Brilio.net - Terlahir dengan fisik sempurna tentu dambaan semua orang. Namun kondisi ini nyatanya tak bisa berlaku pada beberapa orang yang lahir dengan anggota tubuh atau organ ekstra.

Nah, seperti apa anggota tubuh ekstra tersebut? Berikut 12 orang yang punya anggota tubuh ekstra, seperti dilansir brilio.net dari Viralands, Rabu (8/6):

1. Hazel Jones, wanita dengan dua vagina.

Jones memiliki kondisi yang jarang ditemui pada wanita. Dia memiliki dua vagina dalam satu tubuh. Kondisi ini juga dikenal sebagai didelphys uterus, dimana di alat kelaminnya terdapat dua jalur rahim yang terpisah. Dokter pernah menawarkan dirinya untuk melakukan operasi, namun Jones menolak dan tetap mempertahankan dua vagina yang dimilikinya.

Meski tak dipungkiri awalnya sempat merasa aneh dan tak nyaman, kini Jones benar-benar menikmati keunikan yang dimilikinya. Ia bahkan mengakui memiliki kehidupan seksual yang menyenangkan. Selain itu, ia juga sempat terkenal dan mendapat tawaran sebagai model.

2. Alfie Clamp, balita dengan untaian DNA tambahan.

Clamp didiagnosis mengalami kelebihan untaian atau kelebihan cabang (extra strand) di dalam DNA-nya. Kondisi ini membuatnya mengalami kebutaan dan cacat berat sejak lahir. Dokter yang menangani Clamp tak mengetahui nama kelainan untuk kondisi langka itu. Namun dari hasil pemeriksaan diketahui ada 7 kromosom di dalam DNA Clamp yang memiliki kelebihan cabang atau untaian material. Kedua orangtuanya juga terdeteksi tak memiliki kelainan gen.

Beberapa hari sejak dilahirkan, Clamp sempat dilarikan ke rumah sakit karena napasnya berhenti dan bibirnya membiru. Lalu ketika berusia 6 minggu dokter menemukan adanya kelainan dalam DNA-nya. Kondisi inilah yang membuat otot-otot di tubuh Clamp sangat lemah sehingga kesulitan untuk mengontrol dirinya sendiri dan parahnya tak bisa melihat hingga berusia 3 bulan. Selain itu, Clamp juga sering kejang akibat suhu tinggi dan masalah metabolisme.

Berbagai kondisi yang dialami Clamp menyebabkan dirinya harus bolak-balik masuk rumah sakit. Namun menurut laman Dailymail, kini Clamp yang berasal dari Nuneaton, Warwickshire, Inggris ini diketahui sudah bisa melihat dan akan melakukan operasi berikutnya untuk memperbaiki masalah pada ususnya.

3. Kangkang, bayi yang memiliki dua wajah.

Kangkang terlahir dengan kondisi langka yang dikenal dengan istilah transverse facial cleft. Kondisi ini menyebabkan setengah wajahnya berada di atas wajah satunya, seperti dua wajah yang menumpuk dan menyerupai topeng. Padahal saat ibunya hamil semua berjalan normal dan tak ada tanda-tanda keanehan, tapi kenyataanya berbeda setelah Kangkang lahir.

Kelainan ini bisa ditangani oleh dokter namun membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untungnya kedua orangtuanya berhasil mengumpulkan uang untuk biaya operasi. Bahkan sebuah rumah sakit di Shanghai, China juga menawarkan operasi secara cuma-cuma untuk Kangkang.

4. Pria dengan dua jantung.

Seorang pria dari Verona, Italia lahir dengan kondisi normal. Namun ketika melakukan operasi karena serangan jantung, ia baru sadar jika dirinya memiliki dua jantung. Dokter yang menangani kasus ini awalnya mengira hanya kasus serangan jantung biasa hingga akhirnya menemukan sesuatu yang aneh. Untungnya, pria ini berhasil selamat bahkan setelah mengalami dua kali serangan jantung.

5. George Lippert, pria dengan 3 kaki dan 2 jantung.

Di Jerman pada tahun 1844, George Lippert terlahir dengan tiga kaki dan dua jantung yang berfungsi. Kondisi tersebut tak ia ketahui sampai otopsi pada tahun 1906. Kaki ketiganya sepenuhnya terbentuk dan bahkan memiliki sebuah jari ekstra sehingga membuatnya memiliki 16 jari kaki.

 6. Zhang Ruifang, nenek dengan tanduk di dahi.

Seorang wanita tua asal China telah mengejutkan keluarganya dan warga desa karena dahinya tumbuh tanduk menyerupai kambing. Nenek yang diketahui bernama Zhang Ruifang (101) dari desa Linlou, Provinsi Henan ini diketahui mulai tumbuh tonjolan di kepalanya secara misterius sejak tahun 2009 lalu. Sejak saat itulah, tanduknya diklaim tumbuh 2 inci setiap tahun.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


7. Seorang anak laki-laki dengan 31 jari tangan dan kaki.

Anak anak China lahir dengan 15 jari tangan dan 16 jari kaki. Anak yang tak diketahui identitasnya ini kemudian menjalani operasi untuk menghilangkan kelebihan jari tersebut pada tahun 2010. Setelah itu, dia hidup normal hingga saat ini.

8. Pria dengan hidung tambahan di dahi.

Seorang pria dari China membutuhkan hidung baru setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Dokter memutuskan untuk membuat hidung baru di dahinya guna menggantikan hidung lamanya yang rusak.

9. Gadis dengan 4 tangan dan 4 kaki.

Seorang gadis kecil bernama Lakshmi disebut sebagai Dewi di desa kecilnya di India karena memiliki empat tangan dan empat kaki. Meski mendapat sebutan Dewi, gadis ini mengalami kesulitan bergerak. Tapi setelah kembar parasitnya dihilangkan, dia akhirnya bisa bergerak bebas.

10. Yin Xin, gadis dengan janin di punggung.

Seorang gadis asal Jepang bernama Yin Xin lahir dengan kondisi langka. Dimana terdapat janin di pungungnya. Di usia 11 tahun, janin tersebut juga tumbuh dan berkembang mirip bayi. Akhirnya, dia menjalani operasi dan janin tersebut diangkat dari punggungnya.

11. Deepak Paswan, bocah dengan 8 lengan dan kaki di dada.

Bocah asal Bihar, India ini hidup dengan 8 lengan dan kaki yang tumbuh di bagian dada. Menurut dokter, anggota tubuh ekstra yang dimiliki Paswan sebenarnya adalah milik kembarannya yang tak berkembang dengan sempurna. Kondisi aneh itu membuatnya tak lepas dari ejekan anak-anak lain. Untungnya, kini ia telah menjalani operasi untuk menghilangkan kaki dan tangan kembarnya.

12. Jessica Curphey, gadis dengan 4 ginjal.

Curphey sering mengalami sakit yang luar biasa di sisi kanan tubuhnya dan membuatnya dilarikan ke rumah sakit. Awalnya, dokter mendiagnosis infeksi urine dan meresepkan antibiotik. Namun dari hasil scan menunjukkan bahwa ada kista berukuran 17 cm pada ginjal kanannya. Lalu, 11 hari kemudian, pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa Curphey memiliki dua ginjal di sisi kanannya dan satu ginjal lain yang semula dikira kista.

Dokter pun menyarankan Curphey untuk melakukan operasi mengingat kondisi ginjalnya yang sudah rusak cukup parah. Selama operasi itulah dokter menemukan ada ginjal lainnya, yang berarti Curphey memiliki 4 buah ginjal.