Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ulasan adalah kupasan, tafsiran, atau komentar. Sedangkan mengulas mempunyai arti berupa memberikan penjelasan, komentar, menafsirkan dalam bentuk pendapat dan sebagainya.

Jadi, teks ulasan atau resensi bisa diartikan sebagai teks yang mengulas isi, kelebihan, dan kekurangan buku, film, atau teks lain yang telah diterbitkan oleh sang pembuat. Teks ulasan umumnya ditulis dalam bentuk artikel.

Terdapat beberapa jenis karya yang biasanya diulas, diantaranya karya sastra, artikel, hingga karya seni. Tak hanya itu, teks ulasan juga digunakan untuk mengulas sebuah peristiwa atau sebuah kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Fungsi teks ulasan ini tentunya untuk menimbang, menilai, serta mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut.

Struktur teks ulasan sendiri terdiri dari: judul, pendahuluan/orientasi, isi resensi/ulasan, penilaian, rangkuman/kesimpulan. Jika kamu sedang mempelajari teks ulasan,kamu bisa memulai dengan membaca beberapa contoh teks ulasan.

Seperti yang brilio.net rangkum berikut ini, 11 contoh teks ulasan dari berbagai karya, buku hingga film. Dihimpun dari berbagai sumber Senin (03/01).

1. Contoh teks ulasan buku Cinta Brontosaurus.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@viuindonesia

- Orientasi

Judul buku: Cinta Brontosaurus

Penulis: Raditya Dika

Penerbit: Gagas MediaT

Tahun terbit: 2006

- Isi Resensi/Ulasan

Seorang penulis bernama Dika baru saja putus cinta dari Nina. Sejak itu, dia percaya bahwa cinta ada kedaluwarsanya. Namun, Kosasih yang merupakan agen naskah Dika berusaha membangkitkan kepercayaan Dika kembali terhadap cinta. Usaha ini menempatkan Dika pada perkenalan dan perjumpaan absurd dengan berbagai wanita.

Hingga tanpa disengaja Dika berjumpa dengan Jessica yang ternyata memiliki jalan pemikiran sama anehnya dengan Dika. Di sisi lain, Dika mendapatkan tawaran film dari bukunya yang berjudul 'Cinta Brontosaurus'.

Namun, masalah lain datang ketika naskahnya harus diubah menjadi genre film horor yang saat itu sedang tenar. Padahal, buku itu mengisahkan pengalamannya memahami cinta.

- Penilaian

Tampilan buku ini sangat menarik dengan cover yang terlihat ceria. Isi buku cukup mengaduk emosi pembacanya dengan gabungan kisah komedi, cinta, hingga kehidupan sehari-hari.

Bahasa dalam buku ini sangat menggambarkan kehidupan anak muda zaman sekarang yang terbiasa dengan bahasa gaul. Sementara kekurangannya, pada akhir cerita masih mengambang dan banyak kata vulgar.

- Kesimpulan

Di balik segala kelebihan dan kekurangannya, buku ini mengundang minat banyak orang karena nama besar penulisnya. Sisi humor Raditya Dika dituangkan dalam buku ini dan mampu menghibur setiap pembacanya.

2. Contoh teks ulasan buku Laskar Pelangi.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@bbyblueshark

- Orientasi

Judul buku: Laskar Pelangi

Penulis: Andrea Hirata

Penerbit: Bentang Pustaka

Tahun terbit: 2005

- Isi Resensi/Ulasan

Cerita ini berisi tentang sekelompok anak dengan semangat belajar dan bersekolah yang tinggi. Meski mereka masih duduk dikelas 1 SD dan SMP serta bersekolah disebuah sekolah yang penuh dengan keterbatasan mereka tetap semangat menggapai cita-cita mereka.

Pada awal cerita kisah diceritakan sekumpulan anak yang tinggal didaerah Desa Gantung, Belitung timur. Mereka bersekolah di Muhammadyah. Pemerintan oendidikan setempat hendak membubarkan sekolah tersebut karena jumlah siswa dan siswi nya kurang dari 10 orang. Namun pembubaran tersebut diurungkan dengan syarat pada tahun ajaran baru haruslah memiliki 10 siswa siswi baru.

