Brilio.net - Kesuksesan seseorang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain. Tak sedikit yang ingin mencari tahu bagaimana seseorang bisa meraih kesuksesannya. Tak heran buku-buku mengenai tips meraih kesuksesan laris di pasaran.

Jika berbicara mengenai kesuksesan, maka ada banyak faktor yang dapat membuat seseorang menjadi sukses. Bisa karena faktor kerja keras atau bisa juga karena faktor keberuntungan. Terlepas dari faktor apa yang menjadikannya sukses, ada beberapa sikap orang sukses yang berbeda dengan orang pada umumnya.

Mungkin kamu pernah berpikir, apakah orang sukses merasa bahagia dalam hidupnya? Apakah keluarganya menjadi nomor satu atau justru hanya memikirkan pekerjaan saja? Tak sedikit juga yang menanyakan apakah orang sukses bisa tidur dengan nyenyak? Beberapa pertanyaan tersebut selalu menarik untuk dibahas.

Namun tahukah kamu, ada beberapa kebiasaan orang sukses yang dilakukannya sebelum tidur. Kebiasaan tersebut menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu tiru. Apa saja? Berikut brilio.net paparkan dilansir dari businessinsider.sg, Kamis (15/8).

1. Membaca sebelum tidur.

Loading...

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay.com

Para ahli sepakat bahwa membaca adalah salah satu aktivitas yang dilakukan orang sukses sebelum tidur. Presiden Barack Obama dan Bill Gates diketahui membaca setidaknya setengah jam sebelum tidur.

Michael Kerr, seorang pembicara bisnis internasional dan penulis "You Can't Be Serious! Puting Humor to Work mengatakan, "banyak pemimpin bisnis meluangkan waktu untuk membaca. Mereka tidak hanya membaca mengenai bisnis atau buku inspirasi. Mereka membaca berbagai hal. Mereka percaya, aktivitas membaca mampu mendorong kreativitas dan semangat yang lebih besar dalam hidup mereka."

2. Menjauhkan diri dari HP.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay.com

Cahaya dari ponsel membuat otak berhenti memproduksi melatonin, hormon penting yang mengatur ritme sirkadian kamu dan memberi tahu tubuh kamu kapan waktunya untuk bangun dan kapan waktunya untuk tidur. Hal ini tidak hanya menyebabkan kurangnya tidur, namun juga dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti, kanker dan depresi.

Ada baiknya untuk menjauh dari ponsel 1 jam sebelum tidur, hal ini akan membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak dan lebih produktif keesokan harinya.

3. Berkumpul dengan keluarga.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: 933fmthefish.com

Seorang psikolog dan penulis buku The YOU Plan, Michael Woodward mengatakan tentang pentingnya seseorang meluangkan waktu untuk keluarga. Woodward mengatakan penting untuk meluangkan waktu mengobrol dengan pasangan kamu, berbicara dengan anak-anak, atau bermain dengan hewan peliharaan.

Laura Vanderkam, penulis I Know How She Does It dan What the Most Successful People Do Before Breakfast mengatakan, "saya menyadari tidak semua orang bisa tidur pada saat yang sama dengan pasangannya, tetapi jika kamu bisa, itu cara yang tepat untuk menceritakan bagaimana hari-harimu."

4. Mengatur alarm.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto:pixabay.com

Ada hal yang dilakukan orang sukses sebelum tidur, yakni mengatur alarm. Mungkin cara ini sudah banyak digunakan oleh orang. Orang-orang sukses sudah dididik untuk melakukan disiplin pada dirinya sendiri seperti tidur kalau memang sudah lelah dan bangun sepagi mungkin. Orang sukses senang bangun lebih pagi, bahkan mereka hanya tidur 4 jam dalam sehari.

5. Menyusun rencana hari esok.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay.com

Orang sukses memiliki rencana yang sudah diatur dengan baik. Mereka selalu berpikir apa yang akan mereka lakukan esok hari. Memikirkan apa yang akan dilakukan esok hari memberikan efek positif pada hidup. Dengan begini, hidup pun jadi bersemangat.

Misalnya saja Kenneth Chenault, mantan CEO American Express selalu menuliskan tiga hal yang ingin ia capai pada hari berikutnya. Semua dilakukan karena ia menginginkan hari-harinya lebih produktif.

6. Meditasi.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay.com

Banyak orang sukses menggunakan waktunya selama 10 menit sebelum tidur untuk meditasi. Dale Kurow, pelatih eksekutif yang berbasis di New York, mengatakan ini adalah cara yang bagus untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran.

7. Membersihkan diri sebelum tidur.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay.com

National Sleep Foundation merekomendasikan kamu untuk melakukan ritual kebersihan sebelum tidur. Hal ini dipercaya mampu mengirimkan sinyal psikologis bahwa kamu  akan segera untuk tidur. Ini bisa termasuk menyikat gigi, mencuci wajah, flossing, menyisir rambut, dan sebagainya.

8. Evaluasi.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay.com

Orang sukses akan melakukan evaluasi diri. Mereka selalu memikirkan apa yang sudah dilakukannya hari ini dan apa yang harus diperbaiki agar rencananya bisa berjalan dengan baik. Cara ini dianggap sangat baik, pasalnya orang akan terus melakukan perbaikan dalam dirinya dan terus bisa mengedepankan hal-hal positif yang akan diraih.

9. Jalan-jalan ke luar rumah.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay.com

Siapa sangka jika orang sukses kerap melakukan jalan-jalan sebelum tidur. Sebenarnya hal ini tak jauh berbeda dengan meditasi, hanya saja jika pada meditasi hanya duduk atau tiduran saja sambil melepaskan penatnya.

Jalan-jalan ke luar rumah hanya sekedar menghirup udara segar ternyata mampu membuat otak lebih fresh, dan keesokan harinya mereka akan bangun dan siap menjalani hari lebih produktif lagi.

10. Menggambarkan kesuksesan besok.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: businessinsider.sg

Banyak orang sukses memerlukan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk membayangkan hasil positif. Adapun hal positif yang dimaksud adalah membayangkan manfaat dari pekerjaan yang sedang mereka jalani. Kegiatan positif ini ternyata mampu memotivasi mereka untuk terus melakukan yang terbaik, sehingga mampu meraih kesuksesan.

11. Bersyukur.

Aktivitas orang sukses sebelum tidur istimewa

foto: pixabay-

Orang sukses tak pernah mengeluh dengan keadaan pada setiap harinya. Bagi mereka, apapun yang terjadi hari ini harus disyukuri. Bagi orang yang sukses, pahit dan manisnya kejadian di hari tersebut tetap harus disyukuri. Pasalnya, orang yang sukses akan selalu optimis menghadapi hari esok.

RECOMMENDED BY EDITOR