan yang sangat penting dalam sebuah perekrutan. Biasanya proses ini dilakukan setelah melalui tahapan seleksi berkas. Nah, jika lolos ke tahap interview itu berarti perusahaan ingin mengenalmu secara langsung.

Maka dari itu pada saat mengikuti sebuah wawancara kerja, kamu harus memahami beberapa hal agar perusahaan bisa menerima. Hal-hal yang perlu dipahami adalah bagaimana cara menjawab sebuah pertanyaan yang interviewer berikan dan kesiapan dalam bekerja.

Cara mengikuti interview bahasa Inggris.

wawancara © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Dalam mengikuti wawancara kerja (interview) perlu mempersiapkan beberapa hal diantaranya sebagai berikut:

1. Mulailah pembicaraan ringan

Perbincangan ringan ini bertujuan untuk menghilangkan suasana canggung, selain itu juga berfungsi untuk membangkitkan rasa percaya diri kalian sejak awal sesi.

2. Ceritakan pengalaman

Dalam tahap ini ceritakan pengalaman kerja kamu dari mulai yang terbaru hingga terdahulu. Pada saat menceritakan pengalaman kerja jangan ceritakan secara panjang lebar, karena akan membuat pewawancara menjadi bosan dan mungkin menghentikan pembicaraan. Perlu diingat pada saat interview dengan bahasa Inggris kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti gaya bahasa dan intonasi dalam pengucapan kalimat.

3. Kenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Di antara kedua pertanyaan tersebut, kelemahan lebih rumit dijawab. Cobalah untuk memberikan satu saja kelemahan diri kamu dan gunakan kelemahan tersebut sebagai suatu proses belajar yang didapatkan selama bekerja. Ibaratkan diri kamu adalah sebuah barang dagangan yang punya kelebihan.

4. Buatlah pertanyaan seputar perusahaan

Usahakan pada saat akhir wawancara kalian ajukan beberapa pertanyaan seputar perusahaan, supaya kalian terkesan tertarik untuk masuk ke perusahaan.