Usaha telah dilakukan namun hingga saat acara pembukaan tahun ajaran baru sekolah tersebut hanya ada 9 orang anak. Semua orang khawatir akan kondisi sekolah tersebut. Namun, tiba-tiba sesaat sebelum kepala sekolah membacakan pidatonya Harun dan Ibunya datang untuk mendaftarkan Harun kesekolah tersebut. Sontak semua anak dan guru di sekolah tersebut bersorak gembira menyambut Harun.

- Penilaian

Amat disayangkan film ini berkesan monoton dan hanya berpusat pada pendidikan di SD muhammadyah. Lebih baiknya, beberapa scene yang ditampilkan harusnya diperpanjang seperti pada saat perkenalan pertokoh. Namun secara keseluruhan film ini fibuat dengan sangat baik. Keinginan kuat para pengajar membuahkan hasil yang baik. Laskar Pelangi dapat terus belajar di sekolah walaupun tokoh Lintang terpaksa drop-out karena Ayahnya meninggal dan ia terpaksa menjadi tulang punggu dikeluarganya. Selain itu, pengambilan kisah romansa pada film ini merupakan sebuah bumbu yang menghiasi film ini dengan baik.

- Kesimpulan

Dari film Laskar Pelangi diatas dapat kita simpulkan bahwa Laskar Pelangi memungkinkan kita melihat cerita yang didasarkan pada pengalaman pengarang, yang menggambarkan kondisi prihatin anak-anak kurang mampu Pulau Belitung. Sangat banyak sekali pesan moral yang disajikan pada film ini sehingga tak jarang penonton sampai meneteskan air mata ketika menonton film ini karena kegigihan semangat Lintang dan teman-teman nya demi meraih pendidikan didaerah yang sangat terpencil di Indonesia. oleh sebab itu, maka tak heran jika film ini berhasil merai berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar Negeri.

3. Contoh teks ulasan buku Habibie dan Ainun.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@b.jhabibie

- Orientasi

Judul buku: Habibie dan Ainun

Penulis: BJ Habibie

Penerbit: PT THC Mandiri

Tahun terbit: 2010

- Isi Resensi/Ulasan

Bermula ketika Habibie bertemu kembali dengan Ainun kala malam lebaran di rumahnya. Waktu itu, masa cuti yang dimiliki oleh Habibie hanya 3 bulan lamanya dan kemudian berniat untuk kembali ke jerman bersama Habibie. Bu Ainun sangatlah mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh Pak Habibie dan tidak pernah mengeluh perihal pekerjaan tersebut. Bahkan selalu mendampinginya kala Habibie terkena penyakit TBC.

Habibie juga dikenal selalu melibatkan Ainun dalam setiap keputusan yang dibuatnya. Berkat dari keharmonisan tersebut, habibie berhasil mendapat banyak prestasi yang mengagumkan di Jerman. Kisah mereka kemudian berakhir dengan meninggalnya Ainun setelah berjuang melawan kanker selama bertahun-tahun lamanya.

- Penilaian

Bahasa yang digunakan dalam buku ini mampu menghayutkan perasaan orang-orang yang membacanya. Tidak heran jika kemudian buku ini menjadi favorit banyak orang. Buku ini sendiri diklaim sebagai perantara untuk menutupi kekosongan hati yang dialami oleh pak Habibie.

- Kesimpulan

Novel ini sangatlah dibutuhkan oleh pasangan yang sedang memerlukan semangat juga motivasi dalam membangun keluarga kecilnya yang harmonis dan saling mendukung satu sama lainnya.

4. Contoh teks ulasan novel Surat Kecil untuk Ayah.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@paramadhanti

- Orientasi

Judul novel: Surat Kecil untuk Ayah

Penulis: Boy Chandra

Penerbit: Bukune

Tahun terbit: 2018

- Isi Resensi/Ulasan

Pada bab pertama, Boy Chandra menceritakan lelaki yang sangat dekat dengan kehidupannya. Lelaki tersebut memberikan kasih tak terkira dan selalu menghadirkan senyuman di pagi buta. Yang dimaksud lelaki tersebut adalah Ayah.

