Brilio.net - Banyak orang yang kurang memperhatikan daun yang berguguran di atas tanah atau yang telah mengering. Namun seniman asli Blitar ini malah tertarik untuk bereksplorasi dan bereksperimen dengan daun kering. Ialah Adek Dimas Ajisaka (25), seorang pekerja seni yang senang berkreasi menciptakan karya yang belum pernah ia buat sebelumnya.

Bagi Dimas, begitu ia disapa, daun menjadi salah satu alternatif baru media untuk berkarya. Pria yang kini tinggal di Jogja ini melihat potensi dari pemukaan daun yang cukup lebar sehingga cocok dijadikan sebagai bidang ukir.

Dimas mengaku bahwa karya pertama dari daun yang ia buat adalah potret wajah. "Dulu ada temenku yang minta tolong dibuatkan sesuatu yang unik untuk dia kasih ke seseorang yang spesial gitu. Ya itu jadi percobaan sekaligus karya pertama dari daun," cerita Dimas saat dihubungi brilio.net, Rabu (20/7).

Tak disangka, arya daun yang Dimas buat mendapatkan respons positif dari teman-temannya. Di tangan sang kreatif, daun kering yang bagi banyak orang dianggap sampah pun bisa jadi sebuah karya seni. Sejak saat itulah, banyak orang yang berminat untuk dibuatkan karya serupa.

Selagi terus mengembangkan ide, Dimas mengatakan bahwa berkarya dengan daun kering juga bagian dari proyek ekologi. Lewat karyanya, ia berusaha memanfaatkan benda sisa untuk diproses lagi sehingga memiliki nilai baru.

"Kalau daun yang masih hijau (di pohon) masih bermanfaat untuk menghasilkan oksigen. Jadi aku memanfaatkan sisanya aja," ujar alumni Jurusan Seni Murni, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta ini.

BACA JUGA: 7 Tebak-tebakan ini benar-benar menguji kecerdasan, kamu berani coba?

Penasaran seperti apa karya Dimas dengan menggunakan daun kering? Nah, berikut ini brilio.net tunjukkan 12 karya kreatif yang tercipta dari daun kering, dikutip dari dari akun @adekdimas_ajisaka. Kreatif dan detail banget!

1. Permintaan seorang teman untuk dibuatkan sesuatu unik jadi langkah awal Dimas dalam berkarya.



2. Karya pertama yang ia buat adalah potret wajah. Tak ketinggalan potret Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung.



3. Presiden RI yang akrab disapa Jokowi juga bisa Dimas ukir di atas daun kering.



4. Dimas menggunakan daun jati dalam membuat setiap karyanya.



5. Menurut Dimas, daun jati memiliki tekstur daun yang cukup kuat dan keras sehingga akan memudahkan saat proses pengerjaan dan pengawetan karya.




Berapa lama dia bisa selesaikan satu karya? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


6. "Kalau objek wajah sehari bisa selesai, kalau objek lebih banyak dan detail bisa 3-4 hari pengerjaan," katanya.



7. Tantangan Dimas saat berkarya dengan daun kering adalah saat membuat detail karakter wajah, membuat kemiripan dan komposisi objek.



8. Apalagi ia menggunakan daun sebagai media ukir, tentu harus lebih berhati-hati ketika memotong daun agar tak merusak konstruksi daun yang lain.



9. Dengan teknik pengawetan khusus, daun kering tak akan membusuk sehingga lebih tahan lama untuk disimpan.



10. Tak hanya potret wajah, Dimas juga sering membuat karya yang lebih idealis. Ia biasanya mengangkat isu utama tentang kerusakan lingkungan dengan segala aspek yang mengiringi.



11. Kini, karya Dimas makin diminati banyak orang. "Soal harga tentu mengalami perkembangan sejalan dengan minat pasar terhadap karya yang aku tawarkan," tambahnya.



12. Bagi Dimas berkarya telah menjadi pilihan utama baik sebagai hobi maupun profesi. Banyak hal yang ingin ia eksplorasi lagi, entah seperti apa hasil karya Dimas nanti, yang pasti ia akan mencoba melakukan yang terbaik untuk karya-karyanya.