Brilio.net - Desa Huaxi di Provinsi Jiangsu didapuk sebagai desa terkaya di China. Setiap keluarga yang mendiami desa ini mampu mendapat penghasilan berlimpah. Bagaimana tidak, survei pada tahun 2009 mengungkap, setiap keluarga di desa ini memiliki setidaknya satu rumah dan mobil. Sedangkan aset yang dimiliki setiap keluarga bisa mencapai US$ 150 ribu atau setara Rp 1,9 miliar. Mereka juga mendapatkan layanan kesehatan dan pendidikan gratis. Yang lebih mencengangkan lagi, penduduk Huaxi yang dulunya miskin kini punya mobil dan rumah mewah.

Dilansir dari Business Insider, Desa Huaxi pertama kali didirikan di 1960-an oleh Wu Renabo, mantan Sekretaris Komite Partai Komunis Desa Huaxi.

Dulunya, Huaxi yang hanya memiliki luas 250 acre adalah desa yang sangat miskin dan warganya hanya bekerja sebagai petani biasa yang hidupnya sangat memprihatinkan. Namun, keadaan miris ini pada akhirnya berubah seratus delapan puluh derajat. Kini, Huaxi adalah desa paling kaya di Negeri Tirai Bambu.

Desa ini kini tak bisa dipandang sebelah mata. Huaxi kini punya perusahaan besar yang bergerak di industri baja. Huaxi juga mampu membeli pesawat dan berencana membeli kapal laut.

Industri dan tekstil jadi titik balik desa ini. Dua sektor ini dibangun sangat serius oleh salah satu tokoh pendiri dan senior Huaxi. Dengan pelan tapi pasti mulai mengubah nasib desa miskin ini menjadi sangat makmur.

Loading...

Nah, biar nggak makin penasaran yuk intip penampakan desa Huaxi, desa terkaya di China lewat foto-foto yang dirangkum brilio.net dari Rocketnews24.

1. Di pintu masuk Huaxi, terpampang tanda besar bertuliskan "Desa Nomor Satu yang Terletak di Bawah Langit".

desa terkaya china © 2017 brilio.net

2. Di Huaxi, bangunan-bangunan bak villa mewah dengan bentuk dan penampilan identik berjajar rapi dari utara ke selatan, dari barat ke timur.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

3. Desa ini menyediakan fasilitas luar biasa bagi penduduk asli, seperti layanan kesehatan, pendidikan, rumah mewah, mobil, yang semuanya gratis, dengan jumlah tabungan minimal milik penduduknya Rp 3,3 miliar.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

4. Huaxi juga disebut sebagai "World Park", di mana banyak replika simbol ikonik dunia terdapat di sana, seperti Patung Liberty, Arc de Triomphe, serta Tembok Besar China.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

5. Untuk menunjukkan kekayaannya, desa tersebut menghabiskan tiga miliar yuan atau sekitar Rp 5,8 triliun untuk membangun gedung pencakar langit pada 2011. Gedung tersebut, Hanging Village of Huaxi, memiliki tinggi 328 meter dengan jumlah lantai 72 buah.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

6. Di dalam gedung tertinggi ke-15 di China itu terdapat hotel bintang lima yang terdiri dari 826 kamar mewah. Di lantai 60 hotel tersebut, terdapat patung sapi jantan yang terbuat dari emas murni.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

7. Tak hanya rumah mewah, Huaxi juga memiliki perusahaan transportasi mewah. Bukan dengan mobil, desa itu menggunakan helikopter sebagai taksi.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

8. Meski Huaxi disebut sebagai desa utopia modern, namun kenyataannya tak seindah yang selama ini diberitakan. Menurut Businsess Insider, penduduk Huaxi harus bekerja penuh dalam seminggu karena pada awalnya desa tersebut didesain agar orang-orang dapat bekerja.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

9. Berikut penampakan isi di dalam villa mewah di desa Huaxi.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

10. "Meski penduduk desa ini kaya raya, mereka tak bisa membawa kekayaannya keluar saat meninggalkan desa. Jadi, sangat diragukan kalau aset ini milik penduduk tersebut," ujar Yuan Yulai dari firma hukum Zhejiang Zhixing.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

11. Penduduk Huaxi yang dulunya miskin kini punya mobil dan rumah mewah.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

12. Lebih dari lima dekade setelah Wu Renbao mendirikan desa tersebut, Huaxi masih menjadi salah satu desan paling kaya, misterius, dan kontroversial di China.

desa terkaya china © 2017 brilio.net

RECOMMENDED BY EDITOR