Ayah dalam novel tersebut tidak pernah lelah untuk membuat seorang anak merasa nyaman. Namun, ia tak mengenal siapa sebenarnya ayahnya. Cerita ini diakhiri saat saudara tiri memintanya datang ke Jakarta untuk menuju ke sebuah pemakaman. Matanya lantar menangis dan turun dari mobil dengan langkah gontai. Genggaman tangan yang memegang bunga tersebut jatuh bersama dengan air matanya.

- Penilaian

Kelebihan dari novel ini adalah bahasa yang disajikan dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Novel ini juga melampirkan beberapa perjuangan anak, ibu dalam kehidupan nyata. Sayangnya, novel ini adalah masih ada terdapat salah tulis dan penulisan yang kurang menarik serta sulit dimengerti.

- Kesimpulan

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini wajib dibaca oleh anak zaman sekarang. Buku ini mengajarkan bahwa seorang anak harus menghargai kerja keras dan ketegaran seorang ayah. Meski terkadang kita lupa bahwa ayah juga seorang manusia biasa.

5. Contoh teks ulasan novel Hujan.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@ilovebuku

- Orientasi

Judul novel: Hujan

Penulis: Tere Liye

Penerbit: Gramedia Pustaka

Tahun terbit: 2016

- Isi Resensi/Ulasan

Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu saat terjadi bencana alam. Gempa bumi dari gunung purba dan mengakibatkan tsunami di belahan bumi lain. Namun, saat bencana itu pulalah ia ‘bertemu’ dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya sehingga Lali tidak tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah. Lail dan Esok kemudian ‘terjebak’ dalam percintaan selama masa pengungsian. Dimana ada Esok disana ada Lail. Tapi bukan percintaan yang biasa. Tidak biasa karena mereka berdua memiliki cara yang ‘santun’ dalam menjaga hati .

Juga ada Maryam, sahabat setia Lail. Bertemu setelah masa-masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Maryam dengan Lail ini sangat akrab. Maryam yang tau bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih sedari sekedar percintaan biasa. Dengan karakter Lail yang introvert, dia tidak dibuat marah ‘beneran’ ketika Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua. Masa itu diceritakan kalau bencana alam yang terjadi itu baru permulaan. Setelah itu terjadi musim dingin berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

- Penilaian

Novel yang disajikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali setelah sekian lama tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang remaja mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasimu benar-benar akan dibuat terbang oleh Tere Liye.

- Kesimpulan

Novel Hujan ini memang istimewa. Tema yang diusung gak sesederhana tema novel romantis kebanyakan. Porsinya tak hanya untuk seputar cinta remaja melainkan ada bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti, tentang kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan. Hingga membuat sepasang kekasih yang saling mencintai, juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan.

6. Contoh teks ulasan novel Dunia Cecilia.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: freepik.com

- Orientasi

Judul novel: Dunia Cecilia (Through a Glass, Darkly)

Penulis: Jostein Gaarder

Penerbit: Phoenix House, London

Tahun terbit: 1996

- Isi Resensi/Ulasan

Dunia Cecilia mengisahkan petualangan seorang gadis bernama Cecilia yang sakit keras dengan malaikat penjaganya. Cecilia telah lama sakit keras dan mungkin tidak akan pernah sembuh. Ia selalu terbaring di ranjang dan menulis catatan pribadi berisi pemikirannya akan kehidupan dan kematian. Cecilia sesekali berkumpul dengan keluarganya dengan digendong oleh ibu dan ayahnya yang sangat menyayanginya.

Namun suatu malam natal, Cecilia bertemu dangan malaikat pelindungnya. Yang ternyata sangat cantik namun tanpan, bukan laki-laki maupun perempuan, tidak mempunyai rambut dan juga perasaan. Cecilia yang awalnya hanya bisa berbaring karena sakit keras, tiap malam menjadi bisa bermain keluar. Setiap malam saat keluarganya tertidur, Cecilia mengendap keluar dengan malaikat pelindungnya. Melakukan hal-hal yang tidak pernah bisa ia lakukan seperti bermain ski. Saat malam hari bersama malaikat badannya terasa sangat sehat, namun keesokan harinya Ia akan merasa tubuhnya jauh lebih lemah.

- Penilaian

Dunia Cecilia berisikan pertanyaan-pertanyaan filsafat seorang gadis kecil terhadap dunia kehidupan maupun kematian. Cecilia membawa kita pada pemikiran-pemikiran baru yang di luar nalar, membuai dengan kata-kata indah di dalamnya, dan membuat kita merasakan kembali jiwa anak kecil yang bebas. Novel ini memberikan ketertarikan tersendiri di akhir cerita. Pembacanya akan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi pada Cecilia, apakah Cecilia benar-benar mengalami petualangan secara fisik atau hanya jiwanya dan apakah Cecilia sedih akan kematiannya. Akhir cerita Dunia Cecilia mengantarkan pembacanya pada imajinasi masing-masing dan mengembangkannya sesuai dengan ide-ide yang diberikan dari novel.

- Kesimpulan

Dunia Cecilia merupakan novel yang indah, pelik, namun juga menakjubkan. Cocok sekali bagi para pemikir juga para pemimpi yang senang berimajinasi dengan pikirannya sendiri. Dunia Cecilia membuat kita menyadari betapa indahnya hidup yang kita jalani walau kehidupan tidaklah abadi.

7. Contoh teks ulasan film 5 CM.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@zara_ab_

- Orientasi

Judul film: 5 CM

Tahun rilis: 2012

Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 CM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Rizal Mantovani kemudian menjadi sutradara pada film yang bergenre drama inspiratif ini.

Film ini dirilis pada 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama, yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Syah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

- Isi Resensi/Ulasan

Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana, namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Tokoh utama pada film ini sudah menjalin persahabatan cukup lama. Mereka punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Suatu ketika, mereka berkumpul di rumah Arial dan berkomunikasi tentang persahabatan mereka. Seketika, Genta berinisiatif dan memberikan ide agar mereka tidak bertemu dalam kurun waktu yang ditentukan.

Akhirnya, mereka sepakat dan memutuskan untuk berpisah sementara, tidak ada komunikasi dan tidak ada pertemuan dalam kurun waktu tiga bulan. Mereka sepakat untuk bertemu kembali pada waktu dan tempat yang ditentukan.

Akhirnya mereka bertemu pada tanggal 17 Agustus untuk melakukan perjalanan agar lebih mencintai Indonesia. Mereka merayakan kemerdekaan di Gunung Semeru, puncak tertinggi Jawa.

Mereka mendaki bersama dengan rombongan lainnya. Rasa haus, lapar, dan lelah terbayar saat mereka sampai di puncak. Mereka mengibarkan Bendera Merah Putih pada hari kemerdekaan di tempat yang sungguh indah. Gunung Semeru menjadi saksi persahabatan dan nasionalisme mereka.

Pengalaman tersebut sangat berharga dan membekas di hati. Suatu hal yang tidak pernah terlupakan. Mereka menghadapi segala rintangan karena mereka punya impian. Impian yang diletakkan tepat 5 cm di depan kening.

- Penilaian

Film ini disampaikan dengan sangat inspiratif. Perjalanan demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih dimunculkan dengan sangat apik. Keindahan alam Indonesia ditampilkan. Kekayaan Indonesia terpancar dalam film ini. Judul filmnya sederhana, namun sangat membekas dalam ingatan. Karakter setiap tokoh menggambarkan perbedaan, namun tetap bersatu.

- Kesimpulan

Film ini bagus untuk pemuda pemudi Indonesia. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian. Pesan dalam film ini, antara lain adalah mengajarkan untuk pantang menyerah dan terus bermimpi hingga pada akhirnya bisa meraih mimpi tersebut.

8. Contoh teks ulasan film Train to Busan.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@malcolmmelvinho

- Orientasi

Judul film: Train to Busan

Tahun rilis: 2016

Train to Busan mengisahkan perjuangan seorang ayah untuk melindungi anaknya dan seorang suami untuk melindungi istrinya dari serangan zombie. Keduanya melawan zombie dengan alat seadanya agar anak dan istrinya yang sedang hamil dapat sampai ke Busan dengan selamat.

- Isi Resensi/Ulasan

Train to Busan adalah film buatan Korea Selatan yang mengangkat cerita tentang penyebaran zombie. Cerita diawali dengan seorang anak bernama Soo An yang kesepian karena ayahnya yang bernama Seok Woo selalu sibuk bekerja dan hanya ditemani oleh neneknya.

Pada ulang tahun Soo An, Seok Woo mengabulkan permintaan Soo An untuk mengunjungi Ibunya ke Busan. Seok Woo dan Soo An menaiki kereta yang membawa mereka ke Busan. Namun ternyata wabah zombie sudah mulai menyebar di Korea. Seorang wanita yang sudah terkena virus zombie masuk ke dalam kereta dan mulai menyerang penumpang lainnya secara beringas. Penumpang yang diserang turut menjadi zombie dan menyerang manusia lain yang masih hidup. Lalu film menceritakan bagaimana Seok Wook bersama penumpang lainnya yang selamat melindungi Soo An dan seorang ibu hamil agar bisa sampai ke Busan dengan selamat.

- Penilaian

Train to Busan menyajikan film tentang zombie yang baru dan tidak hanya adegan kejar-kejaran saja. Film ini menyuguhkan perkembangan karakter dari seorang ayah workaholic yang angkuh dibuat menyadari rasa cinta yang sangat besar pada putrinya yang sering Ia tinggalkan sendirian. Film ini mengisahkan keegoisan manusia saat mengalami ancaman berupa wabah zombie, bagaimana manusia menjadi egois sehingga bisa kejam pada sesamanya untuk kepentingan pribadi. Namun film ini juga memberikan pesan bagaimana seseorang bisa menjadi kuat dan berkorban untuk melindungi orang yang disayangi.

- Kesimpulan

Film ini membuat kita menyadari bahwa kehidupan tidak hanya bekerja, melainkan menyayangi keluarga. Mengingatkan kita akan pentingnya bersikap rasional dan tidak menginjak orang lain saat berada dalam masalah.

Film yang sangat bagus karena menyajikan ketegangan, ketakutan, aksi, dan juga drama yang menyentuh dalam porsi yang tepat. Train to Busan dapat mengisi akhir pekanmu, membuat jantung berdebar namun juga membuatmu menitikan air mata.

9. Contoh teks ulasan lagu Heal The World.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@king_michael_fan

- Orientasi

Judul lagu: Heal The World

Penyanyi: Michael Jackson

Heal The World adalah sebuah lagu yang dirilis pada tahun 1991 oleh King of Pop dunia, Michael Jackson. Heal The World dirilis dalam sebuah album yang berjudul 'Dangerous' dengan cover album yang bergambar tangan mengangkat bumi yang penuh dengan perban luka.

- Isi Resensi / Ulasan

Heal The World dalam bahasa Indonesia berarti Menyembuhkan Bumi. Lagu dengan durasi mencapai 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang keinginan dan harapan agar manusia bisa menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik bagi generasi berikutnya.

Lagu ini menyerukan ajakan perdamaian dan mengampanyekan kehidupan yang berdasarkan cinta serta kasih sayang antarumat manusia.

Pada awal lagu, penonton dan pendengar disuguhi dengan adegan anak kecil yang membaca sebuah syair. Anak kecil tersebut membacakan syair mengenai generasi muda yang ingin melihat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi keturunan mereka kelak. Anak kecil itu berpikir bahwa manusia dapat menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik.

Jika manusia mau berusaha, manusia bisa melihat kebahagiaan tanpa merasakan ketakutan atau kengerian. Cinta saja cukup untuk membuat dunia ini tumbuh lebih baik. Lirik dalam lagu ini memberitahukan bahwa perang yang terus berlangsung tak akan pernah membuat dunia menjadi lebih baik.

- Penilaian

Saat pertama mendengarkan lagu ini, pendengar akan disuguhi alunan melodi musik yang menyentuh jiwa. Alunan melodi pop melankolis yang disusun oleh Michael Jackson benar-benar membuat atmosfer pendengarnya terbangun dan tersentuh.

Michael Jackson kemudian menyuguhkan lirik dengan makna yang begitu mendalam. Tak ada seorang pun yang tak tergugah ketika mendengarkan lirik lagu ini.

Namun, kelemahan lagu ini terletak pada durasinya yang terlalu lama. Bagi orang yang bukan fans fanatik sang King of Pop, mendengarkan lagu ini yang lama dengan lirik bagian akhir yang terus diulang-ulang akan menimbulkan kebosanan.

- Kesimpulan

Lagu ini benar-benar memiliki makna dan emosi yang mendalam. Liriknya benar-benar menggugah kembali dan mempertanyakan di mana rasa kemanusiaan kita selama ini.

Di tengah perang yang terus berkecamuk demi ambisi kekuasaan, misalnya di Timur Tengah, lagu ini memotivasi kita untuk merenungkan kembali apa arti kedamaian yang sesungguhnya.

10. Contoh teks ulasan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: Instagram/@vanderwijck97

- Orientasi

Judul film: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Tahun rilis: 2013

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk adalah sebuah film adaptasi dari sebuah novel klasik Indonesia karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013. Film tersebut dibintangi artis berbakat, seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahardian. Film ini disutradarai Sunil Soraya dan menjadi satu di antara karya suksesnya pada 2013.

- Isi Resensi/Ulasan

Film ini menceritakan tentang liku kehidupan Zainudin pada 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh, yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Di sana ia bertemu dengan Hayati dan langsung jatuh hati. Namun, kisah cinta mereka terhalang perbedaan suku, derajat ekonomi, serta takdir yang lebih membawa Hayati untuk dinikahi oleh Aziz.

- Penilaian

Film berdurasi 2,5 jam ini memperlihatkan situasi Indonesia pada 1930an, namun usaha untuk menampilkan atmosfer klasik dalam film ini kurang berhasil. Alur cerita terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang terasa kurang menarik.

Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas karena melodi yang digunakan terkesan modern.

- Kesimpulan

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan seperti dari alur cerita yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum apik membuat film ini menjadi satu di antara yang terbaik pada 2013. Kata-kata puitis sepanjang film membuatnya menarik untuk ditonton dan menambah khasanah pengetahuan.

11. Contoh teks ulasan puisi Ibu.

Contoh teks ulasan © berbagai sumber

foto: freepik.com

- Orientasi

Judul: Ibu

Penulis: Cantika Ayu

- Isi Resensi/Ulasan

Puisi ini menggambarkan betapa besar jasa dan pengorbanan seorang ibu kepada anaknya. Ibu digambarkan sebagai sosok yang selalu ada untuk anak-anaknya. Pada bait ketiga puisi, penulis menyelipkan doa kepada Ibu dan berharap senyumnya tak pernah hilang. Penulis juga melantunkan sajak doa agar rezeki sang Ibu tak pernah terputus.

- Penilaian

Puisi ini menggambarkan kasih sayang anak kepada seorang Ibu yang begitu besar. Ia menyadari cinta kasih sang Ibu selama ini takkan tergantikan oleh apapun di dunia. Sehingga ia hanya bisa memanjatkan doa agar sang ibu diberikan rezeki dan dlindungi Tuhan. Keunggulan puisi ini adalah mampu menghadirkan gambaran kehidupan sehari-hari orang tua dan anak yang menyentuh.

- Kesimpulan

Meskipun ada berbagai kekurangan, namun secara keseluruhan puisi ini layak dibaca. Puisi ini mampu menyadarkan pembaca betapa besar kasih sayang seorang Ibu dan betapa berhutangnya kita sebagai anak.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/guf)